Mulianya Pemimpin Yang Adil

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Mulianya Pemimpin Yang Adil

 ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู… 

Fiqih dan Hadits

Siapakah Pemimpin yang adil itu? Al Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah menjelaskan tentang pemimpin yang adil:

ูˆุฃุญุณู† ู…ุง ูุณุฑ ุจู‡ ุงู„ุนุงุฏู„ ุฃู†ู‡ ุงู„ุฐูŠ ูŠุชุจุน ุฃู…ุฑ ุงู„ู„ู‡ ุจูˆุถุน ูƒู„ ุดูŠุก ููŠ ู…ูˆุถุนู‡ ู…ู† ุบูŠุฑ ุฅูุฑุงุท ูˆู„ุง ุชูุฑูŠุท

Tafsir terbaik tentang pemimpin yang adil adalah orang yang mengikuti perintah Allah dengan meletakkan segala sesuatu pada tempatnya tanpa berlebihan dan menguranginya. (Fathul Bari, 2/145, 1379H. Darul Ma’rifah Beirut)

Jadi, syarat utama pemimpin adil (Al Imam Al ‘Aadil) adalah mengikuti perintah Allah ๏ทป, dan perintah Allah ๏ทป yang paling utama adalah iman kepadaNya, mentauhidkanNya, bukan kufur kepadaNya, dan menyembah selainNya, apalagi menista wahyuNya. Di sisi ini, maka pemimpin kafir itu tidak mungkin adil, justru Allah ๏ทป menyebut mereka sebagai orang-orang zalim, sebagaimana Allah ๏ทป berfirman:

ูˆَุงู„ْูƒَุงูِุฑُูˆู†َ ู‡ُู…ُ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ُูˆู†َ

Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim. (QS. Al Baqarah: 254)

Islam Memuliakan Mereka 

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

ุณَุจْุนَุฉٌ ูŠُุธِู„ُّู‡ُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูِูŠ ุธِู„ِّู‡ِ، ูŠَูˆْู…َ ู„ุงَ ุธِู„َّ ุฅِู„َّุง ุธِู„ُّู‡ُ:ุงู„ุฅِู…َุงู…ُ ุงู„ุนَุงุฏِู„ُ ....

Ada tujuh manusia yang akan Allah naungi dalam naunganNya di hari yang tidak ada naungan selain naunganNya, yaitu: pemimpin yang adil .... (HR. Muttafaq 'Alaih)

 Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

 ุซَู„َุงุซَุฉٌ ู„َุง ุชُุฑَุฏُّ ุฏَุนْูˆَุชُู‡ُู…ْ: ุงู„ْุฅِู…َุงู…ُ ุงู„ْุนَุงุฏِู„ُ، ูˆَุงู„ุตَّุงุฆِู…ُ ุญَุชَّู‰ ูŠُูْุทِุฑَ، ูˆَุฏَุนْูˆَุฉُ ุงู„ْู…َุธْู„ُูˆู…ِ

Ada tiga manusia yang doanya tidak ditolak, yaitu pemimpin yang adil, orang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang teraniaya. (HR. Ahmad No. 8043. Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan: shahih. Ta'liq Musnad Ahmad No. 8043)

Oleh karena itu, di antara ajaran para salafus shalih adalah mendoakan para pemimpin agar tetap on the track, yaitu hidayah Allah, kebaikan, dan memimpin dengan keadilan. Dan, sumber keadilan yang tertinggi itu adalah Al Quran dan As Sunnah.

Oleh karena itu, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah menjelaskan dengan begitu apik:
 
ูŠุฌุจ ุฃู† ูŠุนุฑู ุฃู† ูˆู„ุงูŠุฉ ุฃู…ุฑ ุงู„ู†ุงุณ ู…ู† ุฃุนุธู… ูˆุงุฌุจุงุช ุงู„ุฏูŠู† ุจู„ ู„ุง ู‚ูŠุงู… ู„ู„ุฏูŠู† ูˆู„ุง ู„ู„ุฏู†ูŠุง ุฅู„ุง ุจู‡ุง . ูุฅู† ุจู†ูŠ ุขุฏู… ู„ุง ุชุชู… ู…ุตู„ุญุชู‡ู… ุฅู„ุง ุจุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ู„ุญุงุฌุฉ ุจุนุถู‡ู… ุฅู„ู‰ ุจุนุถ ، ูˆู„ุง ุจุฏ ู„ู‡ู… ุนู†ุฏ ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ู…ู† ุฑุฃุณ ุญุชู‰ ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : « ุฅุฐุง ุฎุฑุฌ ุซู„ุงุซุฉ ููŠ ุณูุฑ ูู„ูŠุคู…ّุฑูˆุง ุฃุญุฏู‡ู… » . ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ، ู…ู† ุญุฏูŠุซ ุฃุจูŠ ุณุนูŠุฏ ، ูˆุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ .
ูˆุฑูˆู‰ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ ููŠ ุงู„ู…ุณู†ุฏ ุนู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุนู…ุฑูˆ ، ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ุงู„ : « ู„ุง ูŠุญู„ ู„ุซู„ุงุซุฉ ูŠูƒูˆู†ูˆู† ุจูู„ุงุฉ ู…ู† ุงู„ุฃุฑุถ ุฅู„ุง ุฃู…ุฑูˆุง ุนู„ูŠู‡ู… ุฃุญุฏู‡ู… » . ูุฃูˆุฌุจ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุชุฃู…ูŠุฑ ุงู„ูˆุงุญุฏ ููŠ ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ุงู„ู‚ู„ูŠู„ ุงู„ุนุงุฑุถ ููŠ ุงู„ุณูุฑ ، ุชู†ุจูŠู‡ุง ุจุฐู„ูƒ ุนู„ู‰ ุณุงุฆุฑ ุฃู†ูˆุงุน ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน . ูˆู„ุฃู† ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุฃูˆุฌุจ ุงู„ุฃู…ุฑ ุจุงู„ู…ุนุฑูˆู ูˆุงู„ู†ู‡ูŠ ุนู† ุงู„ู…ู†ูƒุฑ ، ูˆู„ุง ูŠุชู… ุฐู„ูƒ ุฅู„ุง ุจู‚ูˆุฉ ูˆุฅู…ุงุฑุฉ . ูˆูƒุฐู„ูƒ ุณุงุฆุฑ ู…ุง ุฃูˆุฌุจู‡ ู…ู† ุงู„ุฌู‡ุงุฏ ูˆุงู„ุนุฏู„ ูˆุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ุญุฌ ูˆุงู„ุฌู…ุน ูˆุงู„ุฃุนูŠุงุฏ ูˆู†ุตุฑ ุงู„ู…ุธู„ูˆู… . ูˆุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ุญุฏูˆุฏ ู„ุง ุชุชู… ุฅู„ุง ุจุงู„ู‚ูˆุฉ ูˆุงู„ุฅู…ุงุฑุฉ ؛ ูˆู„ู‡ุฐุง ุฑูˆูŠ : « ุฅู† ุงู„ุณู„ุทุงู† ุธู„ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุงู„ุฃุฑุถ » ูˆูŠู‚ุงู„ " ุณุชูˆู† ุณู†ุฉ ู…ู† ุฅู…ุงู… ุฌุงุฆุฑ ุฃุตู„ุญ ู…ู† ู„ูŠู„ุฉ ูˆุงุญุฏุฉ ุจู„ุง ุณู„ุทุงู† " . ูˆุงู„ุชุฌุฑุจุฉ ุชุจูŠู† ุฐู„ูƒ . ูˆู„ู‡ุฐุง ูƒุงู† ุงู„ุณู„ู - ูƒุงู„ูุถูŠู„ ุจู† ุนูŠุงุถ ูˆุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญู†ุจู„ ูˆุบูŠุฑู‡ู…ุง- ูŠู‚ูˆู„ูˆู† : ู„ูˆ ูƒุงู† ู„ู†ุง ุฏุนูˆุฉ ู…ุฌุงุจุฉ ู„ุฏุนูˆู†ุง ุจู‡ุง ู„ู„ุณู„ุทุงู†

           “Wajib diketahui, bahwa kekuasaan kepemimpinan yang mengurus urusan manusia termasuk kewajiban agama yang paling besar, bahkan agama dan dunia tidaklah tegak kecuali dengannya. Segala kemaslahatan manusia tidaklah sempurna kecuali dengan memadukan antara keduanya (agama dan kekuasaan), di mana satu sama lain saling menguatkan. Dalam perkumpulan seperti inilah diwajibkan adanya kepemimpinan, sampai-sampai Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan: “Jika tiga orang keluar bepergian maka hendaknya salah seorang mereka menjadi pemimpinnya.” Diriwayatkan Abu Daud dari Abu Said dan Abu Hurairah.

Ilmu Yang Tidak Bermanfaat


ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู… 


Tazkiyatun Nafs

ุงู„ุนِู„ْู…ُ ุจِู„َุง ุนَู…َู„ٍ ูƒَุงู„ุดَّุฌَุฑِ ุจِู„َุง ุซَู…َุฑٍ

"Al-‘ilmu bilaa ‘amalin kasy syajari bilaa tsamarin"

"Ilmu tanpa pengamalan bagaikan pohon tak berbuah."

Penjelasan:

1. Sebaik-baiknya ilmu adalah yang diamalkan. Ilmu yang banyak tidak akan mendatangkan manfaat jika tidak terlihat dalam perbuatan, sedangkan ilmu yang sedikit akan berguna jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

2. 
. ุงู„ุนู„ู… ู…ุง ู†ูุน، ู„ูŠุณ ุงู„ุนู„ู… ู…ุง ุญูุธ

“Ilmu adalah yang bermanfaat dan bukan hanya dihafalkan” (Siyar A’lamin Nubala, 10: 89).

3. Ilmu yang bermanfaat adalah yang mengantarkan seseorang mengenal dan takut kepada Rabbnya; jika semakin bertambah ilmu tetapi semakin  bertambah kerusakan yang ia perbuat, maka semakin jauhlah ia dari hidayah Allah.

4. Ilmu yang bermanfaat tidak akan membuat pemiliknya sombong, ia bagaikan padi semakin banyak, maka semakin merunduk.

5. Ilmu yang bermanfaat membuat pemiliknya tidak pernah puas untuk menambah ilmu dan selalu merasa kurang.

ู‚ุงู„ ุงุจู† ู…ุณุนูˆุฏ: ุฅู†ูƒู… ููŠ ุฒู…ุงู† ูƒุซูŠุฑ ุนู„ู…ุงุคู‡ ู‚ู„ูŠู„ ุฎุทุจุงุคู‡، ูˆุณูŠุฃุชูŠ ุจุนุฏูƒู… ุฒู…ุงู† ู‚ู„ูŠู„ ุนู„ู…ุงุคู‡ ูƒุซูŠุฑ ุฎุทุจุงุคู‡.

Ibnu Mas’ud berkata, “Kalian hidup di zaman yang terdapat banyak ulama dan sedikit yang pintar berkoar-koar. Dan nanti setelah kalian akan ditemui zaman yang sedikit ulama namun lebih banyak orang yang pintar berkoar-koar.”

6. Ilmu yang bermanfaat membuat pemiliknya semakin hati-hati berbicara, ia tidak akan berbicara jika tidak memiliki pengetahuan tentangnya.

ูู…ู† ูƒุซุฑ ุนู„ู…ู‡ ูˆู‚ู„ ู‚ูˆู„ู‡ ูู‡ูˆ ุงู„ู…ู…ุฏูˆุญ، ูˆู…ู† ูƒุงู† ุจุงู„ุนูƒุณ ูู‡ูˆ ู…ุฐู…ูˆู….

"Siapa yang lebih banyak ilmunya dan sedikit bicaranya, maka itulah yang terpuji. Dan jika sebaliknya, maka dialah yang tercela."

7. Pintar saat di sekolah belum tentu membuat ilmu seseorang bermanfaat, berapa banyak seorang yang secara akademik biasa saja namun setelah selesai dari sekolah, ia menjadi orang besar di masyarakatnya, oleh karena itu jadikanlah ilmumu  bermanfaat dengan engkau menghormati dan berbakti kepada guru yang mengajarkanmu.

8. Agar ilmu bermanfaat selalu panjatkan doa yang diajarkan Rasulullah saw ;

ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّู‰ ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุนِู„ْู…ًุง ู†َุงูِุนًุง ูˆَุฑِุฒْู‚ًุง ุทَูŠِّุจًุง ูˆَุนَู…َู„ุงً ู…ُุชَู‚َุจَّู„ุงً


[Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaa] “Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib dan amalan yang diterima” 
(HR. Ibnu Majah no. 925, shahih).

Wallahu A'lam

Semoga bermanfaat Sallam bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Mulianya Pemimpin Yang Adil"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak