Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

INILAH KEUTAMAAN SEDEKAH JARIYAH

Bismillah was shalatu was salamu 'ala Rasulillah, wa ba'du,

Sedekah jariyah artinya sedekah yang pahalanya selalu mengalir, sampaipun yang bersedekah sudah meninggal. Jariyah artinya mengalir..

Sedekah jariyah termasuk amalan yang pundi-pundi pahalanya mengalir saat kita sibuk bekerja, tertidur lelap bahkan saat kita sudah meninggal dunia. Dia adalah amal jariyah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ุฅِุฐَุง ู…َุงุชَ ุงู„ْุฅِู†ْุณَุงู†ُ ุงู†ْู‚َุทَุนَ ุนَู†ْู‡ُ ุนَู…َู„ُู‡ُ ุฅِู„ุง ู…ِู†ْ ุซَู„ุงุซَุฉٍ : ุฅِู„ุง ู…ِู†ْ ุตَุฏَู‚َุฉٍ ุฌَุงุฑِูŠَุฉٍ ، ุฃَูˆْ ุนِู„ْู…ٍ ูŠُู†ْุชَูَุนُ ุจِู‡ِ ، ุฃَูˆْ ูˆَู„َุฏٍ ุตَุงู„ِุญٍ ูŠَุฏْุนُูˆ ู„َู‡ُ

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim No. 4310, an-Nasa'i 3666, dan yang lainnya)

Inilah keutamaan dari sedekah jariyah, yang abadi walaupun jasad telah mati.

Tahukah Anda, apa itu sedekah jariyah?

An-Nawawi ketika menjelaskan hadis ini, beliau menuliskan,

ูˆَูƒَุฐَู„ِูƒَ ุงู„ุตَّุฏَู‚َุฉُ ุงู„ْุฌَุงุฑِูŠَุฉُ ูˆَู‡ِูŠَ ุงู„ْูˆَู‚ْูُ

“Demikian pula sedekah jariyah, yang itu merupakan wakaf…”.

(lihat Syarh Shahih Muslim [11/85])

Karena itu, tidak semua sedekah bisa menjadi jariyah..

Dan sesuatu disebut wakaf, jika bentuknya benda yang memiliki manfaat dan memiliki ketahanan atau tidak habis pakai, seperti : Mushaf, kitab/buku, tanah, bangunan, Barang, dll.

Syaikh Abdullah Ali Bassam berkata : 

Wakaf adalah sedekah yang paling mulia. Allah menganjurkannya dan menjanjikan pahala yang sangat besar bagi pewakaf, karena shadaqah berupa wakaf tetap terus mengalir menuju kepada kebaikan dan maslahat.

Editor : Admin AsySyamil.com

Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini , semoga bermanfaat.

Jazakumullahu khoiron.

Jadilah Bermanfaat Sallam Bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to " "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak