Mengenal Facebook Bisnis

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Apa Itu Facebook Bisnis?

Facebook Bisnis, atau lebih sering disebut sebagai Facebook Business Manager, adalah sebuah alat yang bisa digunakan secara gratis dan dikembangkan oleh platform media sosial Facebook.

Melalui Facebook Business Manager, maka Sobat akan bisa dengan mudah mengelola Facebook page, akun Facebook ads, katalog, perusahaan secara aman pada satu tempat, tanpa perlu berbagi informasi login. 

Bukan hanya demikian, sebagai pemiliki bisnis, Sobat juga bisa mengundang anggota tim marketing media sosial bisnis Sobat dan memberikan penugasan kepada mereka secara aman dan bebas. 

Sehingga bisa dengan mudah mengurus halaman bisnis tanpa perlu takut bercampur dengan informasi pada akun media sosial pribadi Sobat.

Cara Membuat Facebook Bisnis

Sebelum Sobat dapat bisa membuat atau mendaftar ke halaman untuk membuat akun Facebook Business Manager, Sobat harus login ke akun Facebook pribadi Sobat. 

Tidak perlu khawatir karena informasi dari akun pribadi tidak akan terlihat secara publik pada halaman bisnis Sobat.

Hal ini dibutuhkan karena setiap Halaman bisnis akan dikelola oleh satu atau lebih administrator halaman. Administrator (admin) akan menjadi orang-orang yang akan mengontrol halaman bisnis melalui akun Facebook pribadinya. 

Akun pribadi ini akan berfungsi seperti kunci untuk memungkinkan Sobat masuk ke halaman tersebut. Jika ada anggota tim yang akan membantu untuk mengelola halaman ini, maka akun pribadi mereka juga akan mendapatkan kemampuan dan fitur khusus agar bisa membenahi berbagai macam hal pada halaman bisnis Sobat.

Untuk bisa membuat sebuah halaman yang digunakan dalam kepentingan bisnis, ada beberapa langkah yang harus Sobat lalui. 

Setelah login menggunakan akun pribadi, maka kini saatnya memperhatikan dan ikuti langkah yang ada di bawah ini.

1. Register Halaman Bisnis  

Setelah masuk di akun pribadi dengan alamat email, maka yang selanjutnya Sobat lakukan adalah mengakses menu untuk bisa membuat halaman tersebut. 

Sebelum itu Sobat bisa menggunakan fitur save my name email di browser agar mudah keluar-masuk akun Facebook Business Manager. 

Pada sisi kanan toolbar berwarna biru, Sobat bisa menemukan dan mengklik tombol “Buat” atau “Create”. 

Pilih “Halaman” dari menu tersebut, maka daftar drop-down akan muncul setelah mengklik opsi “Buat.” Pilih ops yang pertama, “Page,” untuk membuat Halaman Bisnis Facebook Sobat. 

Langkah berikutnya adalah memilih kategori dari halaman yang ingin dibuat. Sobat akan memiliki pilihan antara dua kategori halaman, “Bisnis atau Merek” dan “Komunitas atau Tokoh Publik.” Bila digunakan untuk bisnis, tentu Sobat harus memilih opsi Bisnis atau Merek.

2. Masukkan Informasi Bisnis 

Selanjutnya, Sobat diharuskan mengisi berbagai informasi untuk akun bisnis Sobat. Dimulai dengan mengisi nama bisnis. 

Nama yang tertera pada kolom ini harus sama dengan nama bisnis Sobat yang sebenarnya. Kemudian, pilih kategori bisnis yang paling mewakili apa yang ditawarkan oleh bisnis Sobat. 

Misalnya, jika bisnis yang Sobat berbentuk bisnis jual beli pakaian, maka kategori “Clothing” adalah pilihan yang tepat. 

Selanjutnya, isi kolom Deskripsi yang muncul di hasil pencarian. Seharusnya hanya beberapa kalimat (maksimum 255 karakter).

Tips untuk Sobat, masukan kata kunci terkait dengan bisnis pada deskripsi tadi. Sehingga kemungkinan untuk muncul ketika seseorang mencari keyword tersebut akan semakin tinggi. Saat Sobat puas dengan deskripsi Sobat, klik Buat Halaman.

3. Unggah Gambar Profil & Foto Sampul 

Pada langkah ini, Sobat bisa memilih foto yang akan diunggah sebagai gambar profil halaman bisnis. Banyak halaman dan akun bisnis lainnya yang memilih untuk menggunakan menggunakan logo mereka sebagai gambar profil. 

Sobat bisa juga meniru hal ini, tetapi dapat juga  menggunakan foto apa pun yang mewakili bisnis Sobat dan branding dari bisnis. 

Pastikan gambar Sobat jelas dan tidak terpotong, akan lebih baik menggunakan gambar dengan ukuran 170 x 170 pixel. 

Gambar ini akan menyertai nama bisnis Sobat pada hasil penelusuran dan saat Sobat berinteraksi dengan pengguna. Gambar ini juga muncul di kiri atas Halaman Facebook Sobat.

Sekarang saatnya memilih gambar atau foto sampul untuk profil halaman Facebook bisnis Sobat. Gambar ini akan menjadi yang paling menonjol di halaman Sobat. 

Gambar ini harus menangkap esensi bisnis dan menyampaikan kepribadian dari bisnis atau brand Sobat. Facebook menyarankan Sobat memilih gambar berukuran 1640 x 856 piksel. Setelah selesai memilih gambar yang sesuai, klik Tambahkan Foto Sampul.

4. Hubungkan Facebook Business Manager Anda ke WhatsApp

Ini merupakan langkah yang opsional, namun akan sangat membantu. Setelah Sobat mengklik Simpan, Sobat akan melihat kotak pop-up yang menanyakan apakah ingin menghubungkan akun Facebook Business Manager Anda ke WhatsApp. 

Melalui hal ini, Facebook memungkinkan Sobat untuk menambahkan tombol WhatsApp ke halaman, atau mengirim orang ke WhatsApp dari iklan Facebook. 

Jika Sobat memilih untuk menghubungkan Facebook bisnis Sobat ke WhatsApp, klik Kirim Kode. Jika tidak, tutup jendela untuk melanjutkan tanpa menghubungkannya WhatsApp. 

Sobat akan mendapatkan satu lagi kotak pop-up yang menanyakan apakah Sobat yakin. Tinggalkan jika Sobat benar-benar tidak ingin melakukan pengaturan yang satu ini.

5. Buat Nama Pengguna 

Nama pengguna atau biasa juga disebut sebagai Vanity URL, adalah cara Sobat memberi tahu orang-orang di mana untuk bisa menemukan Sobat di Facebook. 

Nama pengguna ini akan bisa diisi hingga 50 karakter. Sebenarnya Sobat bisa bebas menggunakan karakter apapun, namun untuk hasil yang optimal, jangan gunakan karakter spesial atau tambahan hanya karena diperbolehkan. 

Buatlah nama pengguna yang mudah diketik dan mudah diingat. Nama bisnis Sobat atau beberapa variasi yang jelas dan masih berhubungan dengan bisnis adalah opsi yang paling bagus. 

Untuk membuat nama pengguna Sobat, klik “Buat Nama Pengguna” pada pratinjau Halaman. Masukkan nama yang ingin digunakan. 

Facebook akan memberi tahu jika nama tersebut tersedia dan bisa digunakan. Jika Sobat mendapatkan tanda centang hijau, maka klik “Buat Nama Pengguna”.

6. Tambahkan Detail dari Bisnis 

Akan sangat penting untuk mengisi semua bidang pada bagian “About” akun bisnis Sobat. Facebook masih cukup sering menjadi tempat pertama yang dikunjungi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai bisnis Sobat, memiliki berbagai informasi pada halaman bisnis tentu sangatlah penting. 

Contohnya, ketika ada orang yang mencari jam buka dari bisnis Sobat, mungkin mereka akan melihat profil Sobat untuk bisa mengonfirmasi informasi ini. 

Jika mereka tidak dapat menemukannya, mereka pasti akan bingung. Untungnya, Facebook memberikan kemudahan untuk mengisi data ini. Cukup scroll ke bawah pada ke bagian Set Your Page Up for Success  dan perluas item yang Info and Preferences.

Isi detail yang sesuai di sini, dimulai dengan situs web Sobat. Jika bisnis Sobat terbuka untuk umum selama jam tertentu, pastikan untuk memasukkannya di sini. Informasi ini akan bisa muncul di hasil pencarian. 

Jangan lupa untuk melengkapi bagian Add an action button. Tombol CTA dari Facebook membuatnya sangat mudah untuk memberi konsumen apa yang mereka cari dan memungkinkan mereka untuk terlibat dengan bisnis Sobat secara real time. 

Tombol CTA yang tepat akan mendorong pengunjung untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Sobat, berbelanja, mengunduh aplikasi Sobat, atau membuat janji pertemuan. 

Untuk menambahkan CTA ini, klik kotak biru yang bertuliskan Add Button, lalu pilih jenis tombol yang Sobat inginkan. 

Jika Sobat tidak ingin menyelesaikan pengisian semua langkah ini sekarang, tenang saja. Kegiatan ini akan selalu dapat diakses kembali nantinya. Di menu Kelola Halaman di sebelah kiri, scroll ke bawah ke Edit Info Halaman.

7. Buat Postingan 

Sebelum mulai mengundang orang untuk “menyukai” Facebook Business Manager untuk bisnis Sobat, usahakan untuk memposting beberapa konten yang berharga. 

Sobat dapat membuat postingan Sobat sendiri, atau berbagi konten yang relevan dari industri Sobat. Buat juga jenis postingan tertentu, seperti acara atau penawaran, cukup klik salah satu opsi di kotak “Create a post” di bagian atas halaman Sobat.

8. Undang Teman untuk Menyukai Halaman 

Facebook akan meminta Sobat untuk mengundang teman Facebook yang saat ini ada di akun pribadi Sobat untuk menyukai halaman bisnis baru ini. 

Teman Facebook yang sudah ada dapat menjadi basis bagi penggemar awal yang baik untuk halaman bisnis Facebook yang baru, sangat disarankan untuk melakukan opsi yang satu ini. 

Gunakan saluran lain, seperti situs web dan Twitter Sobat sebagai sarana mempromosikan halaman baru Sobat. Tambahkan logo “ikuti kami” pada materi promosi dan username dari profil halaman bisnis. 

Jika Sobat merasa nyaman melakukannya, Sobat juga dapat meminta pelanggan untuk memberikan review terhadap bisnis Sobat di Facebook.

Manfaat Facebook Business Manager

Setelah pelajari panduan di atas, kini waktunya memahami manfaat memiliki akun Facebook Business Manager. 

Facebook menciptakan Business Manager ini untuk bisa membantu memecahkan masalah bagi perusahaan. Ada banyak keunggulan dibandingkan sistem sebelumnya. 

Berikut adalah 10 manfaat teratas yang akan bisa didapatkan perusahaan Sobat apabila memiliki akun Facebook Business Manager.

  1. Kelola halaman dan akun iklan (ad account) dari satu akun Facebook bisnis.
  2. Bagikan dan kendalikan akses dengan aman menuju akun iklan Facebook, halaman, dan aset lainnya di Facebook.
  3. Tambahkan atau hapus karyawan dan agensi ke akun Sobat dengan mudah.
  4. Berikan tingkat izin yang berbeda berdasarkan tujuan bisnis.
  5. Akses data piksel yang berharga
  6. Bangun audiens dengan cepat untuk upaya periklanan Sobat
  7. Akses Katalog dan buat set produk dengan mudah.
  8. Laporan tingkat bisnis untuk beberapa akun.
  9. Dukungan FB akan merujuk ke manajer bisnis saat memecahkan masalah.
  10. Kelola detail penagihan dan lihat ambang pembelanjaan Sobat.

Itulah dia beberapa manfaat dan juga cara membuat Facebook Bisnis. Melalui halaman ini Sobat akan bisa mengelola berbagai macam iklan untuk halaman Facebook Sobat. 

Untuk bisa mendapatkan iklan Facebook yang optimal sesuai dengan budget Sobat, optimasi akan diperlukan.

Sobat bisa melakukan hal ini sendiri, namun sangat disarankan untuk mempelajari seluk beluknya agar uang yang diinvestasikan tidak sia-sia begitu saja.

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Mengenal Facebook Bisnis"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak