Biaya Iklan Di Dalam Facebook

Bismillâhirrahmânirrahîm. Puji dan syukur kepada Allah subhânahu wata’âla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Biaya Iklan Di Dalam Facebook

Apakah Anda sedang mencari tahu mengenai biaya iklan di facebook ads? Salah satu teknologi yang sangat berguna untuk masyarakat luas pada hari ini adalah media sosial. 

Kemunculan media sosial membaut banyak orang bisa berkomunikasi dengan lebih intens, menjadi tempat mendapatkan informasi, hingga mengenal orang baru. 

Selain itu, media sosial juga bisa menjadi tempat promosi. Ada beberapa media sosial yang menyediakan fitur berbayar untuk memasang iklan online. 

Sebut saja Twitter, Instagram, hingga Facebook. Namun dalam artikel ini, mari membahas tentang berapa biaya iklan di Facebook.

Ketika mendengar bisa memasang iklan online dengan beragam fitur di dalamnya, pasti banyak yang mau dipasang. 

Namun ada keraguan karena tidak tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam beriklan di Facebook. 

Tenang saja, Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap tentang biaya iklan di Facebook yang bisa memberikan efek besar dalam promosi bisnis saat ini. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menentukan Biaya Iklan Di Facebook Ads

Sebelum masuk ke dalam penjelasan berapa biaya iklan Facebook, Anda harus mengetahui berbagai macam fitur iklan di Facebook yang dapat menentukan biaya dari iklan di Facebook Ads tersebut. 

Sebagai media sosial, awalnya tidak ada fitur iklan online di media sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini. 

Namun ketika mulai banyak yang menggunakan Facebook sebagai tempat promosi, maka waktunya memasang fitur iklan online di sini.

Media sosial yang didominasi warna biru ini mencoba memberikan beberapa fitur iklan online yang dapat membuat para penggunanya mendapatkan pasar yang sesuai dan memperkirakan anggaran iklan yang tepat. 

Fitur-fitur itu terdiri dari:

1. Bisa Memilih Tujuan

Dalam menjalankan iklan di Facebook, Anda bisa memasang tujuan dari pemasangan iklan tersebut. 

Pertama, Anda diminta untuk memilih tujuan iklan Facebook tersebut. 

Apakah mau untuk meningkatkan brand awareness atau reach. Tujuan tersebut difungsikan untuk menarik perhatian audiens agar mengunjungi halaman profil yang dimiliki serta menawarkan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Kedua, Anda diminta untuk memilih tujuan utama dari kampanye iklan Facebook tersebut. Pilihannya ada traffic, engagement, app install, video views, lead generation, atau messages. 

Terakhir, Anda diminta memilih jenis konversi yang ingin didapatkan. Bisa memilih konversi, penjualan katalog, atau kunjungan toko.

2. Bisa Memilih Target Bisnis yang Dituju

Selanjutnya Anda diminta untuk memilih target bisnis yang dituju. Target ini tentunya adalah orang-orang yang cocok untuk mengetahui dan membeli produk Anda. 

Ada lima poin yang bisa Anda atur agar bisa mendapatkan target bisnis yang sesuai. Ada lokasi, demografi (usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan), minat dari para pengguna Facebook, perilaku konsumen, dan koneksi. 

Dengan adanya fitur ini, maka iklan online Anda bisa terlihat oleh masyarakat yang sesuai dengan target bisnis.

3. Bisa Memilih Biaya yang Sesuai

Sekarang saatnya berbicara mengenai biaya iklan Facebook. Pada dasarnya, Facebook tidak pernah memberikan ketentuan khusus dalam urusan biaya iklan Facebook. Mereka Anda untuk memilih berapa biaya yang ingin dikeluarkan setiap bulannya.

Ya, Facebook ingin agar semua angka nominal biaya yang sudah disiapkan oleh masing-masing bisnis yang bisa digunakan untuk pemasangan iklan online. 

Jadi, mau berapapun dana yang dimiliki, klik Anda bisa memasang iklan di Facebook. Namun tetap, besar kecilnya angka tersebut juga mempengaruhi jumlah iklan Anda muncul di halaman Facebook seseorang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya ini.

Perhitungan Biaya Facebook Ads

Setelah mengetahui cara menentukan biaya iklan Facebookd, Anda mungkin penasaran berapa besar kocek yang harus Anda keluarkan untuk memulai kampanye iklan Facebook Anda. Jawabannya, tergantung budget Anda. 

Beriklan di Facebook mahal. Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar untuk menggunakan iklan Facebook, cukup dengan Rp. 10.000 saja, Anda sudah bisa memasang iklan di Facebook. 

Bila Anda memiliki anggaran terbatas, Anda bisa memulai kampanye kecil saja. Sebaliknya, bila Anda memiliki anggaran yang cukup besar, Anda bisa membayar lebih untuk iklan Anda lebih sering ditampilkan. Perhitungan biaya Facebook ads memang sangat fleksibel.

Nah, ada dua metode perhitungan biaya iklan Facebook ads yang perlu Anda perhatikan, yakni berdasarkan objektif iklan Anda. Ini perbedaannya.

BPK

Jika tujuan Anda menggunakan iklan Facebook adalah meningkatkan lalu lintas situs web Anda, maka Anda dapat menggunakan metode BPK.

Dengan metode CPC (Cost per Click), maka biaya iklan Facebook ads yang dibebankan pada Anda sesuai dengan berapa kali konsumen mengklik iklan Anda saat kampanye iklan sudah berjalan. 

Pada sistem Facebook ads itu sendiri, biaya setiap klik dibanderol dengan harga Rp 650 hingga Rp 1.550.

BPS

Nah, apabila tujuan iklan Anda di Facebook adalah meningkatkan kesadaran merek dan tidak mengharuskan konsumen mengunjungi situs web Anda, maka Anda dapat menggunakan metode CPM.

CPM (Cost per Mille) adalah biaya yang dikenakan pada Anda setiap 1.000 kali iklan Anda ditampilkan atau ditampilkan kepada pengguna Facebook. 

Jadi, selama iklan Anda dilihat, kosumen tidak harus berinteraksi dengan iklan tersebut. Harganya pun serupa dengan metode iklan Facebook CPC, yaitu Rp 650 hingga Rp 1,550 per 1.000 kali iklan.

Promosikan Bisnis Anda Melalui Iklan Facebook

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini dapat memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda mengenai biaya iklan di Facebook. 

Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

0 Response to "Biaya Iklan Di Dalam Facebook"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak