Hidup Manusia di Dunia Hanya 1,5 Jam Waktu Akhirat

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah.

Jika hidup manusia dirata-ratakan berusia 63 tahun layaknya Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassallam, maka, bisa disimpulkan jika waktu hidup di dunia ini hanya satu setengah jam waktu akhirat.  Kehidupan didunia ini layaknya sebuah misteri. 

Semua yang ada tidak ada yang pasti, semua hal di ibaratkan sebuah teka-teki bisa dibilang hanya permainan saja. 

Namun ada satu hal yang akan kita alami, bahwa setiap mahkluk hidup yang bernyawa pasti akan mengalami mati. 

Itulah kenapa kita sebagai hamba Allah diperintahkan untuk segera beramal baik dalam kondisi apapun, sebagai bekal menuju akhirat yang kekal kelak.

Firman Allah dalam Surat Al Ashr :

 وَالْعَصْرِ (١) إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢) إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (٣) 

Artinya: 
1. demi masa. 2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, 3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Dalam ayat tersebut allah subhanahu wata'ala bersumpah demi waktu karena memang waktu manusia hidup dibumi ini sangat singkat sekali karena itu sudah selayaknya kita beriman dan mengerjakan amal shaleh
Kehidupan dunia memang sangat begitu singkat, terlebih jika dibandingkan dengan masa di akhirat, maka akan terasa sangat pendek.  

Dalam al-quran perbedaan waktu itu bisa dilihat dalam  surat as sajadah ayat 5 :

يُدَبِّرُ الْاَمْرَ مِنَ السَّمَاۤءِ اِلَى الْاَرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ اِلَيْهِ فِيْ يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهٗٓ اَلْفَ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّوْنَ

Artinya :
Dia mengatur segala urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.

Allah Ta’ala berfirman dalam QS. Al Hajj: 47 : 

وَيَسْتَعْجِلُوْنَكَ بِالْعَذَابِ وَلَنْ يُّخْلِفَ اللّٰهُ وَعْدَهٗۗ وَاِنَّ يَوْمًا عِنْدَ رَبِّكَ كَاَلْفِ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّوْنَ

Artinya :
Dan mereka meminta kepadamu (Muhammad) agar azab itu disegerakan, padahal Allah tidak akan menyalahi janji-Nya. Dan sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu..” (QS. Al Hajj: 47)

Dengan Rumus sebagai berikut 63 tahun hidup kita di dunia jika kita konversi ke waktu akhirat hasilnya:

= 63 tahun dunia x 1 hari akhirat/ 1.000 tahun dunia = 0,063 hari akhirat x 24 jam ± 1,5 jam

Sehingga, jika hidup manusia dirata-ratakan berusia 63 tahun layaknya Nabi Muhammad, maka, bisa disimpulkan jika waktu hidup di dunia ini hanya satu setengah jam waktu akhirat.

Selain itu jika jangka waktu usia kita rata rata  63 tahun dan waktu yangg kita gunakan untuk tidur atau beristirahat adalah 8 jam sehari (sepertiga dari waktu sehari, 24 jam). 

Maka waktu yang kita gunakan untuk tidur adalah 21 tahun, jadi kalau 63 tahun dikurangi waktu tidur 21 tahun maka hidup kita ini hanya 42 tahun  atau  satu jam saja waktu akhirat.

Akhirat memang menjadi sebuah misteri tak berujung. Akan sangat susah menjelaskannya dengan logika, namun bagi orang beriman, hal ini tentu begitu mudah memahaminya. 

Bahwa kehidupan di dunia ini, hanya sebuah kefanaan. Ada kehidupan kekal yang tidak berujung setelah kiamat nanti.

Umat Islam percaya jika Allah Subhanahu wata'ala sudah mempersiapkan akhiratnya. Ada surga dan neraka, ada kenikmatan dan siksa.

Karena semuanya bersumber dari Alquran, yakni kalam yang disampaikan langsung oleh pencipta alam semesta, Allah Subhanahu wata'ala

Maka dari itu, tidak heran jika manusia senantiasa diingatkan perihal waktu oleh Allah. Bahkan ada begitu banyak perintah Allah agar manusia tidak menyalahgunakan waktu yang dimiliki selama hidup untuk melakukan perbuatan yang tercela.

Merugilah bagi mereka yang menghabiskan waktunya selama di dunia hanya untuk berfoya-foya tanpa memikirikan akhiratnya. Namun berbahagialah bagi orang-orang yang beriman dan selalu mengerjakan amalan sholeh.

Ternyata waktu 1,5 jam yang dilihat dari langit ini begitu menentukan bagaimana nasib manusia di akhirat kelak. 

Banyak orang yang mungkin lupa bahwa kehidupan di dunia itu hanyalah sementara, dan akhiratlah tempat paling kekal bagi seluruh umat. Allah Ta’ala berfirman :

قٰلَ اِنْ لَّبِثْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا لَّوْ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya :
Dia (Allah) berfirman, “Kamu tinggal (di bumi) hanya sebentar saja, jika kamu benar-benar mengetahui.”(QS. Al-Mu’minuun:114)

Ada begitu banyak perintah yang diberikan oleh Allah Subhanahu wata'al agar waktu 1,5 jam yang disediakan dapat bermanfaat bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. 

Salah satunya adalah untuk menahan hawa nafsu dan menggantinya dengan mengerjakan sunnah-Nya. Allah Ta’ala berfirman:

 وَمَآ اُبَرِّئُ نَفْسِيْۚ اِنَّ النَّفْسَ لَاَمَّارَةٌ ۢ بِالسُّوْۤءِ اِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّيْۗ اِنَّ رَبِّيْ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya :
“Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.”(QS.Yusuf: 53)

Untuk menjadi penghuni surga di akhirat kelak bukanlah sebuah perkara mudah. Ada begitu banyak hal yang harus diamalkan dan ada pula yang harus ditinggalkan. 

Salah satu perintah yang harus diamalkan yakni bersabar dalam menghadapi segala ujian yang diberikan. Allah Ta’ala berfirman:

وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَاِنَّكَ بِاَعْيُنِنَا وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِيْنَ تَقُوْمُۙ

“Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri.” (QS. At-Thur:48).

Demikianlah kiranya pembahasan  mengenai hidup manusia di dunia ini hanya sesaat perbedaan waktu di dunia dan akhirat sangatlah jauh sekali. 

Ternyata waktu satu hari di akhirat kelak sama dengan 1000 tahun waktu di dunia. Maka tidak heran jika kita harus senantiasa berjuang di jalan Allah agar dapat mengumpulkan bekal untuk hidup bahagia di akhirat kelak. 

Terima kasih atas kunjunganya semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita.

0 Response to " Hidup Manusia di Dunia Hanya 1,5 Jam Waktu Akhirat"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak