Simpul Yang Indah

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

SIMPUL YANG INDAH

Pasangan hidup laksana pakaian bagi tubuh, yang melindungi kehormatan dan meredam syahwat, menghijabi aurat dari kehinaan, memperindah atas kekurangan, mengangatkan jiwa dari belenggu kesepian… 

Jangan sia-siakan pasanganmu, dialah yang terbaik bagimu… Jalani takdirmu dengan penuh sabar dan syukur bersamanya, niscaya musnahlah derita… Mengimani takdir akan menghilangkan rasa sakit…

Seorang Mukmin senantiasa baik keadaannya, dengan syukur dan sabar karena mengharap pahala dari Allฤh semata…

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

ุนَุฌَุจًุง ู„ِุฃَู…ْุฑِ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِ ุฅِู†َّ ุฃَู…ْุฑَู‡ُ ูƒُู„َّู‡ُ ุฎَูŠْุฑٌ، ูˆَู„َูŠْุณَ ุฐَุงูƒَ ู„ِุฃَุญَุฏٍ ุฅِู„َّุง ู„ِู„ْู…ُุคْู…ِู†ِ؛ ุฅِู†ْ ุฃَุตَุงุจَุชْู‡ُ ุณَุฑَّุงุกُ ุดَูƒَุฑَ ูَูƒَุงู†َ ุฎَูŠْุฑًุง ู„َู‡ُ، ูˆَุฅِู†ْ ุฃَุตَุงุจَุชْู‡ُ ุถَุฑَّุงุกُ ุตَุจَุฑَ ูَูƒَุงู†َ ุฎَูŠْุฑًุง ู„َู‡ُ

“Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya” (HR. Muslim no.7692).

Takdir adalah ketetapan Allรฃh ๏ทป yang tidak bisa tertukar atau direvisi, apapun yang menimpa hidup adalah takdir yang wajib diimani. Berkeluh kesah dan meratap hanya akan menambah rentetan musinbah. Sabar dan syukur dalam menjalaninya akan menghilangkan kesusahan lahir batin.

Pasanganmu Teman Setiamu

Banyak orang yang tidak menyadari betapa besar kebutuhannya terhadap pasangannya, baik ia sebagai suami atau isteri lakonnya. 

Tatkala ia telah menikah dan menjadi bagian hidup dari pasangannya maka tiada yang lebih setia menemaninya dalam suka dan duka dalam mengarungi mahligai rumah tangga selain pasangannya. 

Ketika akan tidur dan saat bangun dari tidur, orang yang selalu ada di sisimu adalah pasanganmu, apabila engkau bahagia maka pasanganmu juga tersenyum merekah, saat episode sedih melanda pasanganmu juga menangis bersama, pasanganmu merupakan pendengar setia dalam setiap kisahmu. 

Pasanganmu adalah orang yang paling loyal dan mengerti serta menerima semua kekurangan dirimu tanpa pura-pura. Dia sahabatmu dalam terang dan gelapnya lembaran hidupmu.

Hargailah Pasanganmu 

Sebagaimana telah diulas sebelumnya bahwa pasangan itu bak pakaian bagi tubuh. Apa-apa yang membuatnya bersih serta indah maka akan menjadikan suci dan indah yang memakainya sebaliknya apa-apa yang membuatnya kotor serta hina maka akan mengotori dan menghinakan pemakainya pula. 

Hiasi dan rawatlah pakaianmu agar senantiasa bersih, wangi dan mulia. Jangan membuka aibnya dan jangan pula merendahkannya. Pasanganmu adalah cerminan dirimu, baik buruknya sebahagian besar disebabkan olehmu.

Wahai para isteri, sebanyak apapun masalah rumah tangga yang engkau hadapi tidaklah menghalalkanmu untuk menggibahi suamimu, tidak ada rukhsoh bagimu untuk berkeluh kesah kepada makhluk apalagi curhat di sosmed hingga aib rumah tanggamu tersebar bagaikan debu. 

Bila engkau butuh nasehat maka datanglah kepada ahli ilmu yang dirasa dapat memberikan kebaikan dan wasilah solusi bagi urusanmu namun sebelum itu kau lakukan, hamparkanlah dahulu sajadahmu dan tenggelamlah dalam munajatmu kepada Penciptamu yang selalu mendengar semua keluh kesah dan do’amu. Andai tiada lagi bahu untuk bersandar, masih ada lantai untuk bersujud. 

Sesuatu yang engkau anggap buruk dari suamimu dan begitu kau benci mungkin hal itulah yang banyak diimpikan para wanita yang belum bersuami. Mereka begitu ingin memiliki suami yang seperti suamimu, sungguh ironis bila kenikmatan itu engkau ingkari dengan rasa benci.

Karena Allฤh ๏ทป  telah berfirman,

ูˆ ุนุณู‰ ุฃَู†ْ ุชَูƒْุฑَู‡ُูˆุง ุดَูŠْุฆًุง ูˆู‡ُูˆَ ุฎَูŠْุฑٌ ู„ูƒَู…ْ ูˆَุนَุณู‰ ุฃَู†ْ ุชُุญِุจُّูˆْุง ุดَูŠْุฆุง ูˆู‡ูˆ ุดุฑٌّ ู„ูƒู… ูˆุงู„ู„ู‡ُ ูŠุนู„ู…ُ ูˆุฃَู†ْุชُู…ْ ู„ุง ุชَุนْู„ู…ُูˆْู†َ

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 216)

Dan engkau para suami…

Bersabarlah dan lembutlah kepada isterimu, sungguh mereka adalah kaum yang lemah aqal dan fisiknya, ingin selalu disayang dan disanjung oleh orang yang dicintainya. Semarah apapun dirimu padanya maka tahanlah kalimat sakti ( talak ) yang telah Allฤh ๏ทป khususkan bagimu meskipun beribu kali isterimu memintanya. 

Tabiatnya seorang wanita mengatakan tidak padahal iya, ingin sendiri agar didekati, merajuk agar dipujuk, marah agar engkau mengalah, menangis agar kau tenangkan dalam pelukanmu. 

Semua itu bukanlah mengada-ngada, itu adalah fitrahnya sebagai gelas-gelas kaca karena semakin lemah ia akan semakin indah. 

Jangan menasehati isterimu dengan keras, namun jangan biarkan jika isterimu melakukan maksiat, adalah kewajibanmu membimbing dan melindunginya dari segala bentuk mafsadat sebagai imamnya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu, Nabi ๏ทบ   bersabda:

ุงุณุชูˆุตูˆุง ุจุงู„ู†ุณุงุก ุฎูŠุฑًุง؛ ูุฅู†ู‡ู†َّ ุฎู„ู‚ู† ู…ู† ุถِู„ุน، ูˆุฅู†َّ ุฃุนูˆุฌ ุดูŠุก ููŠ ุงู„ุถู„ุน ุฃุนู„ุงู‡، ูุฅู† ุฐู‡ุจุช ุชู‚ูŠู…ู‡ ูƒุณุฑุชู‡، ูˆุฅู† ุชุฑูƒุชู‡ ู„ู… ูŠุฒู„ ุฃุนูˆุฌ، ูุงุณุชูˆุตูˆุง ุจุงู„ู†ุณุงุก ุฎูŠุฑًุง

"Berilah nasehat yang baik kepada para wanita. Karena mereka diciptakan dari tulang yang rusuk. Dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Maka jika kalian luruskan dengan keras, ia akan patah. Namun jika dibiarkan, ia akan terus bengkok. Maka berilah nasehat yang baik kepada para wanita" (HR. Bukhari no.5186, Muslim no. 1468).

Pasanganmu berkorban untukmu

Untuk para isteri, jangan engkau remehkan tanggungjawab dan perjuangan suamimu untuk mencukupi kebutuhanmu agar engkau dan anak-anakmu tidak merasakan lapar. 

Beruntunglah dirimu yang setiap bulan diberi nafkah yang cukup untuk kebutuhan hidupmu dan anak-anakmu tanpa engkau harus berlelah-lelah pagi dan petang untuk sesuap nasi seperti yang dialami oleh beberapa saudarimu yang kurang beruntung darimu. 

Shohih, mencari nafkah adalah kewajiban seorang suami. Akan tetapi apakah akan ada orang lain yang bersedia dengan rela hati membanting tulang demi mencukupi nafkahmu untuk seumur hidupmu…?

Seandainya engkau ditakdirkan menjadi armala apakah lantas ada pengganti dalam hal memberi nafkah secara penuh seperti yang diberikan suamimu kepadamu…?

Sungguh engkau tidak pernah tahu betapa berat hari-hari yang dilaluinya dalam memperjuangkan nafkahmu. Hinaan, celaan, makian bahkan kekerasan fisik acap mewarnai nuansa kerjanya dan tidak jarang nyawa menjadi taruhannya. 

Dari itu bersyukurlah kepada Allฤh ๏ทป dan berterimakasihlah kepada suamimu yang telah memuliakanmu dan anak-anakmu dari kelaparan dan meminta-minta sebanyak apapun pemberiannya, sering-seringlah mengucapkan jazaakallahu khoiron

Disunnnahkan mendoakan orang yang berbuat baik dengan ucapan "jazฤkallah khoiron"

Nabi ๏ทบ bersabda,

ู…َู† ุตُู†ِุนَ ุฅู„ูŠู‡ِ ู…ุนุฑูˆูٌ ูู‚ุงู„َ ู„ูุงุนู„ِู‡ِ : ุฌุฒุงูƒَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุฎูŠุฑًุง ูู‚ุฏ ุฃุจู„ุบَ ููŠ ุงู„ุซَّู†ุงุกِ

“Barangsiapa yang diberikan satu kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan, ‘Jazaakallahu khair’ (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupinya dalam menyatakan rasa syukurnya” (HR. Tirmidzi no.2167, ia berkata: “Hadits ini hasan jayyid gharib”, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

● Untuk para suami, lihatlah isterimu yang sepenuh hati bersedia menjadi perhiasanmu, mengasuh anak-anakmu, merawat dirimu, menjaga hartamu saat engkau pergi, mendo’akan setiap langkahmu agar Allฤh ๏ทป mudahkan semua urusanmu. 

Sadarilah wahai para suami, sekuat dan semandiri apapun dirimu tetap membutuhkan sosok rapuh nan jelita yang disebut isteri sebagai tempatmu bermanja mencurahkan segala kepenatan di luar rumah, lembut Bahasa dan teduh tatapannya bak tetes embun di gurun pasir. Para suami engkau tetaplah  “bayi berjenggot” yang perkasa.

Dengan menyadari besarnya pengorbanan pasangan, menghargai dan menyanjung tingginya peran masing-masing menjadikan kokoh pondasi mawaddah dalam rumah tangga, bertambah besar rasa cinta dan semakin lapang dada. Dengan ikhlas dan qonaah akan semakin tenanglah jiwa dalam meraih ridho-Nya.

Kebaikannya Jauh Lebih Banyak Dari Keburukannya

Rumah tangga mana yang tidak mengalami gejolak dan prahara di dunia ini…?

Rumah tangga yang sukses bukanlah rumah tangga yang tanpa masalah, tapi yang dapat mengatasi masalah dengan hikmah. 

Menjadikan masalah sebagai lembaran evaluasi dalam perjalanan cinta, memadamkan api amarah dengan udzur yang berlimpah. Selalu mengingat-ingat kebaikan pasangannya dan menyadari betapa berarti kehadiran seorang pasangan bagi dirinya. 

Pentingnya wujud pasangan tidaklah dirasa kecuali oleh mereka yang pernah mengalami dukanya perpisahan, berpisah karena tugas/pekerjaan, perceraian atau kematian. 

Cobalah tanyakan kepada mereka yang telah mengalami gelapnya lembah perpisahan sehingga masyhurlah cerita di kalangan anak muda “kalau sudah tiada baru terasa”, sungguh benarlah itu semua dan bila telah dialami  baru disesali.

Bila pasanganmu berbuat satu keburukan maka ingatlah dia telah berbuat 1000 kebaikan yang tiada engkau sadari, bila pasanganmu berkata satu kesalahan maka renungkanlah 1000 perkataan benar yang telah ia ucapkan, bila pasanganmu melupakan hakmu sekali maka sadarilah ia telah menunaikan banyak kewajibannya untukmu setiap hari. 

Bila tersirat bosan dan jenuh kepada pasanganmu hingga timbul keinginan untuk berpisah, ingatlah selalu perjuanganmu ketika hendak mendapatkannya dahulu, ingatlah masa-masa bahagia yang telah dilalui bersama, ingatlah saat tertawa dan menangis berdua hingga sampai pada titik ini pasanganmu adalah dia yang selalu menemanimu dengan segala kekurangan dan kelebihannya. 

Dan yang perlu engkau camkan, mungkin pasanganmu juga pernah merasakan bosan dan jenuh kepadamu, sebagaimana dia tidak sempurna begitupun dirimu. Namun dia tetap bersabar dan berusaha menjadi yang terbaik bagimu. Karena baginya engkau adalah anugerah terbaik dari Rabb nya yang harus selalu dijaga dan disyukuri.

Simpul Yang Indah

Tidak seorangpun ketika menikah berkeinginan karam bahteranya, pastilah semuanya ingin langgeng dari dunia sampai ke Jannah. 

Perekat cinta antara suami isteri bukanlah wajah yang menawan dan mempesona karena wajah bisa berubah jelek, keriput dan tua, bukanlah tubuh gemulai juga gagah karena raga akan reot lemah dimakan usia, perekatnya adalah ketakwaan dan keshalihan pasangan masing-masing. 

Mencintai karena Allฤh ๏ทป bertemu dan berpisah juga karena-Nya.

Perlu adanya beberapa faktor agar rumah tangga senantiasa harmonis:

Cintailah pasanganmu karena Allฤh ๏ทป…

Mensyukuri semua nikmat Allฤh ๏ทป…

Qonaah atas apa yang telah dimiliki…

Ikhlas, sabar dan ridho atas iradat Rabbul jalaalah…

Meninggalkan maksiat dan hidup dengan ketaatan…

Cantik karena cinta bukan cinta karena cantik…

Tampan karena cinta bukan cinta karena tampan…

Mengecilkan masalah yang besar dan menghilangkan masalah yang kecil…

Tidak membandingkan pasangan dengan orang lain…

Selalu memberikan udzur dan berhusnudzon terhadap pasangan…

Selalu saling mendo’akan kebaikan pasangan…

Tidak membuka aib pasangan meskipun terhadap keluarganya terutama orang tuanya…

Kiranya merajut  simpul yang indah itu mudah, taqwa adalah asset utamanya. Saling memberi dan menerima adalah bentuk muamalah yang harus ada antara sepasang kekasih halal dan semuanya itu menjadi ibadah yang besar pahalanya.  

Pernikahan adalah ladang ibadah dan sumber pahala yang penuh kenikmatan, genggamlah erat-erat jalinannya agar tidak mudah goyah. 

Semoga kita semua diberikan pasangan yang sholih dan sholihah, dianugerahi putra putri penyejuk pandangan mata yang kelak menjadi investasi dan pemberat hasanat di yaumil mahsyar. 

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat aamiin.

ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู† ูˆุงุฎุฑุฏุนูˆุงู†ุง ุฃู† ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†

https://t.me/Berbagi_Kebaikan

0 Response to "Simpul Yang Indah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak