Penerapan SEO Jurnalisme

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Bagaimana Penerapan SEO Jurnalisme yang Tepat?

Search Engine Optimization (SEO) menjadi strategi dalam bisnis yang sedang naik daun saat ini. 

Dengan menerapkan SEO yang tepat dan sesuai, maka website dari bisnis tersebut bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google dengan kata kunci tertentu. 

Untuk mencapai tujuan itu, ada satu hal yang menjadi bagian penting dalam strategi SEO yaitu membuat artikel. 

Pembuatan artikel ini tidak bisa dan asal-asalan. Kualitas yang diberikan harus tetap baik dengan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Prinsip jurnalisme SEO harus diterapkan dengan tepat di sana.

Pertanyaannya bagaimana menerapkan jurnalisme SEO yang tepat? Apalagi mengingat tidak semua penulis konten yang membuat artikel ramah SEO tahu tentang prinsip jurnalistik yang baik. 

Sebenarnya ada beberapa cara agar journalism SEO bisa berada di jalurnya dan tidak melupakan prinsip jurnalistik yang sudah ada pakemnya juga.

Di bawah ini ada beberapa poin tentang jurnalisme SEO yang perlu Sobat ketahui, khususnya bagi para penulis konten dan jurnalis yang masih bingung bagaimana membuat artikel yang ramah SEO dan tetap memiliki prinsip jurnalistik.

Tetap Fokus Kepada Kata Kunci

Poin pertama yang tetap harus Sobat lakukan dalam jurnalisme SEO adalah fokus pada kata kunci . Tidak mungkin membuat artikel yang SEO friendly namun melupakan penggunaan keyword. 

Untuk artikel SEO, memang sulit untuk menggunakan kata kunci yang praktis. Harus ada proses riset kata kunci terlebih dahulu dengan menggunakan beberapa alat yang telah tersedia.

Selain itu, sebenarnya sobat juga bisa menemukan keyword yang sedang naik daun dengan melihat tren yang ada di masyarakat sekarang ini. 

Untuk cara ini, memang tidak bisa dibuktikan dengan angka, tapi melihat dari tren di media sosial dan media online. 

Dari sana, maka Sobat bisa mendapatkan trafik ke dalam website melalui artikel yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

Berikan Informasi yang Bisa Diper

Banyak SEO content writer yang memang tidak memiliki dasar ilmu jurnalistik. Itu salah, tetapi memuji dari kualitas informasi yang diberikan, tidak bisa diperparah atau malah terkesan asal-asalan. 

Untuk itu, dalam journalism SEO, jangan lupa memberikan informasi yang sesuai fakta yang ada. Sobat bisa mencari informasi tersebut di website yang sudah terbukti kualitasnya. Jangan malah mencari informasi dari website yang tidak jelas.

Namun Jangan Fokus Kepada SEO Saja

Walaupun jurnalisme SEO fokus pada kata kunci, akan tetap jangan hanya fokus pada SEO saja. Sobat jangan lupa untuk memberikan kualitas tulisan yang berkualitas. 

Kualitas tulisan yang baik itu bisa dilihat dari beberapa poin, seperti: tulisan yang enak dibaca, informasi yang diberikan jelas, tata penulisannya runut, dan kesalahan penulisan yang minim.

Untuk bisa memenuhi seluruh titik itu, memang tidak dapat ditolak harus dengan memupuk pengalaman dan terus latihan. 

Seiring dengan berjalannya waktu, maka kualitas tulisan yang Sobat berikan pasti terus ditingkatkan. Inilah sebabnya, seorang penulis konten SEO tidak boleh hanya fokus kepada SEO saja. 

Ketika SEO yang baik dipadukan dengan tulisan yang berkualitas, maka hasilnya adalah satu kombinasi konten yang bisa memuaskan pembaca dan juga mesin pencari.

Dengan penjelasan di atas, Sobat sekarang sudah tahu tentang apa itu SEO jurnalistik dan bagaimana cara menerapkannya. 

Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini di media sosial Sobat agar lebih banyak yang unggul. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat semua. Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Penerapan SEO Jurnalisme"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak