Doa Di Saat Sulit

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Doa Di Saat Sulit

 ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู… 

Tazkiyatun Nafs                  

Dari Ibnu Abbas Rasululullah saw bersabda:

ุฅุฐุง ู†ุฒู„ ุจูƒู… ูƒุฑุจ ، ุฃูˆ ุฌู‡ุฏ ، ุฃูˆ ุจู„ุงุก ูู‚ูˆู„ูˆุง : ุงู„ู„ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุฑุจู†ุง ู„ุง ุดุฑูŠูƒ ู„ู‡

"Apabila malapetaka, atau kepayahan, atau cobaan menimpa kalian, maka ucapkanlah 'Allah Robbuna Laa Syarikalahu' (Allah Tuhan Kami tiada sekutu bagiNya)." (HR. Thabrani)

Penjelasan:

1. Menyebut nama Allah dan menyatakan tidak menyekutuinya akan menghilangkan kesulitan di dalam hidup, karena hanya dengan menyebut nama-Nya hati menjadi tenang. 

2. Allah sangat menyukai ketika hamba-Nya tidak menyekutukan-Nya, maka dengan demikian Allah menurunkan bantuan-Nya. 

3. Di antara bentuk doa lain saat kesulitan adalah:

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ู„ุงَ ุณَู‡ْู„َ ุฅِู„ุงَّ ู…َุง ุฌَุนَู„ْุชَู‡ُ ุณَู‡ْู„ุงً ูˆَุฃَู†ْุชَ ุชَุฌْุนَู„ُ ุงู„ุญَุฒْู†َ ุฅِุฐَุง ุดِุฆْุชَ ุณَู‡ْู„ุงً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa” [artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah]. (HR. Ibnu Hibban)

4. Kemudahan itu datangnya hanya dari Allah, maka sesulit apapun masalah tersebut akan menjadi mudah dengan izin Allah 

5. Di bawah ini juga doa yang dianjurkan saat kesulitan:

 ูˆَุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُู…َุง : ุฃَู†َّ ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡ِ – ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ – ูƒَุงู†َ ูŠَู‚ُูˆْู„ُ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ูƒَุฑْุจِ : (( ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ُ ุงู„ุนَุธِูŠู…ُ ุงู„ุญَู„ูŠู…ُ ، ู„ุงَ ุฅِู„ู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ُ ุฑَุจُّ ุงู„ุนَุฑْุดِ ุงู„ุนَุธِูŠْู…ِ ، ู„ุงَ ุฅู„ู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ُ ุฑَุจُّ ุงู„ุณَّู…َุงูˆَุงุชِ، ูˆَุฑَุจُّ ุงู„ุฃَุฑْุถِ، ูˆَุฑَุจُّ ุงู„ุนَุฑْุดِ ุงู„ูƒَุฑِูŠู…ِ )) ู…ُุชَّูَู‚ٌ ุนَู„َูŠْู‡ِ 

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengalami kesulitan, beliau mengucapkan:

LAA ILAAHA ILLALLOH AL-‘AZHIIM AL-HALIIM, LAA ILAAHA ILLALLOH ROBBUL ‘ARSYIL ‘AZHIIM. LAA ILAAHA ILLALLOH, ROBBUS SAMAAWAATI WA ROBBUL ARDHI WA ROBBUL ‘ARSYIL KARIIM.

Artinya: Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah, Rabb yang menguasai ‘arsy, yang Maha Agung. Tiada ilah(sesembahan) yang berhak disembah selain Allah – (Dia) Rabb yang menguasai langit, (Dia) Rabb yang menguasai bumi, dan (Dia) Rabb yang menguasai ‘arsy, lagi Mahamulia]. [HR. Bukhari, no. 6346 dan Muslim, no. 2730]

"Apabila malapetaka, atau kepayahan, atau cobaan menimpa kalian, maka ucapkanlah 'Allah Robbuna Laa Syarikalahu' (Allah Tuhan Kami tiada sekutu bagiNya)." (HR. Baihaqi).

Semoga bermanfaat Sallam bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

 ุงَู„ู„ู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ 

0 Response to "Doa Di Saat Sulit"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak