Cara Cek Artikel Sudah Terindex



Pada dasarnya, semua cara agar website/ blog  tampil pada halaman pencarian Google / pada  mesin telusur seperti Google dan Bing biasa disebut dengan search engine optimization atau SEO. 

Syarat agar blog bisa muncul di hasil pencarian yaitu artikelnya harus sudah terindex dengan baik. Maka kita harus mengetahui artikelnya sudah terindex ataupun belum hal ini sangatlah penting. 

Penasaran tentunya, sebenarnya artikel yang kita tulis kemarin sudah terindex atau belum ? Cara ceknya bagaimana ya? 

Kalau Anda masih kebingungan dengan hal seperti itu, maka tutorial ini menjadi solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut.

1. Memeriksa URL Postingan yang Sudah Terindex Google

Ada beberapa cara yang bisa anda coba terapkan. Semuanya bertujuan sama, yaitu untuk memastikan hasil index halaman di mesin pencari.

Menuliskan URL Halaman kolom / papan pencarian Google. Karena URL bersifat unik dan tidak mungkin ada yang sama, maka hasilnya pasti ada. Jika tidak ada, bisa dipastikan artikel belum terindeks.

2. Menuliskan Judul Halaman

Cara yang kedua kurang lebihnya juga sama, hanya saja yang ditulis pada kolom pencarian adalah judul artikelnya. Hasilnya akan menampilkan semua blog / website yang memiliki judul serupa. 

Kalau blog kita langsung ada / muncul di halaman pertama itu sangat menyenangkan. Bagaimana kalau tidak ada/ tidak muncul dan harus mencari sampai halaman berikutnya.

Terlepas dari itu maka harus kita berikan atribut tambahan untuk membantu mempercepat dalam pencarian. 

Dengan menambah format penulisannya seperti ini: site:bloganda.com "Judul artikel". Pastikan menggunakan tanda kutip agar judul yang tampil benar-benar sesuai seperti yang diinput.

Menuliskan URL BlogAnda.com pun bisa langsung menuliskan alamat blog dengan menambahkan atribut tapi yang muncul tidak hanya satu yang spesifik saja, melainkan semua yang sudah terindex, baik itu halaman postingan maupun halaman statis (page). 

Namun Bila artikel belum muncul /tidak ada atau belum terindex, sebaiknya anda gunakan bantuan Google Search Console. 

Silakan anda daftar ke Search Console  apa bila anda belum punya akunnya. Selanjutnya submit sitemap blog dan fetch as Google alias submit URL setiap artikel. Ini dilakukan untuk meminta mesin pencari agar segera melakukan pengindeksan pada artikel yang disubmit.

3. Melalui Google Search Console

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki akun Search Console seperti yang disebutkan di atas. 

Buka halaman dashboard (https://search.google.com/search-console?utm_source=about) dan pilih Inspeksi URL (masukkan URL) kemudian masukan URL artikelnya pada kotak yang tersedia  diatas untuk mengetahui sudah terindex atau belum, seperti pada gambar di bawah

Apabila artikel belum terindex tampilannya akan seperti ini

Apabila sudah terindek tampilanya akan seperti ini
Demikian  Cara Cek Artikel Sudah Terindex. Semoga bermanfaat. Terima Kasih atas kunjunganya.

0 Response to " Cara Cek Artikel Sudah Terindex"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak