Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah.

Doa sebelum makan dan sesudah makan atau minum sering kali di ajarkan oleh para orang tua kepada anaknya yang masih kecil, tepatnya masih usia dini. 

Kita juga pasti pernah mengalaminya, diajari membaca doa sebelum dan sesudah makan oleh kedua orang tuanya, atau sebagai orang tua yang mengajarkan anaknya untuk membaca doa tersebut.

Maka sudah tidak heran lagi anak pada usia dini sudah bisa menghafal doa sebelum makan dan sesudah makan, walau pun dengan  bahasa yang terbata-bata atau terpotong-potong karena anak pada usia dini masih belum lancar berbicara, tapi sebagai orang tua harus bangga akan hal ini. 

Kita sebagai orang dewasa juga jangan sampai lupa akan doa tersebut dan membacanya pada saat hendak makan atau sesudah makan atau minum.

Doa sebelum dan sesudah makan atau minum juga merupakan doa sehari hari yang harus kita ajarkan kepada anak dari usia dini seperti halnya doa sebelum tidur, atau doa-doa lainnya.

Berikut ini adalah lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah makan atau minum beserta latin dan terjemahannya.

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka"

Bacaan doa diatas dibaca ketika kita hendak makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wata'ala yang telah memberikan rezeki sehingga kita bisa makan dan juga supaya setan tidak mengganggu kita saat sedang makan. 

Saat selesai makan kita juga dianjurkan untuk membaca doa, berikut ini adalah bacaan doa sesudah makan beserta artinya.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum, Serta menjadikan kami termasuk golongan orang-orang muslim"

Doa di atas di baca ketika kita selesai makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wata'ala yang telah memberi kita makan dan minum dan juga menjadikan kita sebagai orang muslim.

Doa Setelah Minum

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzi ja'alahuu 'adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj'alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami"

Doa diatas adalah  doa ketika kita selesai minum, sebagai rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wata'ala yang telah memberi kita nikmat berupa minuman yang segar yang telah menghilangkan rasa dahaga atau haus.

Ketika kita lupa membaca doa pada saat makan, karena sudah sangat lapar kemudian pada saat makan kita teringat bahwa belum membaca doa, di bawah ini adalah doa ketika kita makan tapi lupa membaca doa.

Doa Ketika Makan Lupa Membaca Doa 

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya"

Bacaan doa ketika lupa membaca doa hendak makan ini menurut sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam yang berbunyi:

فَإِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنْ نَسِيَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ فِي أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan "Bismillah". Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan "Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi"(dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).(HR. Ahmad, al Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Demikian bacaan sebelum makan dan setelah makan dan minum serta bacaan ketika lupa berdoa pada saat makan. 

Alangkah baiknya jika kita pada saat akan melakukan sesuatu sebaiknya membaca doa walaupun hanya membaca basmalah karena tidak tahu doa apa yang harus di baca. Semoga doa diatas bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya

0 Response to " Doa Sebelum Makan Dan Sesudah Makan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak