Surga dan Neraka itu Dekat

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Surga dan Neraka itu Dekat

 ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู… 

ุนَู†ْ ุนَุจْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ู‚َุงู„َ: ู‚َุงู„َ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: 

ุงู„ْุฌَู†َّุฉُ ุฃَู‚ْุฑَุจُ ุฅِู„َู‰ ุฃَุญَุฏِูƒُู…ْ ู…ِู†ْ ุดِุฑَุงูƒِ ู†َุนْู„ِู‡ِ ูˆَุงู„ู†َّุงุฑُ ู…ِุซْู„ُ ุฐَู„ِูƒَ


Dari Abdullah radiyallahu 'anhu, dia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: 

"Surga lebih dekat kepada salah seorang dari kalian daripada tali sandalnya, neraka juga seperti itu." (HR. Bukhari No. 6.007)

Penjelasan: 

1. Di antara barang yang paling dekat dengan kita adalah sendal yang selalu kita pakai, begitu juga surga dan neraka, begitu dekat tetapi kita tidak merasakannya. 

2. Seseorang bisa masuk surga dengan amal shalih yang dia anggap remeh, seperti kisah seorang pelacur yang memberikan minum anjing yang kehausan, dengan perbuatan tersebut ia masuk surga. 

3. Jangan pernah meremehkan perbuatan baik sekecil apapun karena engkau tidak mengetahui dengan sebab apa engkau bisa meraih surga-Nya. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata pada Jabir bin Sulaim, 

ูˆَู„ุงَ ุชَุญْู‚ِุฑَู†َّ ุดَูŠْุฆًุง ู…ِู†َ ุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ ูˆَุฃَู†ْ ุชُูƒَู„ِّู…َ ุฃَุฎَุงูƒَ ูˆَุฃَู†ْุชَ ู…ُู†ْุจَุณِุทٌ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ูˆَุฌْู‡ُูƒَ ุฅِู†َّ ุฐَู„ِูƒَ ู…ِู†َ ุงู„ْู…َุนْุฑُูˆูِ 

“Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722. Al Hafizh Abu Thohir)

4. Jangan pernah meremehkan dosa sekecil apapun karena sikap meremehkan itu bisa membuatnya menjadi besar dan jangan menganggap enteng sebuah maksiat dengan berdalil bahwa sesungguhnya Allah Maha luas ampunan-Nya. 

5. Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan, 

ุฅِู†َّูƒُู…ْ ู„َุชَุนْู…َู„ُูˆู†َ ุฃَุนْู…َุงู„ุงً ู‡ِู‰َ ุฃَุฏَู‚ُّ ูِู‰ ุฃَุนْูŠُู†ِูƒُู…ْ ู…ِู†َ ุงู„ุดَّุนَุฑِ ، ุฅِู†ْ ูƒُู†َّุง ู†َุนُุฏُّู‡َุง ุนَู„َู‰ ุนَู‡ْุฏِ ุงู„ู†َّุจِู‰ِّ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ุงู„ْู…ُูˆุจِู‚َุงุชِ 

“Sesungguhnya kalian mengerjakan amalan (dosa) di hadapan mata kalian tipis seperti rambut, namun kami (para sahabat) yang hidup di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganggap dosa semacam itu seperti dosa besar."

๐Ÿ’• ุงَู„ู„ู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏٍ 

0 Response to "Surga dan Neraka itu Dekat"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak