Cerita : Pengalaman Mati dan Kembali Hidup

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Cerita dari Esau Gibraltar

Saya sendiri aneh dan tidak biasa (1974-sekarang)Terkait Pernahkah Anda mati dan kembali? Apa rasanya? 

Saya meninggal pada musim gugur 1992. Saya berusia 17 tahun.

Saya telah mengalami depresi berat selama bertahun-tahun dan telah berpikir untuk bunuh diri sejak usia 12 tahun.

Saya tidak yakin apa yang membuat saya pergi malam itu. Mengapa, setelah bertahun-tahun menginginkan diakhirinya ketidaknyamanan tanpa sukacita yang terus-menerus, saya memutuskan untuk melakukan tindakan itu. Tapi, melewati lemari obat, saya melihat botol pil migrain ibu tiri saya. Label peringatan tampak sangat mengerikan.

Ya. Ini akan dilakukan.

Saya menelan beberapa pil putih besar, dan berbaring di tempat tidur. Menunggu berakhirnya eksperimen yang gagal ini, untuk berkedip dengan tenang dari keberadaan. Untuk pergi ke ketiadaan. Setelah beberapa waktu, pikiran protes mulai memasuki pikiran saya. Saya membayangkan dua orang yang paling penting bagi saya: ibu saya, yang tinggal jauh selama enam tahun terakhir. Kakek saya, bagaimana dia selalu mencoba untuk berhubungan dengan saya, bahkan ketika saya menolaknya di masa remaja saya yang cemberut. Saya merasakan kesedihan mereka, penderitaan mereka, yang akan menyebabkan kematian saya.

Aku merubah pikiranku. Aku tidak ingin hidup, tapi aku tidak bisa menyakiti mereka seperti itu.

Namun, obat-obatan itu mulai berpengaruh. Aku tidak bisa bergerak. Benar-benar lumpuh.

Saya meronta-ronta dalam pikiran saya, berusaha mati-matian untuk menggerakkan tubuh saya, untuk mendapatkan bantuan. Tidak ada, tidak ada gerakan. Napasku, di luar kendaliku, berkurang menjadi sedikit tarikan napas. Aku merasakan setiap detak jantungku melambat dari yang terakhir. Dan di antara setiap napas kecil, menunggu detak jantung berikutnya, saya menjadi liar dengan penyesalan dan kesedihan.

Sampai tidak ada detak jantung.

Semuanya menjadi gelap. Ketiadaan. Hanya apa yang saya inginkan.

Dan kemudian saya terbangun. Kalau bisa disebut begitu. Saya menjadi sadar akan diri saya sendiri, dalam ketiadaan itu, sepenuhnya terlepas dari bentuk jasmani saya. Sendirian dalam jurang tak berujung. Menakutkan. Saya ingat berjam-jam yang tak terhitung jumlahnya dengan enggan dihabiskan di bangku gereja, ketika para pengkhotbah mengancam siksaan Neraka. Saya ingat berkali-kali saya mengutuk dewa yang saya percayai, mengutuknya karena banyak alasan. Itu adalah pelanggaran terkutuk. Seperti bunuh diri. Apakah ini hukuman saya? Alih-alih lautan api, akan ada keabadian dari isolasi kosong yang mengerikan ini.

Rasanya seperti saya berada di sana selama berjam-jam. Saya tidak ingat apakah saya berdoa untuk pengampunan atau tidak.

Tetapi pada titik tertentu saya melihat secercah cahaya kecil. Sesuatu. Di lautan tanpa apa-apa. Aku fokus padanya. Apakah saya pindah ke sana? Apakah itu pindah ke saya? Saya tidak bisa mengatakannya. Tapi itu menjadi lebih besar, sedikit demi sedikit. Hingga menyelimutiku.

Itu "tampak" seperti kolom awan hijau (tidak mungkin untuk menggambarkan dalam tiga dimensi, istilah manusia). Itu sangat besar, dan saya pindah ke atas ke dalamnya. Dan kemudian saya mendengar mereka. Suara terindah yang pernah ada.

Pernahkah Anda mendengar suara jari menggosok pinggiran gelas anggur? Suara kristal bergetar? Bayangkan seribu kali, bernyanyi dalam harmoni dan orkestrasi yang sangat indah. Mengkomunikasikan cinta murni, penerimaan, penyambutan.

Oh, Tuhan, aku menginginkan itu. Untuk berada disana. Mataku berkaca-kaca saat memikirkannya sekarang, bahwa keindahan seperti itu bisa ada, bahkan aku bisa mengetahuinya.

Saya perlahan maju, melayang ke atas ke kolom hijau besar ini, saat paduan suara semakin keras. Bertekad untuk bergabung dengan keindahan yang mustahil ini.

Dan kemudian, seperti potongan lompatan dalam film Godard, saya terbangun di tempat tidur keesokan paginya.

Dan saya telah berjuang untuk memahami apa yang terjadi selama 30 tahun terakhir.

Selama beberapa bulan setelah saya merasa saya sedang mengendarai gelombang tinggi. Saya telah diberkati, diselamatkan. Saya mencoba menjadi orang Kristen yang baik (satu-satunya iman yang saya tahu saat itu). Tapi akhirnya saya gagal melakukannya. Dan depresi itu muncul kembali.

Dan saya memutuskan kemudian bahwa saya tidak mengalami sesuatu yang supranatural, metafisik, apa pun yang Anda ingin menyebutnya. Saya baru saja overdosis barbiturat dan pingsan, dan otak saya membuang banyak bahan kimia yang menyenangkan ketika berpikir itu sedang sekarat. Akhir dari cerita.

Dan saya berpegang teguh pada keyakinan itu selama bertahun-tahun di masa dewasa muda saya. Saya mengabaikan pengalaman saya dan berkubang dalam depresi saya, terpaku pada membuat tumor ganas dari diri saya sendiri.

Tapi…bagaimana jika?

Selama bertahun-tahun saya telah berdamai dengan pengalaman ini. Apakah saya melihat pinggiran Surga? Apakah saya mendengar Chorus Invisible? Apakah itu semua hanya tempat pembuangan endorfin?

Mengutip The Life of Pi, mana cerita yang lebih baik?

Saya sekarang memilih untuk percaya bahwa saya telah diselamatkan, bahwa sekarang adalah tugas saya untuk terus hidup. Untuk melawan negativitas apa pun yang menghadang saya (dan oh bagaimana caranya). Untuk menjadi manusia yang baik, tidak peduli betapa menyakitkannya itu. Untuk fokus pada tidak menyakiti, sebanyak mungkin. Dan dalam mengikuti pola pikir ini, saya menemukan kegembiraan dan tujuan terbesar saya: anak-anak saya.

(Catatan Serius: Jika Anda depresi dan ingin bunuh diri, JANGAN BERPIKIR sedetik pun bahwa artikel ini adalah dorongan bagi Anda untuk melukai diri sendiri. Sebaliknya. Jika saya bunuh diri, saya juga akan membunuh dan menghancurkan orang lain. Saya akan kehilangan begitu banyak. Anda di sini, temukan alasan Anda berada di sini. Dapatkan bantuan. Jadilah baik. Berbuat baik.)

Cerita dari Esau Gibraltar

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses dunia akhirat.

0 Response to "Cerita : Pengalaman Mati dan Kembali Hidup"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak