Wanita Muslimah Semakin Tersembunyi Semakin Baik

 ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…

Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

WANITA MUSLIMAH SEMAKIN TERSEMBUNYI SEMAKIN BAIK

Wanita Muslimah itu, semakin ia tersembunyi dari pandangan lelaki itu semakin baik dan semakin terhormat. Semakin terlihat, semakin kurang baik. Inilah yang diyakini oleh para shahabiyat diantaranya Fathimah radhiallahu’aha, dan disetujui oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. 

Dalam sebuah hadits disebutkan,

ุฃَู†َّ ุนَู„ِูŠًّุง ، ู‚َุงู„َ : ุณَุฃَู„َู†ِูŠ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุนَู†ْ ุดَูŠْุกٍ ู‚َุงู„َ : ” ุฃَูŠُّ ุดَูŠْุกٍ ุฎَูŠْุฑٌ ู„ِู„ู†ِّุณَุงุกِ ؟ ” ูَู„َู…ْ ุฃَุฏْุฑِ ู…َุง ุฃَู‚ُูˆู„ُ ، ูَุฐَูƒَุฑْุชُ ุฐَู„ِูƒَ ู„ِูَุงุทِู…َุฉَ ، ูَู‚َุงู„َุชْ : ุฃَู„ุง ู‚ُู„ْุชَ ู„َู‡ُ : ุฎَูŠْุฑٌ ู„ِู„ู†ِّุณَุงุกِ ุฃَู†ْ ู„ุง ูŠَุฑَูŠْู†َ ุงู„ุฑِّุฌَุงู„َ ูˆَู„ุง ูŠَุฑَูˆْู†َู‡ُู†َّ ، ู‚َุงู„َ : ูَุฐَูƒَุฑْุชُ ู‚َูˆْู„َ ูَุงุทِู…َุฉَ ู„ِู„ู†َّุจِูŠِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَู‚َุงู„َ : ” ุฅِู†َّู‡َุง ุจِุถْุนَุฉٌ ู…ِู†ِّูŠ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡َุง “

“Ali bin Abi Thalib berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ‘apa yang paling baik bagi wanita?’. Lalu Ali tidak tahu harus menjawab apa. Ia pun menceritakannya kepada Fathimah. Fathimah pun berkata: ‘katakanlah kepada beliau, yang paling baik bagi wanita adalah mereka tidak melihat para lelaki dan para lelaki tidak melihat mereka‘. Maka aku (Ali) sampaikan hal tersebut kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Lalu beliau bersabda: ‘sungguh Fathimah adalah bagian dari diriku, semoga Allah meridhainya‘”

(HR. Ibnu Abid Dunya dalam Al ‘Iyal no. 409, semua perawinya tsiqah).

Wanita yang Tidak Meng-upload Fotonya, menutup dirinya, berusaha tidak dilihat oleh lelaki itu lebih baik dari pada wanita yang mengumbar-umbar foto dirinya sehingga bisa dipandang dengan bebas oleh para lelaki.

Wanita Shalihah Itu Pemalu

Wanita yang meng-upload fotonya ke internet sehingga bisa dilihat oleh semua orang, nampak sekali sangat tipis rasa malunya. 

Coba bandingkan dengan dua wanita shalihah yang diabadikan kisahnya dalam Al Qur’an berikut ini:

ูˆَู„َู…َّุง ูˆَุฑَุฏَ ู…َุงุกَ ู…َุฏْูŠَู†َ ูˆَุฌَุฏَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุฃُู…َّุฉً ู…ِู†َ ุงู„ู†َّุงุณِ ูŠَุณْู‚ُูˆู†َ ูˆَูˆَุฌَุฏَ ู…ِู†ْ ุฏُูˆู†ِู‡ِู…ُ ุงู…ْุฑَุฃุชَูŠْู†ِ ุชَุฐُูˆุฏَุงู†ِ ู‚َุงู„َ ู…َุง ุฎَุทْุจُูƒُู…َุง ู‚َุงู„َุชَุง ู„َุง ู†َุณْู‚ِูŠ ุญَุชَّู‰ ูŠُุตْุฏِุฑَ ุงู„ุฑِّุนَุงุกُ ูˆَุฃَุจُูˆู†َุง ุดَูŠْุฎٌ ูƒَุจِูŠุฑٌ ูَุณَู‚َู‰ ู„َู‡ُู…َุง ุซُู…َّ ุชَูˆَู„َّู‰ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุธِّู„ِّ ูَู‚َุงู„َ ุฑَุจِّ ุฅِู†ِّูŠ ู„ِู…َุง ุฃَู†ْุฒَู„ْุชَ ุฅِู„َูŠَّ ู…ِู†ْ ุฎَูŠْุฑٍ ูَู‚ِูŠุฑٌ

“Dan tatkala ia sampai di sumber air negeri Mad-yan ia menjumpai di sana sekumpulan orang yang sedang meminumkan (ternaknya), dan ia menjumpai di belakang orang banyak itu, dua orang wanita yang sedang menghambat (ternaknya). Musa berkata: “Apakah maksudmu (dengan berbuat at begitu)?” Kedua wanita itu menjawab: “Kami tidak dapat meminumkan (ternak kami), sebelum pengembala-pengembala itu memulangkan (ternaknya), sedang bapak kami adalah orang tua yang telah lanjut umurnya”.

Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”” (QS. Al-Qashash: 23-24).

Mengapa dua wanita itu tidak segera meminumkan ternaknya?

Dalam Tafsir Al Jalalain disebutkan : 

ุฃูŠ ูŠุฑุฌุนูˆู† ู…ู† ุณู‚ูŠู‡ู… ุฎูˆู ุงู„ุฒุญุงู…

“Yaitu mereka tidak jadi meminumkan ternaknya karena khawatir berdesak-desakan (dengan para lelaki)”.

Demikianlah wanita shalihah, mereka malu, risih dan enggan berdesakan dan tampil di hadapan para lelaki. Bagaimana dengan kebanyakan wanita Muslimah di zaman ini?

Lalu tidak sampai di situ, simak kelanjutan kisahnya :

ูَุฌَุงุกَุชْู‡ُ ุฅِุญْุฏَุงู‡ُู…َุง ุชَู…ْุดِูŠ ุนَู„َู‰ ุงุณْุชِุญْูŠَุงุกٍ ู‚َุงู„َุชْ ุฅِู†َّ ุฃَุจِูŠ ูŠَุฏْุนُูˆูƒَ ู„ِูŠَุฌْุฒِูŠَูƒَ ุฃَุฌْุฑَ ู…َุง ุณَู‚َูŠْุชَ ู„َู†َุง ูَู„َู…َّุง ุฌَุงุกَู‡ُ ูˆَู‚َุตَّ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ْู‚َุตَุตَ ู‚َุงู„َ ู„َุง ุชَุฎَูْ ู†َุฌَูˆْุชَ ู…ِู†َ ุงู„ْู‚َูˆْู…ِ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ِูŠู†َ (25)

“Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua wanita itu berjalan penuh rasa malu, ia berkata, “Sesungguhnya bapakku memanggil kamu agar ia memberikan balasan terhadap (kebaikan)mu memberi minum (ternak) kami” (QS. Al-Qashash: 25).

Ternyata wanita shalihah ini berbicara dan menemui lelaki yang bukan mahram dengan penuh rasa malu.

Bukan dengan genit, penuh canda tawa, rayuan dan kepercaya-dirian untuk tampil dan hadapan sang lelaki.

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda:

ุงู„ุฅูŠู…ุงู†ُ ุจِุถุนٌ ูˆุณุชูˆู†َ ุดُุนุจุฉً ، ูˆุงู„ุญَูŠุงุกُ ุดُุนุจุฉٌ ู…ู†َ ุงู„ุฅูŠู…ุงู†ِ

“Iman itu enam puluh sekian cabang, dan malu adalah salah satu cabang dari iman” (HR. Al Bukhari 9, Muslim 35).

Rasulullah juga memutlakkan sifat malu dengan kebaikan, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

ุงู„ุญูŠุงุกُ ู„ุง ูŠุฃุชูŠ ุฅู„َّุง ุจุฎูŠุฑٍ

“Malu itu tidak datang kecuali dengan kebaikan” (HR. Al Bukhari 6117, Muslim 37).

Para umat terdahulu sebelum di utusnya Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam sudah mengenal dan menyadari bahwa sifat malu itu baik dan merupakan ajaran semua para Nabi terdahulu. 


Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

ุฅู† ู…ู…ุง ุฃุฏุฑูƒ ุงู„ู†ุงุณ ู…ู† ูƒู„ุงู… ุงู„ู†ุจูˆุฉ ุงู„ุฃูˆู„ู‰ : ุฅุฐุง ู„ู… ุชุณุชุญ ูุงุตู†ุน ู…ุง ุดุฆุช

“Sesungguhnya diantara hal yang sudah diketahui manusia yang merupakan perkataan para Nabi terdahulu adalah perkataan: ‘jika engkau tidak punya malu, lakukanlah sesukamu’” (HR. Al Bukhari 6120).

Maka wahai saudariku, sadarlah dan ambillah akhlak mulia yang di ajarkan Rabb dan Nabi kita ini.

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Wanita Muslimah Semakin Tersembunyi Semakin Baik "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak