Doa Masuk Masjid Dan Keluar Masjid

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah hingga akhir kiamat.

Sebagai umat islam kita dianjurkan untuk berdoa ketika hendak melaksanakan sesuatu aktifitas apapun, dan pada saat hendak masuk ke dalam masjid ataupun keluar masjid. 

Karena masjid merupakan tempat beribadah umat terutama untuk melaksanakan ibadah sholat, masjid juga merupakan rumah Allah Subanahu Wa Ta'ala. Masjid juga tidak hanya dipakai untuk sholat saja namun bisa juga digunakan untuk kegiatan keagamaan lainnya.

Maka dari itu ketika kita hendak masuk kedalam masjid dan keluar dari masjid, dianjurkan untuk berdoa. Tidak hanya masjid kita juga bisa membaca doa ini pada saat masuk ke mushola, langgar atau surau karena merupakan tempat ibadah juga, tapi tidak bisa untuk melaksanakan sholat Jum'at.

Berikut ini dibawah ini lafadz atau bacaan doa pada saat hendak masuk masjid dan keluar masjid lengkap beserta latin dan terjemahannya yang bisa Anda hafalkan.

Bacaan Doa Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allohummaf tahlii abwaaba rohmatik

Artinya: "Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu"

Doa diatas dibaca pada saat masuk ke masjid disarankan mendahulukan kaki kanan, kemudian ketika hendak keluar dari masjid dengan membaca doa di bawah ini.

 Bacaan Doa Keluar Masjid

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allohumma innii asaluka min fadlik

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu"

Seperti halnya dengan Doa masuk masjid doa keluar masjid pun disarankan untuk mendahulukan kaki kiri. berikut ini adalah hadist tentang anjuran membaca doa pada saat masuk dan keluar masjid sebagaimana terdapat dalam hadits Abu Sa’id radhiyallahu 'anhu:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya: "Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, 'Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik' (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: 'Allahumma inni as-aluka min fadhlik' (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)" (HR. Muslim 713)

Demikian bacaan doa masuk masjid dan keluar dari masjid beserta latin dan terjemahnya, alangkah baiknya jika doa tersebut dihafalkan dan membacanya pada saat masuk masjid dan keluar dari masjid, semoga doa tersebut  bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih atas kunjungannya.

0 Response to " Doa Masuk Masjid Dan Keluar Masjid "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak