Amaliah-amaliah Bulan Muharram

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah hingga hari akhir.

Dengan kehadiran bulan Muharram oleh masyarakat muslim disambut dengan rasa syukur dan nikmat guna meningkatkan ketakwaan dengan memperbanyak ritual-ritual ibadah seperti puasa hari Asyura, memperbanyak dzikir serta doa dan sebagainya.

Selain itu, bulan Muharram merupakan bulan yang mulia yang termasuk dalam empat bulan yang diterangkan dalam Al Quran surat at Taubah ayat 36 :

ุฅِู†َّ ุนِุฏَّุฉَ ุงู„ุดُّู‡ُูˆุฑِ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงุซْู†َุง ุนَุดَุฑَ ุดَู‡ْุฑًุง ูِูŠ ูƒِุชَุงุจِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูŠَูˆْู…َ ุฎَู„َู‚َ ุงู„ุณَّู…َุงูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ْุฃَุฑْุถَ ู…ِู†ْู‡َุง ุฃَุฑْุจَุนَุฉٌ ุญُุฑُู…ٌ ุฐَู„ِูƒَ ุงู„ุฏِّูŠู†ُ ุงู„ْู‚َูŠِّู…ُ ูَู„َุง ุชَุธْู„ِู…ُูˆุง ูِูŠู‡ِู†َّ ุฃَู†ْูُุณَูƒُู…ْ ูˆَู‚َุงุชِู„ُูˆุง ุงู„ْู…ُุดْุฑِูƒِูŠู†َ ูƒَุงูَّุฉً ูƒَู…َุง ูŠُู‚َุงุชِู„ُูˆู†َูƒُู…ْ ูƒَุงูَّุฉً ูˆَุงุนْู„َู…ُูˆุง ุฃَู†َّ ุงู„ู„َّู‡َ ู…َุนَ ุงู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠู†َ 

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antara empat bulan haram (bulan Dzulqo’idah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya dirimu dalam empat bulan mulia itu dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kalian semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa.” (At-taubah: 9:36)

Selain itu, diterangkan juga dalam hadis dari sahabat Abi Bakrah mengenai keutamaan bulan Muharram, sebagai berikut:

ุนَู†ْ ุฃَุจِู‰ ุจَูƒْุฑَุฉَ ุนَู†ِ ุงู„ู†َّุจِู‰ِّ  ู‚َุงู„َ «ุงู„ุฒَّู…َุงู†ُ ู‚َุฏِ ุงุณْุชَุฏَุงุฑَ ูƒَู‡َูŠْุฆَุชِู‡ِ ูŠَูˆْู…َ ุฎَู„َู‚َ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„ุณَّู…َูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ุฃَุฑْุถَ ุงู„ุณَّู†َุฉُ ุงุซْู†َุง ุนَุดَุฑَ ุดَู‡ْุฑًุง ู…ِู†ْู‡َุง ุฃَุฑْุจَุนَุฉٌ ุญُุฑُู…ٌ ุซَู„ุงَุซٌ ู…ُุชَูˆَุงู„ِูŠَุงุชٌ ุฐُูˆ ุงู„ْู‚َุนْุฏَุฉِ ูˆَุฐُูˆ ุงู„ْุญِุฌَّุฉِ ูˆَุงู„ْู…ُุญَุฑَّู…ُ ูˆَุฑَุฌَุจُ ู…ُุถَุฑَ ุงู„َّุฐِู‰ ุจَูŠْู†َ ุฌُู…َุงุฏَู‰ ูˆَุดَุนْุจَุงู†َ.

Artinya: Dari Abi Bakrah dari Rasulullah, bersabda: “Sesungguhnya masa berputar seperti hari saat Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun adalah 12 bulan, di antaranya ada empat bulan yang mulia. Yang tiga secara beriringan, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram, dan Rajab yang terletak antara Jumada dan Sya’ban.” (HR al-Bukhari 5550 dan Muslim 4477).

Berikut Amaliah-amaliah Bulan Muharram

1. Berpuasa tanggal 1 Muharram

Disunahkan berpuasa tanggal 1 Muharram sebagaimana yang dianjurkan oleh baginda Rasulullah dalam hadisnya. Demikian pula pada hari-hari setelahnya. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut:

ุฑُูˆِูŠَ ุนَู†ْ ุญَูْุตَุฉَ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡َุง ุนَู†ِ ุงู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฃَู†َّู‡ُ ู‚َุงู„َ : ู…َู†ْ ุตَุงู…َ ุขุฎِุฑَูŠَูˆْู…ٍ ู…ِู†ْ ุฐِูŠْ ุงู„ْุญِุฌَّุฉِ ูˆَุฃَูˆَّู„ِ ูŠَูˆْู…ٍ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُุญَุฑَّู…ِ ุฌَุนَู„َู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ ุชَุนَุงู„َู‰ ู„َู‡ُ ูƒَูَّุงุฑَุฉَ ุฎَู…ْุณِูŠْู†َ ุณَู†َุฉً. ูˆَุตَูˆْู…ُ ูŠَูˆْู…ٍ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُุญَุฑَّู…ِ ุจِุตَูˆْู…ِ ุซَู„َุงุซِูŠْู†َ ูŠَูˆْู…ًุง

Artinya: Diceritakan dari Sayyidah Hafshoh r.a. dari Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassallam bahwasanya Beliau bersabda, “Barangsiapa berpuasa pada hari terakhir dari bulan Dzulhijjah dan hari pertama dari bulan Muharram, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala  menjadikan (puasa)nya itu sebagai pelebur (dosa) selama 50 tahun. Dan puasa sehari di bulan Muharram sama dengan puasa 30 hari di bulan selainnya.”

 ู‚َุงู„َ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ : ุฃَูْุถَู„ُ ุงู„ุตِّูŠَุงู…ِ ุจَุนْุฏَ ุดَู‡ْุฑِ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุดَู‡ْุฑُ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ْู…ُุญَุฑَّู…ِ

Artinya: Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassallam  bersabda, “Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadan adalah puasa di bulan Muharram.”

 ู‚َุงู„َ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ : ุตَูˆْู…ُ ูŠَูˆْู…ٍ ู…ِู†ْ ุดَู‡ْุฑِ ุญَุฑَุงู…ٍ ุฃَูْุถَู„ُ ู…ِู†ْ ุซَู„َุงุซِูŠْู†َ ู…ِู†ْ ุบَูŠْุฑِู‡ِ ูˆَุตَูˆْู…ُ ูŠَูˆْู…ٍ ู…ِู†ْ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุฃَูْุถَู„ُ ู…ِู†ْ ุซَู„َุงุซِูŠْู†َ ู…ِู†ْ ุดَู‡ْุฑِ ุญَุฑَุงู…ٍ.

Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassallam bersabda, “Puasa satu hari di Bulan Muharram itu lebih utama daripada puasa 30 hari di bulan lainnya, dan puasa satu hari di Bulan Ramadan itu lebih utama daripada puasa 30 hari di Bulan Muharram.”

2. Membaca doa akhir tahun

Pembacaan doa akhir tahun ini hendaknya dibaca sebanyak tiga kali pada akhir waktu Ashar tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah (lebih jelasnya untuk melihat kalender guna mengetahui akhir bulan Dzulhijjah). 

Pembacaan ini dimulai dengan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali kemudian dilanjutkan dengan doa di bawah ini:

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุงَู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ. ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ู…َุง ุนَู…ِู„ْุชُ ู…ِู†ْ ุนَู…َู„ٍ ูِู‰ ุงู„ุณَّู†َุฉِ ุงู„ْู…َุงุถِูŠَุฉِ ูˆَู„َู…ْ ุชَุฑْุถَู‡ُ, ูˆَู†َุณِูŠْุชُู‡ُ ูˆَู„َู…ْ ุชَู†ْุณَู‡ُ , ูˆَุญَู„ُู…ْุชَ ุนَู†َูŠَّ ู…َุนَ ู‚ُุฏْุฑَุชِูƒَ ุนَู„َู‰ ุนُู‚ُูˆْุจَุชِูŠْ, ูˆَุฏَุนْูˆَุชَู†ِูŠْ ุงِู„َู‰ ุชَูˆْุจَุฉٍ ุจَุนْุฏَ ุฌَุฑَุงุฆَุชِูŠْ ุนَู„َูŠْูƒَ. ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠْ ุฃَุณْุชَุบْูِุฑُูƒَ ู…ِู†ْู‡ُ ูَุงุบْูِุฑْู„ِูŠْ . ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ูˆَู…َุง ุนَู…ِู„ْุชُ ู…ِู†ْ ุนَู…َู„ٍ ุชَุฑْุถَุงู‡ُ ูˆَูˆَุนَุฏْุชَู†ِูŠْ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ุซَّูˆَุงุจَ ูˆَุงู„ْุบُูْุฑَุงู†َ ูَุชَู‚َุจَّู„ْู‡ُ ู…ِู†ِّูŠْ, ูˆَู„َุง ุชَู‚ْุทَุนْ ุฑَุฌَุงุฆِูŠْ. ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†ุงَ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุงَู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…

Lafal Latin:
Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa 'amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani 'anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta 'alayya ba'da qudratika 'alaa uquubati wa da'autani ilattaubati minhu ba'da jur'ati alaa ma'siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa 'amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa'adtani 'alaihits-tsawaaba fas'alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha' rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihii wa sahbihii wa sallam.

Artinya:
Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-Mu, maka sungguh aku mohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-Mu ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.Sebagaimana hadis yang telah disebutkan di atas, bahwa pada hari terakhir dari bulan Dzulhijjah (hari akhir tahun) disunahkan untuk berpuasa agar seseorang mengakhiri tahunnya dengan ibadah puasa. Dalam suatu hadis disebutkan, “Barang siapa berpuasa pada hari terakhir dari bulan Dzulhijjah dan hari pertama dari bulan Muharram, maka Allah Subanahu Wa Ta'ala menjadikan (puasa)nya itu sebagai pelebur dosa selama 50 tahun.”

3. Membaca doa awal tahun

Pembacaan doa awal tahun ini hendaknya dibaca setelah melaksanakan shalat Maghrib (saat itulah tanggal 1 Muharram telah tiba) sebanyak tiga kali, yang dimulai dengan membaca surat Yasin dan kemudian dilanjutkan dengan doa di bawah ini:

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…, ุงู„ْุญَู…ْุฏُ ู„ِู„ู‡ِ ุฑَุจِّ ุงْู„ุนู„َู…ِูŠْู†َ, ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…ِّุฏٍ ุตَู„ุงَุฉً ุชَู…ْู„َุฃُ ุฎَุฒَุงุฆِู†َ ุงู„ู„ู‡ِ ู†ُูˆْุฑًุง, ูˆَุชَูƒُูˆْู†ُ ู„َู†َุง ูˆَู„ِู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ูَุฑَุฌًุง ูˆَูَุฑَุญًุง ูˆَุณُุฑُูˆْุฑًุง, ูˆَุนَู„َู‰ ุงู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุชَุณْู„ِูŠْู…ًุง ูƒَุซِูŠْุฑًุง. ุงู„ู„ّู‡ُู…َّ ุงَู†ْุชَ ุงْู„ุฃَุจَุฏِูŠُّ ุงْู„ู‚َุฏِูŠْู…ُ ุงْู„َุฃَูˆَู„ُ, ูˆَุนَู„َู‰ ูَุถْู„ِูƒَ ุงْู„ุนَุธِูŠْู…ِ ูˆَูƒَุฑِูŠْู…ِ ุฌُูˆْุฏِูƒَ ุงْู„ุนَู…ِูŠْู…ِ ุงْู„ู…ُุนَูˆَّู„ُ. ูˆَู‡َุฐَุง ุนَุงู…ٌ ุฌَุฏِูŠْุฏٌ ู‚َุฏْ ุฃَู‚ْุจَู„َ, ู†َุณْุฃَู„ُูƒَ ุงْู„ุนِุตْู…َุฉَ ูِูŠْู‡ِ ู…ِู†َ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ِ ูˆَุฃَูˆْู„ِูŠَุงุฆِู‡ِ, ูˆَุงْู„ุนَูˆْู†َ ุนَู„ู‰ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ู†َّูْุณِ ุงْู„ุฃَู…َّุงุฑَุฉِ ุจِุงู„ุณُّูˆْุกِ, ูˆَุงู„ุฅِุดْุชِุบَุงู„َ ุจِู…َุง ูŠُู‚َุฑِّุจُู†َุง ุฅِู„َูŠْูƒَ ุฒُู„ْูَู‰, ูŠَุง ุฐَุง ุงْู„ุฌَู„َุงู„ِ ูˆَุงْู„ุฅِูƒْุฑَุงู…ِ. x ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„ู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„ู‰ ุงَู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…

4. Membaca dzikir dan doa Asyuro (10 Muharram)

Pada hari Asyuro’ dianjurkan untuk membaca ุญَุณْุจُู†َุง ุงู„ู„ู‡ُ ูˆَู†ِุนْู…َ ุงู„ْูˆَูƒِูŠْู„ُ, ู†ِุนْู…َ ุงู„ْู…َูˆْู„َู‰ ูˆَู†ِุนْู…َ ุงู„ู†َّุตِูŠْุฑ  sebanyak 70 kali pada waktu setelah Maghrib. Setelah itu membaca doa di bawah ini sebanyak tujuh kali.

ุฏُุนَุงุกُ ุนَุงุดُุฑَุงุกَ
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…. ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ. ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ู„ู‡ِ ู…ِู„ْุกَ ุงู„ْู…ِูŠْุฒَุงู†ِ ูˆَู…ُู†ْุชَู‡َู‰ ุงู„ْุนِู„ْู…ِ ูˆَู…َุจْู„َุบَ ุงู„ุฑِّุถَุง ูˆَุฒِู†َุฉَ ุงู„ْุนَุฑْุดِ, ู„َุง ู…َู„ْุฌَุฃَ ูˆَู„َุง ู…َู†ْุฌَุง ู…ِู†َ ุงู„ู„ู‡ِ ุฅِู„َّุงَ ุฅِู„َูŠْู‡ِ, ุณُุจْุญَุงู†َ ุงู„ู„ู‡ِ ุนَุฏَุฏَ ุงู„ุดَّูْุนِ ูˆَุงู„ْูˆَุชْุฑِ ูˆَุนَุฏَุฏَ ูƒَู„ِู…َุงุชِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุชَุขู…َّุงุชِ ูƒُู„ِّู‡َุง, ู†َุณْุฃَู„ُูƒَ ุงู„ุณَّู„َุง ู…َุฉَ ูƒُู„َّู‡َุง ุจِุฑَุญْู…َุชِูƒَ ูŠَุข ุฃَุฑْุญَู…َ ุงู„ุฑَّุงุญِู…ِูŠْู†َ, ูˆَู„َุง ุญَูˆْู„َ ูˆَู„َุง ู‚ُูˆَّุฉَ ุฅِู„ّุงَ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ْุนَู„ِูŠِّ ุงู„ْุนَุธِูŠْู…ِ. ูˆَู‡ُูˆَ ุญَุณْุจُู†َุง ูˆَู†ِุนْู…َ ุงู„ْูˆَูƒِูŠْู„ُ, ู†ِุนู…َ ุงู„ْู…َูˆْู„َู‰ ูˆَู†ِุนْู…َ ุงู„ู†َّุตِูŠْุฑُ. ูˆَุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َู‰ ู†َุจِูŠِّู†َุง ุฎَูŠْุฑِ ุฎَู„ْู‚ِู‡ِ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ.

Selain itu, pada hari Asyuro’ juga dianjurkan untuk melaksanakan puasa. Anjuran ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Imam Turmudzi dari jalur Abi Qatadah dari Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassallam bersabda:

ุญุฏุซู†ุง ู‚ุชูŠุจุฉ ูˆ ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุถุจูŠ ู‚ุงู„ุง ุญุฏุซู†ุง ุญู…ุงุฏ ุจู† ุฒูŠุฏ ุนู† ุบูŠู„ุงู† ุจู† ุฌุฑูŠุฑ ุนู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ู…ุนุจุฏ ุนู† ุฃุจูŠ ู‚ุชุงุฏุฉ : ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… ู‚ุงู„ ุตูŠุงู… ูŠูˆู… ุนุงุดูˆุฑุงุก ุฅู†ูŠ ุฃุญุชุณุจ ุนู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠูƒูุฑ ุงู„ุณู†ุฉ ุงู„ุชูŠ ู‚ุจู„ู‡

Bahwa hadis di atas menunjukkan bahwa Nabi SAW bersabda mengenai keutamaan puasa hari Asyuro’ (10 Muharram) yaitu mengahapus dosa satu tahun yang sebelumnya.

Di samping melakukan puasa Asyura ini juga dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 9 Muharram (hari Tasu’a). Anjuran ini dengan alasan agar tidak menyerupai puasa kaum Yahudi, seperti diceritakan dari sahabat Ibnu Abbas, beliau berkata,

“Ketika Rasulullah datang ke Madinah, beliau melihat orang Yahudi yang sedang berpuasa pada hari ‘Asyuro. Kemudian Rasulullah SAW bertanya kepadanya, ‘Hari apa ini?’ Mereka pun menjawab, ‘Hari ini adalah hari yang baik. Hari di mana Allah SWT menyelamatkan kaum Bani Israil dari musuhnya, kemudian Nabi Musa berpuasa pada hari itu.’ Rasulullah menanggapi seraya berkata, ‘Aku lebih berhak daripada kalian.'”

Kemudian Rasulullah berpuasa pada hari itu–dalam suatu riwayat karena mengagungkan Nabi Musa-dan memerintahkan para sahabat agar berpuasa.

Tibanya pergantian tahun Hijriyah dari 1441  ke 1442 menjadi sebuah monumen dan bukti sejarah bahwa hampir satu setengah milenium Islam masih berjaya dan cahaya Islam yang terang telah membawa rahmat dan ketentraman bagi semesta alam, lebih-lebih bagi kita sebagai umat muslim.

Dengan momen pergantian tahun ini menjadi sebuah momen introspeksi diri, bukan hanya waktu yang telah berlalu dan tidak berbekas apapun. Pada pergantian tahun juga menjadi waktu yang tepat untuk memohon ampun atas kesalahan-kesalahan kita yang telah lewat di tahun lalu, untuk kemudian minta perlindungan kepada-Nya agar terhindar dari godaan-godaan setan. Wallahu ‘alam.

0 Response to " Amaliah-amaliah Bulan Muharram"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak