Manusia Ibarat Tamu

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Tamu dan Titipan

ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู… 

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu mengatakan:

ู…َุง ุฃَุญَุฏٌ ุฃَุตْุจَุญَ ูِูŠ ุงู„ุฏّู†ْูŠَุง ุฅِู„َّุง ูˆَู‡ُูˆَ ุถَูŠْูٌ، ูˆَ ู…َุงู„ُู‡ُ ุนَุงุฑِูŠَุฉٌ. ูَุงู„ุถَّูŠْูُ ู…ُุฑْุชَุญِู„ٌ ูˆَ ุงู„ْุนَุงุฑِูŠَุฉُ ู…َุฑْุฏُูˆْุฏَุฉٌ

“Semua orang di dunia ini adalah ‘tamu’, sedangkan harta seluruhnya adalah titipan. Semua tamu pasti pergi, sedangkan barang titipan itu harus dikembalikan kepada pemilik.” (Az-Zuhd karya Imam Ahmad no. 906)

Faedah:

1️⃣. Demikianlah hidup di dunia. Manusia yang hidup di dunia hakikatnya adalah tamu. Dan semestinya tamu itu memikirkan rumahnya yang sesungguhnya, yaitu akhirat.

2️⃣. Hakikat harta adalah titipan yang sewaktu-waktu bisa diminta oleh pemilik-Nya tanpa ada pemberitahuan dahulu. Dengan menyadari hal ini, kita akan mudah bersabar ketika menghadapi musibah berupa kehilangan harta.

3️⃣. Hendaknya orientasi seorang muslim di dunia adalah akhirat.

4️⃣. Semua kita akan ‘mudik’ ke akhirat. Pastikan kita tidak salah pulang kampung. Kampung asli kita adalah surga Allah.

5️⃣. Tentu saja manusia tidak boleh marah-marah ketika pemilik mengambil harta titipan. Demikian pula sikap yang seharusnya manusia miliki ketika Allah mengambil barang titipan-Nya dengan musibah yang menimpa hartanya.

Semoga bermanfaat Sallam bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Manusia Ibarat Tamu"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak