Ujian Tidak Pernah Melampaui Batas Kemampuan Hamban-Nya

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Agar Ujian Terasa Ringan

 ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู… 

 Tazkiyatun Nafs

ู„ูŠุฎูู ุงู„ู… ุงู„ุจู„ุงุก ุนู†ูƒ ุนู„ู…ูƒ ุจุงู†ู‡ ู‡ูˆ ุงู„ู…ุจู„ูŠ ู„ูƒ ูุงู„ุฐูŠ ูˆุงุฌู‡ุชูƒ ู…ู†ู‡ ุงู„ู„ุงู‚ุฏุงุฑ ู‡ูˆ ุงู„ุฐูŠ ุนูˆุฏูƒ ุญุณู† ุงู„ุงุฎุชูŠุงุฑ

"Agar ujian terasa ringan, engkau harus mengetahui bahwa Allah-lah yang memberi ujian. Dzat yang menetapkan takdir atasmu adalah Dzat yang selalu memberimu pilihan terbaik". 

Syekh Ibnu Atha'illah, Al-Hikam

Penjelasan:

Jangan bersedih jika ujian datang karena hal tersebut datang dari Yang Maha Pengasih dan Penyayang, bahkan Dia lebih sayang dari ibu yang mengandung, melahirkan dan menyusuimu. Allah berfirman, “Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman". (QS Al-Ahzab: 43).

Suatu ketika Rasululullah shallallahu 'alaihi wasallam melihat seorang perempuan bersama anaknya, beliau bersabda, “Apakah menurutmu perempuan ini akan tega melempar anaknya ke dalam api?", 

Rasululullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda, “Allah menyayangi hamba-Nya yang mukmin melebihi sayangnya wanita ini kepada anaknya". (HR. Bukhari).

Jangan lemah jika ujian datang sebab Allah memberikan ujian sesuai dengan kemampuan kita , karenanya tidak ada ujian yang melampaui batas, yang ada adalah kita yang tidak belajar untuk menghadapinya 

Allah berfirman,

 “ ู„َุง ูŠُูƒَู„ِّูُ ูฑู„ู„َّู‡ُ ู†َูْุณًุง ุฅِู„َّุง ูˆُุณْุนَู‡َุง

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya". (QS. Al Baqoroh: 286).

Jangan bersedih jika engkau diuji, karena Allah mengujimu bukan untuk menghancurkanmu, tetapi untuk mendidikmu.

Luqman berkata kepada anaknya:

ูŠุง ุจู†ูŠ ุงู„ุฐู‡ุจ ูˆุงู„ูุถุฉ ูŠุฎุชุจุฑุงู† ุจุงู„ู†ุงุฑ ูˆุงู„ู…ุคู…ู† ูŠุฎุชุจุฑ ุจุงู„ุจู„ุงุก

“Wahai anakku, ketahuilah bahwa emas dan perak diuji keampuhannya dengan api sedangkan seorang mukmin diuji dengan ditimpakan musibah.”

Jangan sedih jika ujian datang karena itu tanda hadirnya iman dalam hatimu, Allah berfirman:

 ุญَุณِุจَ ุงู„ู†َّุงุณُ ุฃَู†ْ ูŠُุชْุฑَูƒُูˆุง ุฃَู†ْ ูŠَู‚ُูˆู„ُูˆุง ุขู…َู†َّุง ูˆَู‡ُู…ْ ู„َุง ูŠُูْุชَู†ُูˆู†َ

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: : 'Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?'" (QS. Al-Ankabut : 2)


Syaikh Aid Al Qorni berkata:

"Jangan bersedih sebab bila anda bersedih gara-gara satu musibah, maka satu musibah itu akan menjelma menjadi banyak

Jangan bersedih sebab kesedihan hanya akan membuat air yang segar terasa pahit, taman yang rimbun menjadi gurun pasir yang gersang dan kehidupan dunia menjadi penjara yang pengap.

Jangan bersedih karena anda masih memiliki dua mata, dua telinga, dua bibir, dua tangan dan dua kaki, lidah dan hati. Anda masih memiliki kedamaian dan keamanan dan kesehatan.

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. Arrahman: 13)

Jangan bersedih karena anda masih memilki agama yang anda yakini, rumah yang anda diami, nasi yang anda makan, air yang anda minum, pakaian yang anda pakai dan istri tempat anda berbagi rasa. Mengapa harus bersedih?

 ุงَู„ู„ู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ 

0 Response to "Ujian Tidak Pernah Melampaui Batas Kemampuan Hamban-Nya"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak