Perkara Yang Dapat Merusak Amalan

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

HATI-HATI DARI PERKARA-PERKARA YANG DAPAT MERUSAK AMALANMU

Sufyan ats-Tsauri rahimahullah berkata :

"Hati-hatilah engkau dari sesuatu yang dapat merusak amalanmu. Yang dapat merusak amalanmu adalah RIYA'.

Kalau bukan Riya', maka (yang akan merusak amalmu adalah) BERBANGGA DIRI, sampai-sampai dikhayalkan, "bahwa engkau lebih baik dari pada saudaramu". Padahal bisa jadi engkau tidak mampu mengamalkan sebuah amalan yang mana dia mampu melakukannya. Padahal bisa jadi dia lebih berhati-hati dari perkara-perkara haram dibandingkan engkau, dan dia lebih suci amalannya dibandingkan engkau.

Kalau engkau tidak termasuk orang yang berbangga terhadap dirimu, maka hati-hatilah engkau dari sikap SENANG DENGAN PUJIAN MANUSIA. Bentuk pujian mereka, engkau senang mereka memuliakanmu dengan amalanmu, dan memandangmu dengan kemulian dan memiliki kedudukan di hati-hati mereka

Atau kebutuhan yang engkau cari dari mereka pada banyak perkara. Dan engkau menyangka bahwa engkau menginginkan dengan amalanmu  untuk mengharapkan kehidupan akhirat dan tidak menginginkan dengannya selain itu.

Cukuplah dengan banyak mengingat kematian sebagai bentuk kezuhudan terhadap dunia ini, dan sebagai motivasi untuk kehidupan akhirat.

Cukuplah dengan panjangnya angan-angan sebagai bentuk sedikitnya rasa takut, dan sebagai kelancangannya untuk melakukan kemaksiatan. 

Cukuplah sebagai kesedihan dan penyesalan pada hari kiamat, bagi seseorang yang telah memiliki ilmu namun tidak mengamalkannya."

 Hilyatu al-Auliya' juz 6, 391

https://t.me/Berbagi_Kebaikan

0 Response to "Perkara Yang Dapat Merusak Amalan "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak