Mendoakan Kejelekan Bagi Orang Zalim

Bismillรขhirrahmรขnirrahรฎm. Puji dan syukur kepada Allah subhรขnahu wata’รขla, Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Menganugerahkan pengetahuan kepada makhlukNya, 

Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam yang tidak akan pernah habis teladan terpancar dari diri Beliau sampai akhir masa.

Mendoakan Kejelekan Bagi Orang Zalim

ุจุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู… 

Pertanyaan:

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Apakah mendoakan orang zalim apakah termasuk dendam? 

Hadis nabi tentang makbulnya doa orang yang di-zolimi, apakah bisa dipahami bahwa nabi menyuruh kita mendoakan kejelekan ke para penzolim ? 

Jawaban:

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Bismillah wal hamdulillah wash Shalatu was Salamu ‘ala Rasulillah wa Ba’d. 

Membalas kejahatan dengan yang setimpal, kezaliman dibalas dengan doa yang buruk, hal itu boleh menurut Al Quran, As Sunnah, dan perbuatan salaf. Itu adalah bentuk perlawanan orang-orang lemah. 

Dalil Al Quran:

ู„ุง ูŠُุญِุจُّ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„ْุฌَู‡ْุฑَ ุจِุงู„ุณُّูˆุกِ ู…ِู†ْ ุงู„ْู‚َูˆْู„ِ ุฅِู„ุงَّ ู…َู†ْ ุธُู„ِู…َ

”Allah tidak menyukai ucapan buruk yang diucapkan terang-terangan kecuali oleh orang yang dianiaya/dizhalimi.” (QS An-Nisaa’ ayat 148).

Para mufassir menjelaskan:

ู„ุง ูŠُุญِุจُّ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠَุฌู‡ุฑ ุฃุญุฏٌ ุจู‚ูˆู„ ุงู„ุณูˆุก، ู„ูƒู† ูŠُุจุงุญ ู„ู„ู…ุธู„ูˆู… ุฃู† ูŠَุฐูƒُุฑ ุธุงู„ู…ู‡ ุจู…ุง ููŠู‡ ู…ู† ุงู„ุณูˆุก; ู„ูŠุจูŠِّู† ู…َุธْู„ู…ุชู‡. ูˆูƒุงู† ุงู„ู„ู‡ ุณู…ูŠุนًุง ู„ู…ุง ุชุฌู‡ุฑูˆู† ุจู‡، ุนู„ูŠู…ًุง ุจู…ุง ุชุฎููˆู† 

ู…ู† ุฐู„ูƒ 

Allah tidak suka seorang berkata-kata buruk tetapi dibolehkan bagi orang yang dizalimi untuk berkata buruk kepada pelaku kezaliman untuk menjelaskan kezalimannya. Allah Maha Mendengar yang terang-terangan dan Maha Tahu apa-apa yang disembunyikan dari hal itu. (Tafsir Al Muyassar, hal. 146)

Dalil hadits, doa Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam kepada para pejabat yang zalim:

ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ู…َู†ْ ูˆَู„ِูŠَ ู…ِู†ْ ุฃَู…ْุฑِ ู‡َุฐِู‡ِ ุฃُู…َّุชِูŠ ุดَูŠْุฆุงً ูَุฑَูَู‚َ ุจِู‡ِู…ْ، ูَุงุฑْูُู‚ْ ุจِู‡ِ. ูˆَู…َู†ْ ุดَู‚َّ ุนَู„َูŠْู‡َุง ูَุงุดْูُู‚ْ ุนَู„َูŠْู‡ِ. ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…

“Ya Allah, siapa saja yang memimpin/mengurus urusan umatku ini, yang kemudian ia menyayangi mereka, maka sayangilah ia. Dan siapa saja yang menyusahkan mereka, maka SUSAHKANLAH DIA”. (HR. Muslim no. 1828)

Dalil perbuatan salaf, Imam An Nawawi dalam Al Adzkar membuat bab berjudul:

ุจุงุจُ ุฌَูˆุงุฒ ุฏُุนุงุก ุงู„ุฅِู†ุณุงู† ุนู„ู‰ ู…َู†ْ ุธَู„َู…َ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ุฃูˆ ุธู„َู…ู‡ ูˆุญุฏَู‡

Bab BOLEHNYA doa seseorang  (dengan doa keburukan) kepada orang yang menzalimi kaum muslimin atau menzalimi dirinya.

Beliau  Rahimahullah menjelaskan:

ูˆَู‚َุฏْ ุชَุธَุงู‡َุฑَ ุนَู„ู‰َ ุฌَูˆَุงุฒِู‡ِ ู†ُุตُูˆْุตُ ุงู„ْูƒِุชَุงุจِ ูˆَุงู„ุณُู†َุฉِ ูˆَุฃَูْุนَุงู„ُ ุณَู„َูِ ุงู„ْุฃُู…َุฉِ ูˆَุฎَู„َูِู‡َุง

“Telah jelas kebolehan hal tersebut,  berdasarkan nash-nash Al-Qur`an dan As-Sunnah. Juga berdasarkan perbuatan generasi umat Islam terdahulu (yaitu salaf) maupun generasi terkemudian (khalaf).” (Al Adzkar, 1/493)

Demikian. WallahuA'lam

Semoga bermanfaat Sallam bahagia Sukses Dunia Akhirat Aamiin.

0 Response to "Mendoakan Kejelekan Bagi Orang Zalim"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak