Copywriting Dan Formulanya

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Copywriting Dan Formulanya Untuk Bisnis

Pada era yang serba digital sekarang ini, proses pemasaran bisnis menjadi lebih sering dilakukan melaluui media digital. 

Contohya, website, media sosial, email  marketing , dan lain-lain. Akan tetapi, menggunakan beragam iklan media bukan menjadi penentu keberhasilannya bisnis Sobat menggaet calon pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Sobat.

Untuk sukses menggaet audiens, Sobat harus memastikan teknik pemasaran Sobat tepat sesuai dengan target pasar. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan copywriting  pada  campaign  Sobata. 

Penggunaan teknik copywriting  yang tepat dapat membuat bisnis Sobat lebih menarik dan bernilai lebih, apalagi jika Sobat pelaku bisnis  online .

Sobat masih bingung apa itu copywriting ? Secara umum copywriting adalah proses penulisan materi yang persuasif dan juga konten publisitas yang dapat membuat calon pelanggan tertarik. 

Jangan khawatir bila Sobat seorang pemula. Dalam artikel ini, Sobat dapat mempelajari bagaimana cara menulis copywriting  yang baik dan juga melihat beberapa contoh  copywriting  yang dan tentunya, nanti Sobat bisa menarik langsung.

Formula Copywriting Yang Benar

Penyusunan kalimat dalam teknik copywriting  memerlukan banyak sekali kreativitas dan juga pertimbangan. Jadi, wajar bila Sobat merasa bingung saat pertama kali ingin membuat kalimat  copywriting .

Tapi, ternyata ada sebuah formula rahasia yang dapat membantu Sobat membuat  copywriting  yang efektif dan menarik, yaitu formula AIDA. 

AIDA sendiri merupakan singkatan dari A ttention, Interest, Desire, dan Action. Berikut ini adalah penjelasan rumus AIDA lebih lanjut:

1. Perhatian

Saat menulis copywriting , tujuan utama Sobat adalah untuk menarik perhatian pembaca. Oleh karena itu, perhatian atau perhatian adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan. 

Menurut studi yang dilakukan oleh SilverPop di tahun 2018, daya perhatian orang pada suatu hal yang baru paling lama hanya 8 detik saja. 

Lebih dari itu, maka orang akan berpindah dan berjalan hal tersebut. Oleh karena itu, tulisan  copywriting yang Sobat buat harus mampu membuat pembaca tertarik dalam waktu kurang dari 8 detik.

Bagaimana caranya? Buatlah kalimat  copywriting  yang provokatif sependek mungkin. Menarik Perhatian tidak hanya dilakukan melalui kata-kata saja. 

Sobat juga bisa memperhatikan media lainnya, seperti ukuran dan jenis  font  serta gambar atau video untuk menemani  copywriting  Sobat.

2. Minat

Setelah mendapatkan perhatian mereka, sekarang Sobat harus membuat pembaca berminat dengan tawaran atau produk yangSobat jual. 

Buatlah sadar sadar akan ukuran masalah yang mereka miliki. Berikan pembaca alasan mengapa mereka harus peduli dengan produk yang Sobat tawarkan melalui  copywriting  Sobat.

Cara yang bisa Sobat gunakan adalah dengan memunculkan berbagai informasi, fakta, atau data statistik yang berkaitan dengan masalah mereka. 

Pastikan informasi yang Sobat sajikan menitikberatkan pada permasalahan mereka dan bagaimana produk Sobat bisa menjadi solusi yang baik.

3. Keinginan

Pada tahap ini, copywriting  Sobat harus membuat pembaca benar-benar menginginkan solusi yang Anda tawarkan. 

Dengan begitu, Sobat akan mengubah status mereka sebagai pembaca semata menjadi calon pembeli. Sekilas keinginan dan minat muncul sama. 

Tetapi, ketertarikan dan keinginan yang ingin dicapai pada tahap ini jauh lebih dari sebelumnya. Untuk mencapai titik tersebut, copywriting Sobat harus bisa memancing emosi dari calon pembeli.

Caranya adalah dengan bermain dengan emosi dan logika. Ingatlah, pembaca tidak peduli dengan Sobat atau bisnis Sobat, mereka hanya peduli dengan dirinya sendiri. 

Jadi, posisikanlah diri Sobat dari sudut pandang mereka saat hendak membuat copywriting. Kelebihan dari produk yang Sobat tawarkan dengan menarik. Tulislah fitur produk menjadi bebagai manfaat yang bisa dirasakan oleh pancaindera pembaca.

4. Aksi

Tahap terakhir adalah action atau sering juga disebut sebagai call to action  (CTA). Ini adalah hal terpenting dari copywriting. Ingat, tujuan Sobat membuat copywriting  adalah untuk menjual produk. Jadi, ajaklah pembaca untuk membeli produk Sobat.

Call to action  bisa dilakukan dengan menambahkan kalimat persuasif atau perintah yang mengajak calon pembeli untuk melakukan sebuah aktivitas, 

Seperti membeli produk, mendaftarkan akun, mendownload, menelepon, atau mengirim email. Misalnya, “Hubungi kami”, “Klik di sini”, atau “Yuk, beli sekarang”.

Jangan lupa untuk memberikan informasi bagaimana pembaca bisa melakukan aktivitas tersebut. Misalnya dengan informasi kontak, alamat email, atau cara mendaftarkan diri mereka.

Berikut Ini Adalah Contoh Copywriting Yang Menarik

Contoh copywriting  apa saja yang bisa digunakan untuk bisnis online ? Simaklah beberapa contoh  copywriting dengan gaya bahasa yang menarik berikut ini.

1. Masukkan Kalimat Pertanyaan “Siapa Lagi yang Ingin…?”

Untuk membuat headline yang menarik, Sobat bisa menawarkan impian atau iming-iming yang menggoda sesuai dengan target pasar Sobat.

Jika Sobat ingin membuat  headline  seperti ini, pasti akan memasukkan format pertanyaan “siapa lagi yang ingin…? 

Pertanyaan seperti ini akan membuat pembaca tertarik, membuat mereka lebih cenderung untuk melihat produk atau jasa seperti apa yang ditawarkan. Apalagi jika  headline  tersebut menawarkan sesuatu yang belum pernah dirasakan. 

Contoh  copywriting  dengan rumus ini:

  • Siapa lagi yang ingin sehat sekaligus dapat bonus?
  • Siapa lagi yang ingin memiliki tubuh sehat dan langsing?

2. Gunakan Kata Ajaib

Selanjutnya, penggunaan kata ajaib dalam teks copywriting. Kata ajaib adalah kata-kata yang bisa Sobat gunakan untuk mengesankan produk Anda unggul. 

Contohnya adalah “rahasia”, “ampuh”, “ajaib”, “sakti”, dan kata lainnya. Kata-kata ini akan langsung memberikan efek dramatisasi yang diperlukan agar iklan Sobat dapat menjadi lebih menarik.

Menambahkan penggunaan kata ajaib pada copywriting  akan menghasilkan efek yang baik pada konsumen. 

Konsumen akan penasaran sekaligus tergoda untuk mengetahui lebih detail tentang produk atau jasa yang Sobat tawarkan.

Berikut adalah contoh  copywriting  yang menggunakan kata ajaib.

  • Ajaib, baru diminum selama tiga hari, tekanan darah tinggi menjadi normal.
  • Rahasia sukses bisnis online  lewat akun media sosial kini terungkap!

3. Gunakan Formula “Jika Sobat…, Sobat Bisa…”

Anda juga bisa mencoba membuat  copywriting  Anda lebih  relatable  dan mudah dipahami oleh pembaca.

Contohnya dengan menggunakan rumus “Jika Sobat…, Sobat bisa…”. Dengan gaya  copywriting  ini, calon pelanggan akan langsung dikaitkan dengan kondisi mereka saat ini dengan iming-iming yang Anda tawarkan. 

Akibatnya, mereka akan lebih tertarik untuk mempelajari produk dan jasa yang Sobat tawarkan secara lebih lanjut.

Berikut ini contoh  copywriting  dengan rumus “Jika Anda…, Anda bisa…”.

  • Jika Sobat bisa menguasai teknik SEO ini, Anda bisa meningkatkan hasil penjualan  online  Anda sebesar 10 kali lipat.
  • Jika Sobat menggunakan produk herbal secara teratur, Anda bisa tampil langsing dalam waktu 2 minggu.

4.Gunakan Kata “Tanpa”

Jika Anda ingin membuat copywriting yang ampuh, coba gunakan kata “tanpa”. Kata “tanpa” menawarkan solusi atau manfaat dari produk yang Sobat jual. 

Ketika Sobat sudah memilih  headline  yang memunculkan kata tanpa, biasanya muncul respons yang beragam dari setiap orang yang muncul. Mulai dari keraguan, pertanyaan, sangkalan, atau jawaban pertanyaan.

Respons ini merupakan tanda tujuan penggunaan teknik  copywriting sudah tercapai. Para calon pelanggan akan memiliki respon yang berbeda-beda. 

Kata “tanpa” ini dapat membantu menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki oleh para calon pelanggan sekaligus menghalaukan keraguan atau keraguan mereka untuk mencoba produk yang Sobat tawarkan.

Berikut contoh  copywriting  dengan kata “tanpa” yang bisa Sobat gunakan.

  • Beginilah cara menjual rumah secara online tanpa takut ditipu.
  • Cara cepat melangsingkan badan dalam waktu 30 hari tanpa efek samping dan obat kimia.

5. Gunakan Kalimat Ambigu

Salah satu keunikan dari menulis copywriting  dibandingkan dengan materi promosional lainnya adalah Sobat tidak harus selalu spesifik. Saat membuat  copywriting , tujuan Sobat hanya menarik perhatian audiens.

Salah satu teknik  copywriting  yang jitu dalam meningkatkan rasa keingintahuan calon pembeli adalah kalimat ambigu. 

Di sini, Sobat bisa memberikan iming-iming yang cukup bombastis tanpa perlu menjelaskan produk atau jasa yang Sobat tawarkan. Semakin Misterius, justru semakin baik!

Berikut ini adalah contoh  copywriting  yang ambigu.

  1. Anda akan dapat menjangkau seluruh hal yang Sobat impikan selama ini!
  2. Mudah di tangan, trik ini akan membuat Anda kaget!

6. Tambah Pengalaman Sensasional

Sebelum membeli produk, kebanyakan pembeli cenderung ingin mendengarkan ulasan atau testimoni mengenai produk tersebut. 

Sobat bisa menggunakan kecenderungan ini dalam  copywriting  Sobat, contohnya dengan memasukkan testimoni yang luar biasa atau sensasional ke dalam teks copywriting Sobat.

Sebuah pengalaman yang sensasional dapat menjadi bahan  copywriting  produk yang sangat ampuh. Jadi, bila ada cerita sensaional terkait dengan produk yang Sobat tawarkan, coba masukanlah ke dalam  copywriting Sobat.

Contoh  copywriting  yang menceritakan pengalaman sensasional.

  • Inilah bagaimana berjualan online dapat membuat seorang mahasiswa menjadi milyarder.
  • Begini cara seorang wanita bertransformasi menjadi lebih cantik dan langsing tanpa diet ketat.

7. Pakai Kata “Bahkan Jika”

Hal yang harus diperhatikan ketika menganalisis bisnis adalah keunggulan produk bisnis Sobat. Tidak perlu sibuk mengurusi kompetitor bisnis. 

Segera luangkan waktu untuk menelaah dan mencari keunggulan produk Sobat yang bisa membuat calon pelanggan tertarik. Guna keunggulan pada produk, Sobat bisa menggunakan kata “bahkan jika” dalam  copywriting .

Contoh  copywriting  yang menggunakan kata “bahkan jika”.

  • Pelatihan membuat artikel ramah SEO bergaransi sampai bisa, bahkan jika Sobat adalah penulis baru.
  • Jasa pengurusan sertifikat rumah termudah dan tercepat, bahkan jika Sobat sibuk sekalipun.

8. Buat Kalimat yang Menantang Calon Pembeli

Contoh lain yang dapat Sobat gunakan dalam strategi copywriting  adalah dengan membuat kata yang menantang. 

Kata-kata yang menantang dan sedikit provokatif membuat pembaca lebih cepat merespons dan berpikir. Jika Sobat paham penerapan trik ini, dijamin ada transaksi pembelian ( closing ) di bisnis Sobat.

Perlu diingat bahwa kata yang provokatif tadi harus masuk akal dan konteksnya sesuai dengan produk yang dijual. 

Berikut merupakan contoh  copywriting  yang menggunakan gaya bahasa menantang.

  • Diskon rumah sampai 30% merupakan promo terbesar yang pernah ada. Yakin mau melewatkannya?
  • Sobat harus menyediakan dana pendidikan untuk masa depan anak Sobat?

9. Tambah Angka

Kebanyakan contoh  copywriting  mengandung unsur angka. Mengapa? Secara psikologis, masukkan angka ke dalam  copywriting adalah salah satu cara tercepat untuk menangkap perhatian orang.

Angka bersifat singkat dan orang akan bisa langsung membayangkan angka tersebut serta apa saja keuntungan yang berhubungan dengan angka tersebut.

Sobat bisa memasukkan angka ke dalam copywriting Sobat dalm konteks promosi, garans, atau janji.

Tentu saja, pastikan angka tersebut masuk akal dan tidak dibuat-buat. Jangan sampai calon pembeli menganggap copywriting Sobat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan sehingga mereka justru enggan mencoba produk Sobat.

Berikut merupakan contoh copywriting yang menggunakan angka di dalamnya.

  • Buatlah akun untuk mendapatkan diskon sebesar 30%! Promo ini akan berakhir dalam 1 jam!
  • Inilah rahasia memperoleh 100 juta dari rumah hanya dalam 1 bulan.

10. Jangan Terlalu Banyak Bercerita Tentang Perusahaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, audiens tidak akan peduli dengan Sobat, mereka hanya membayangkan dirinya sendiri. 

Oleh karena itu, saat Sobat menulis teks  copywriting  untuk menjual sebuah produk, tidak usah terus-menerus membicarakan bisnis Anda. Geserlah sudut pandang Anda dan ceritakan manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari produk Anda.

Berikut merupakan contoh  copywriting  yang menarik dan ditulis berdasarkan perspektif orang yang membaca teks copywriting Sobat.

  • Dengan alat ini, Sobat bisa membuat situs web yang dinamis, indah, dan canggih bahkan tanpa pengalaman sekalipun!
  • Ikutilah kelas Bahasa Inggris kami dan jadilah yang terbaik.

11. Gunakan Pengalaman atau Emosi Negatif

Sobat tidak perlu menggunakan copywriting yang mengundang emosi positif terus-menerus. Bila dieksekusi dengan tepat, pengalaman dan emosi negatif juga dapat digunakan sebagai bahan  copywriting yang jitu. 

Caranya adalah dengan menitikberatkan pengalaman atau emosi negatif tersebut dan menjanjikan solusi yang bagus. 

Jadi melalui tulisan tersebut, Sobat dapat mengubah emosi negatif tersebut menjadi positif untuk mendorong pembaca membeli produk Sobat.

Contoh  copywriting  yang memanfaatkan pengalaman atau emosi negatif.

  • Berhenti waktu membuat tulisan yang tidak akan orang baca! Inilah rahasia untuk membuat tulisan Sobat menjadi lebih menarik.
  • Selamat tinggal diet ketat! Inilah cara menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri.

12. Berikan Kesan Otoritatif

Pembaca akan lebih tertarik untuk mengklik kalimat yang berkesan otoritatif dan terpercaya. Tulislah kalimat copywriting  

Sobat dengan data dan informasi yang didukung oleh sains, ahli terpercaya, ataupun studi terkait. Dengan kesan otoritatif ini, audiens akan lebih mudah percaya klaim terkait produk Anda. Hasilnya, mereka pun akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

Contoh  copywriting  yang mengandung kesan otoritatif.

  • 10 Kiat ahli untuk meningkatkan peringkat situs SEO Sobat di Google.
  • Inilah teknik psikologi terbaik untuk meningkatkan penjualan produk Sobat.

13. Tambah Kata “Bayangkan”

Orang akan menjadi lebih tertarik akan produk yang ditawarkan apabila ia bisa membayangkan langsung manfaatya. 

Salah satu cara untuk memunculkan efek tersebut adalah dengan menggunakan kata "bayangkan". Caranya adalah dengan menarik perhatian pembaca kepada sebuah kejadian yang mungkin terjadi atau mungkin berinteraksi dengan mereka jika mereka tidak langsung membeli produk Anda.

Berikut ini contoh copywriting yang menggunakan kata “bayangkan”.

  1. Bayangkan diri Sobat meraup keuntungan jutaan rupiah setiap bulannya. Kunjungi situs web kami dan cari tahu kiat terbaik menjalankan bisnis yang sukses.
  2. Bayangkan sulitnya mendapat pekerjaan di era globalisasi. Segera ambil kursus Bahasa Inggris profesional kami untuk menjadi kandidat bersaing.

14. Gunakan “Inilah Cara Mengatasinya!”

Terkadang, orang tidak terlalu tertarik dengan iming-iming yang akan ia dapatkan bila menggunakan sebuah produk tertentu. 

Tetapi, setiap orang pasti memiliki setidaknya satu masalah. Jadi, coba menarik perhatian mereka dengan menawarkan solusi pada masalah yang sedang mereka hadapi.

Sobat bisa melakukan ini dengan menggunakan rumus teks “Inilah cara mudah mengatasinya!” di akhir konten copywriting Sobat. Pastikan masalah yang Sobat tekankan di awal copywriting selalu dihadapi target pasar Anda.

Berikut ini adalah contohnya.

  1. Menjual produk di media sosial? Inilah cara mudah mengatasinya!
  2. Sering kesulitan waktu saat bekerja? Inilah cara mudah mengatasinya!

15. Masukkan Contoh yang Terkenal

Untuk membuat teks copywritingSobat menjadi hebat, Sobat harus membuat para pembaca membayangkan visual yang hebat. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberikan contoh terkenal, seperti tokoh atau merek terkenal.

Contoh tersebut tidak harus langsung terafiliasi dengan produk atau perusahaan Sobat. Yang terpenting adalah gambaran yang contoh tersebut sesuai dengan keinginan yang ingin dicapai oleh calon konsumen Anda. Pastikan juga Anda memberikan contoh yang mudah dikenal oleh target pasar Anda.

Berikut ini adalah contohnya.

  • Inilah cara membangun brand awareness seperti Apple.
  • Cari tahu cara mengembangkan perusahaan start-up Anda layaknya Elon Musk.

Itulah cara menuliskan copywriting  yang baik dan contoh copywriting  yang bisa Sobat terapkan saat menulis iklan atau konten promosional lainnya untuk bisnis online Sobat. 

Selain ramuan dari teknik copywriting, penggunaan strategi SEO dalam konten artikel bisa meningkatkan performa di mesin pencari, loh. 

Nah, Sobat bisa menggunakan  jasa SEO pada  situs web agar performanya naik terus dan berada di peringkat teratas di Google.

0 Response to "Copywriting Dan Formulanya"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak