4 Alasan Pentingnya Market Research dalam Bisnis Anda

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Market research atau bisa juga disebut riset pemasaran adalah proses mengidentifikasi atau menganalisis data dalam pasar agar aktivitas pemasaran dapat lebih efektif.

Proses market research dapat dilakukan dengan cara melakukan survei, wawancara, dan sebagainya. Karena itu market research menjadi salah satu alasan penting dalam bisnis.

Berikut 4 alasan pentingnya melakukan research market dalam berbisnis:

1. Evaluasi Bisnis

Market research bisa membantu Anda untuk mengevaluasi produk ataupun teknik pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya dari produk kompetitor. 

Hal ini bisa membantu Anda untuk menghemat waktu dan tenaga dalam membuat penawaran yang paling efektif dan menguntungkan dalam bisnis Anda.

2. Memahami Pelanggan

Dengan melakukan market research, Anda dapat lebih memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi atau masukan dalam bisnis Anda. 

Market research yang biasanya dilakukan adalah perilaku konsumen serta keluhan dan harapan konsumen terhadap produk Anda.

3. Identifikasi Strategi Kompetitor

Anda juga bisa mengidentifikasi strategi yang digunakan kompetitor dalam melakukan penjualan. Kemudian, Anda bisa menyusun strategi yang lebih baik sehingga potensi untuk lebih unggul dari kompetitor semakin besar.

4. Mengatasi Kendala dan Resiko

Dalam berbisnis memang biasanya dihadapi dengan berbagai kendala dan harus siap menerima resiko. 

Namun, dengan melakukan market research Anda bisa mempersiapkan dan memperhitungkan kendala dan resiko yang mungkin akan dihadapi.

Jadilah bermanfaat Sallam bahagia sukses dunia akhirat aamiin.

0 Response to "4 Alasan Pentingnya Market Research dalam Bisnis Anda"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak