Manfaat Mengonsumsi Salak Madu

Manfaat  Salak Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Sangat Luar Biasa
Salak adalah salah satu sejenis tanaman palma dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala. 

Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Buah Salak menjadi salah satu buah yang unik dan digemari oleh banyak masyarakat. Bahkan keberadaannya juga mudah untuk ditemuka harganya pun sangat terjangkau. 

Salah satu buah salak yang difavoritkan masyarakat adalah salak madu yang merupakan komoditas andalan dari kawasan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ciri-ciri Khusus dan Keunggulan dari Salak Madu

Salak memang kalau dilihat secara kasat mata akan tampak sama/serupa. Padahal kalau dilihat dengan jeli salak madu ini memiliki ciri khusus pada kulit hingga buahnya bila dibandingkan dengan salak lain. Selain itu juga ada keunggulan salak yang berbuah sepanjang musim ini. 

Berikut ciri dan keunggulan salak madu yang mungkin Anda belum tahu:.
  • Buah salak madu ini memiliki ciri menonjol dengan bentuknya lebih pendek ketimbang salak pondoh pada umumnya.
  • Daging buah ini memiliki tekstur elastis dan lembut, dengan pangkal berwarna keruh dan terdapat kontur kuning.
  • Saat matang daging buah akan keluar banyak cairan manis layaknya madu. Sehingga rasa manis inilah yang menjadi nilai plus salak madu hingga sangat digemari.
  • Kulit buah salak madu ini juga memiliki ciri khas mengkilat saat sudah tua dengan sisik membentuk pola garis. Sementara saat masih muda, kulitnya berwarna cokelat kehitaman.
  • Biji dari salak madu beralur dan pada lekukannya warnanya lebih terang.
Manfaat Mengonsumsi Salak Madu

Selain memiliki ciri dan keunggulan, salak pondoh/salak madu inj juga  menyimpan manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya buah dari daerah tropis ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. 

Terdapat kandungan vitamin C, kalsium, zat besi, protein, serta beta karoten yang tentu semuanya itu sangat dibutuhkan dan baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara rutin. 

Berikut ini beberapa manfaat salak yang jarang disadari oleh kebanyakan orang.

1. Mengatasi masalah diare

Diare menjadi satu masalah pencernaan yang bisa dibilang sering terjadi. Biasanya jika kena diare, orang akan segera meminum obat untuk menghentikannya. Apa anda termasuk? 

Sebaiknya hal ini tak lagi dilakukan. Sebaiknya anda mencoba dahulu pengobatan alami dengan konsumsi buah-buahan seperti salak. Salak madu bisa jadi pilihan.

Salak diketahui dapat membantu menyembuhkan diare lantaran memiliki kandungan zat anti diare. Buah lokal ini juga dapat mengatasi masalah perut terasa mulas. Caranya, bisa langsung mengonsumsinya dengan tambahan madu. Sangat mudah bukan?

2. Mencegah sembelit

Pernah dengar pernyataan salak bisa sebabkan sembelit? Nah, itu mitos semata ya. Pasalnya justru sebaliknya, salak bisa mencegah konstipasi. Tetapi ada syaratnya saat memakan buah tropis ini. 

Anda harus memakan sekalian kulit ari dari buah ini karena kulit ari inilah yang miliki manfaat bagi bagi pencernaan. Mulai sekarang, biasakan tak membersihkan daging buah salak madu dari kulit arinya ya.

3. Meningkatkan stamina

Stamina tubuh menjadi satu poin penting dalam hal kesehatan tubuh. Menjaga stamina tetap bagus setiap hari tak harus mengonsumsi vitamin atau suplemen buatan. Anda bisa memanfaatkan buah dalam kehidupan sehari-hari.

Salak bisa jadi pilihan buah favorit, karena memiliki kandungan kalsium yang memang dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh. 

Bagi anda yang memiliki kegemaran pada buah salak madu, maka bersyukurlah karena ada banyak kandungan kalsium yang siap membantu menjaga tubuh fit sehari-hari.

4. Menunjang diet

Siapa sih yang yang tak ingin memiliki tubuh sehat dan ideal? Bagi anda yang sedang menjalani diet, buah memang menjadi salah satu pilihan tepat dikonsumsi. 

Salah satu buah yang dapat dicoba adalah salak madu. Buah salak ini dapat membantu perasa kenyang lebih lama. Bahkan kandungan vitamin C pada salak bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

5. Merawat kulit

Salak tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh tetapi juga dalam merawat kulit. Bagi anda yang ingin kulit tetap segar dan terawat secara alami bahkan awet muda, maka tak ada salahnya rutin konsumsi buah salak untuk sehari-hari. Pasalnya buah satu ini dapat membantu memperlancar proses regenasi kulit dan mencegah penuaan dini.

6. Menjaga kesehatan mata

Karena, Buah salak tak hanya mengandung kadar vitamin C tinggi, buah salak juga memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang mana bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan mata. 

Dengan mengonsumsi rutin buah satu ini, maka mata akan terjaga kesehatannya dan mampu mencegah resiko katarak dan rabun jauh.

7. Menyeimbangkan kadar gula darah

Manfaat buah salak lainnya yang tak kalah menarik dari buah satu ini adalah dapat dimanfaatkan untuk bantu menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. 

Pasalnya buah unik ini mengandung pterostilbene yang dapat menurunkan gula darah. Selain buah, kulit dari salak juga bisa dijadikan teh untuk meningkatkanproses pembaruan sel pankreas.

8. Menjaga daya ingat otak

Manfaat buah salak yang lainya yaitu  untuk menjaga daya ingat. Otak menjadi salah satu organ vital manusia. 

Buah salak juga dapat  membantu anda menjaga kemampuan otak dan menjaga daya ingat, meningkatkan kemampuan kognitif serta kapasitas memori otak lebih baik. Mengapa? Sebab salak memiliki kandungan potassium dan pectin yang akan mendukung hal tersebut.

9. Mengatasi mual pada ibu hamil

Manfaat buah salak yang selanjutnya yaitu kulit ariya bagi ibu hamil. Ibu hamil memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, pasalnya ini berkaitan dengan kesehatan diri dan bayi yang dikandung. Buah salak bisa jadi buah favorit untuk ibu hamil. 

Pasalnya kulit ari pada buah salak akan membantu bumil mengatasi mual pada hari atau dikenal dengan istilah morning sickness. Maka dari itu jangan menghilangkan kulit ari buah salak ya.

10. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Manfaat salak madu yang terakhir yang harus anda ketahui adalah buah ini mempunyai manfaat yang luar biasa dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Pasalnya buah salak memiliki kandungan potassium yang akan mencegah resiko masalah kardiovaskuler.sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung bila rutin mengkomsumsi buah salak ini.

Dengan mengetahui beragam manfaat dari buah salak di atas tentu akan membuat anda semakin yakin, untuk menjadikan buah salak sebagai buah harian yang selalu anda komsumsi. Apalagi salak termasuk buah yang mudah didapatkan tanpa kenal musim dan harganya sangat terjangkau. 

0 Response to "Manfaat Mengonsumsi Salak Madu"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak