Keutamaan Bershalawat Pada Hari Jum’at

Keutamaan Bershalawat Pada Hari Jum’at
Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa ta'ala shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam keluarga sahabat dan para pengikutnya yang setia dan istiqamah

Hari Jumat merupakan hari yang terbaik bagi umat Islam. Banyak keistimewaan yang ada di rajanya hari ini.

Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad dari Sa’ad bin ‘Ubadah dalam sebuah hadits meriwayatkan:

ุณَูŠِّุฏُ ุงู„ْุฃَูŠَّุงู…ِ ุนِู†ْุฏَ ุงู„ู„ู‡ِ ูŠَูˆْู…ُ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉِ ูˆَู‡ُูˆَ ุฃَุนْุธَู…ُ ู…ِู†ْ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ู†َّุญَุฑِ ูˆَูŠَูˆْู…ُ ุงู„ْูِุทْุฑِ ูˆَูِูŠْู‡ِ ุฎَู…ْุณُ ุฎِุตَุงู„ٍ ูِูŠْู‡ِ ุฎَู„َู‚َ ุงู„ู„ู‡ُ ุขุฏَู…َ ูˆَูِูŠْู‡ِ ุฃُู‡ْุจِุทَ ู…ِู†َ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ุฅِู„َู‰ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูˆَูِูŠْู‡ِ ุชُูˆُูِّูŠَ ูˆَูِูŠْู‡ِ ุณَุงุนَุฉٌ ู„َุง ูŠَุณْุฃَู„ُ ุงู„ْุนَุจْุฏُ ูِูŠْู‡َุง ุงู„ู„ู‡َ ุดَูŠْุฆًุง ุฅِู„َّุง ุฃَุนْุทَุงู‡ُ ุฅِูŠَّุงู‡ُ ู…َุง ู„َู…ْ ูŠَุณْุฃَู„ْ ุฅِุซْู…ًุง ุฃَูˆْ ู‚َุทِูŠْุนَุฉَ ุฑَุญِู…ٍ ูˆَูِูŠْู‡ِ ุชَู‚ُูˆْู…ُ ุงู„ุณَّุงุนَุฉُ ูˆَู…َุง ู…ِู†ْ ู…َู„َูƒٍ ู…ُู‚ّุฑَّุจٍ ูˆَู„َุง ุณَู…َุงุกٍ ูˆَู„َุง ุฃَุฑْุถٍ ูˆَู„َุง ุฑِูŠْุญٍ ูˆَู„َุง ุฌَุจَู„ٍ ูˆَู„َุง ุญَุฌَุฑٍ ุฅِู„َّุง ูˆَู‡ُูˆَ ู…ُุดْูِู‚ٌ ู…ِู†ْ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉِ

Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung dari pada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. 

Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. 

Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya. 

Selama tidak meminta dosa atau memutus silaturrahim. Hari kiamat, juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.”

Shalawat merupakan bacaan doa dan pujian untuk Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassallam yang  memiliki banyak keutamaan dan pahala yang agung. 

Dalam Al-Qur’an dan hadist, banyak perintah agar manusia mengucapkan pujian yang berbunyi Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa alihi washahbihi wasallim ini. 

Terlebih jika kalimat Shalawat diucapkan setiap hari Jumat, maka manfaat dan keutamaannya menjadi lebih besar lagi. 

1. Berada paling dekat dengan Rasul saat hari kiamat.

Dalam sebuah riwayat Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassallam bersabda :

ุฃَูƒْุซِุฑُูˆุง ุนَู„َู‰َّ ู…ِู†َ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉِ ูِู‰ ูƒُู„ِّ ูŠَูˆْู…ِ ุฌُู…ُุนَุฉٍ ูَุฅِู†َّ ุตَู„ุงَุฉَ ุฃُู…َّุชِู‰ ุชُุนْุฑَุถُ ุนَู„َู‰َّ ูِู‰ ูƒُู„ِّ ูŠَูˆْู…ِ ุฌُู…ُุนَุฉٍ ، ูَู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ุฃَูƒْุซَุฑَู‡ُู…ْ ุนَู„َู‰َّ ุตَู„ุงَุฉً ูƒَุงู†َ ุฃَู‚ْุฑَุจَู‡ُู…ْ ู…ِู†ِّู‰ ู…َู†ْุฒِู„َุฉً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

2. Allah Subhanahu wata’ala membalas shalawat sepuluh kali.

Jika bershalawat satu kali pada hari Jumat, maka Allah bershalawat untuknya sepuluh kali. Maksud Allah bershalawat kepada Nabi Shalallahu 'alaihi wassallam adalah dengan memberi rahmat-Nya untuk manusia yang bershalawat.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ู…َู†ْ ุตَู„َّู‰ ุนَู„َู‰َّ ูˆَุงุญِุฏَุฉً ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุนَุดْุฑًุง

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.”. (HR. Muslim)

3. Allah dan Malaikat-Nya mencintai ahli shalawat dan dikabulkan doanya.

Bershalawat merupakan cara untuk mengingat Rasul. Hal itu menunjukkan rasa cinta kita pada Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam. Bila kita cinta pada Rasul, Allah dan malaikat-Nya akan mencintai kita.

ุตู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนู„ูŠู‡ِ ูˆุณู„َّู…َ ูู‚ุงู„َ ุฑุณูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนู„ูŠู‡ِ ูˆุณู„َّู…َ ุนุฌِู„َ ู‡ุฐุง ุซู…َّ ุฏุนุงู‡ُ ูู‚ุงู„َ ู„َู‡ُ ุฃูˆ ู„ุบูŠุฑِู‡ِ ุฅุฐุง ุตู„َّู‰ ุฃุญุฏُูƒُู… ูู„ูŠَุจุฏَุฃ ุจุชَู…ุฌูŠุฏِ ุฑุจِّู‡ِ ุฌู„َّ ูˆุนุฒَّ ูˆุงู„ุซَّู†ุงุกِ ุนู„َูŠู‡ِ ุซู…َّ ูŠุตู„ِّูŠ ุนู„َู‰ ุงู„ู†َّุจูŠِّ ุตู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนู„ูŠู‡ِ ูˆุณู„َّู…َ ุซู…َّ ูŠَุฏุนูˆ ุจَุนุฏُ ุจู…ุง ุดุงุกَ

"Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

4. Mendapat syafaat dari Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ู…َู†ْ ุตَู„َّู‰ ุนَู„َูŠَّ ุฃَูˆْ ุณَุฃَู„َ ู„ِูŠ ุงู„ูˆَุณِูŠْู„َุฉَ ุญَู‚َّุชْ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุดَูَุงุนَุชِูŠ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ู‚ِูŠَุงู…َุฉِ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.”(Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)

Mengucapkan shalawat pada hari Jumat juga menjadi lebih utama karena disaksikan oleh malaikat dan malaikat akan bershalawat 10 kali kepada mereka yang membacanya. 

Bershalawatnya malaikat kepada Nabi hallallahu ‘alaihi wa sallam sama halnya dengan memintakan ampunan untuk manusia tersebut. 

ูˆุนู† ุนุจุฏِ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุนู…ุฑูˆ ุจู† ุงู„ุนุงุต ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ู…ุง ุฃู†ّู‡ ุณَู…ِุนَ ุฑุณูˆู„َ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠู‚ูˆู„: «ุฅุฐุง ุณَู…ِุนْุชُู…ُ ุงู„ู†ِุฏَุงุกَ ูู‚ูˆู„ูˆุง ู…ุซู„َ ู…ุง ูŠู‚ูˆู„ُ، ุซู…َّ ุตَู„ُّูˆุง ุนَู„َูŠَّ، ูุฅู†ّู‡ ู…َู†ْ ุตَู„ّู‰ ุนَู„َูŠَّ ุตู„ุงุฉً ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนู„ูŠู‡ ุจู‡ุง ุนَุดْุฑَุง، ุซู…ّ ุณู„ูˆุง ุงู„ู„ู‡َ ู„ูŠَ ุงู„ูˆَุณِูŠْู„َุฉَ، ูุฅู†ّู‡ุง ู…َู†ْุฒِู„َุฉٌ ููŠ ุงู„ุฌู†ّุฉ ู„ุง ุชู†ุจุบูŠ ุฅู„ุงّ ู„ِุนَุจْุฏٍ ู…ِู†ْ ุนุจุงุฏ ุงู„ู„ู‡، ูˆุฃุฑุฌูˆ ุฃู† ุฃูƒูˆู†َ ุฃู†ุง ู‡ูˆ، ูَู…َู†ْ ุณุฃู„َ ู„ِูŠَ ุงู„ูˆَุณِูŠْู„َุฉَ ุญَู„َّุชْ ู„َู‡ُ ุงู„ุดَูَุงุนَุฉَ»  (ู…ุณู„ู…)،

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda: 

"Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. 

Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. 

Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. 

Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

5. Dikumpulkan di surga bersama Nabi. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassallam bersabda: 

ูˆุนู† ุงุจู† ู…ุณْุนُูˆุฏٍ ุฃู†َّ ุฑุณُูˆู„ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚َุงู„َ: ุฃَูˆْู„ู‰ ุงู„ู†َّุงุณِ ุจِูŠ ูŠูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠุงู…ุฉِ ุฃَูƒْุซَุฑُู‡ُู… ุนَู„ูŠَّ ุตَู„ุงَุฉً ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ

"Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

Allah Subhanahu wata’ala menghapus dosa ahli shalawat. dan diangkat derajatnya.  

ู…َู† ุตู„َّู‰ ุนู„ูŠَّ ุตู„ุงุฉً ูˆุงุญุฏุฉً ุตู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนู„ูŠู‡ِ ุนุดุฑَ ุตู„َูˆุงุชٍ ، ูˆุญُุทَّุช ุนู†ู‡ُ ุนุดุฑُ ุฎุทูŠุฆุงุชٍ ، ูˆุฑُูِุนَุช ู„َู‡ُ ุนุดุฑُ ุฏุฑุฌุงุชٍ

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad).

ูˆู‚ุงู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: {ู…َู†ْ ุตَู„َّู‰ ุนَู„َูŠَّ ููŠ ูƒُู„ِّ ุฌُู…ُุนَุฉٍ ุฃุฑْุจَุนِูŠู†َ ู…َุฑَّุฉً ู…َุญَุง ุงู„ู„ู‡ ุฐُู†ُูˆุจَู‡ُ ูƒُู„َّู‡َุง

Nabi Shallallohu alaihi wa sallam bersabda:“Barang siapa bersholawat kepadaku di setiap hari jum`at sebanyak 40 kali maka Allah menghapus semua dosa-dosanya.”

Demikian beberapa keutamaan bershalawat di hari Jumat kepada Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam di hari Jumat. Semoga kita tidak pernah putus dalam mengamalkannya. Terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Keutamaan Bershalawat Pada Hari Jum’at"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak