Makna di balik Minta Maaf dan Memaafkan

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan sallam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu istiqomah

Setiap manusia tentu saja tidak akan terlepas dari yang namanya kesalahan baik yang disengaja maupun tidak terhadap orang-orang terdekat, seperti orang tua, dan teman-teman.

Kendati demikian, jangan sampai kita terlena dengan melakukan kesalahan yang terus menerus. Minta maaf dan memaafkan di dalam kehidupan sangatlah penting dan sudah seharusnya dilakukan oleh setiap orang, baik yang memiliki kesalahan ataupun tidak.

Mengakui sebuah kesalahan dan minta maaf bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tak sedikit orang yang gengsi dan mempunyai ego tinggi untuk meminta maaf terlebih dulu.

Namun, perlu dipahami, sangat penting untuk maaf dan memaafkan demi menjaga kerukunan dan kekompakan karena dengan minta maaf bisa melepaskan rasa penyesalan atas kesalahan yang telah diperbuat.

Ada banyak situasi dalam menjalani hidup dimana orang akan sangat mudah terhasut dan pada akhirnya menjadi marah. 

Jika anda marah terhadap seseorang yang dianggap menggangu dan akhirnya harus bertengkar dengannya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan kata maaf.

Para ahli telah meneliti hal ini dan mereka menyadari bahwa memaafkan dan melupakan merupakan salah satu mekanisme pertahanan yang sangat dibutuhkan dalam hidup. 

Dengan melakaukan hal ini yang merupakan sumber daya penyembuhan yang tidak terakses dan yang  paling tidak masuk akal dan dipahami. 

Berikut ini manfaat minta maaf dan memberikan maaf terhadap seseorang

  • Jika orang sudah menyadari akan kesalahannya, tetapi tidak ada upaya untuk mengerahkan keberaniannya untuk minta maaf, Ia sama sekali tidak akan mendapatkan manfaat apa-apa, Ia  akan dihantui perasaan bersalah.Sebaliknya, Jika orang yang bersalah namun mempunyai keberania dengan meminta maaf atau memaafkan, maka akan bisa melepaskan perasaan bersalah tersebut.
  • Dalam hubungan yang tegang pada kedua belah pihak bisa Hidupnya akan diwarnai dengan stres, Sebuah permintaan maaf bisa memberikan kebahagiaan baru yang pada Kedua belah pihak yang sebelumnya bersitegang.

  • Pemberian maaf dapat mematahkan dari cengkraman rasa sakit pada pikiran kita dan membuka pintu bagi berbagai kemungkinan yang baru. Sebuah awal yang baru bisa muncul dari luka yang lama.

  • Pemberian maaf bisa mengubah sikap bermusuhan menjadi sikap saling membantu dan mengangkat semangat orang yang memaafkan serta yang dimaafkan.
  • Kata orang, hal terpenting dari memafkan adalah cinta, dan pemberian maaf terbaik dilakukan kepada orang-orang yang kita sayang dan telah melukai kita. Pemberian maaf dalam kasus ini sangat efektif dalam memperbaharui persahabatan, perkawinan dan karir.
  • Kebencian dan balas dendam dapat mengganggu keselarasan seluruh keluarga. Kebencian entah pasif atau pasif, adalah keganasan yang tumbuh, menggerogoti anda dari dalam serta terus mengeluarkan zat-zat berbahaya yang memicu berbagai penyakit. Balas dendam hanya akan membentuk lingkaran balas dendam yang tiada akhir. Lepaskanlah, dan mulailai untuk belajar meminta maaf dan memaafkan.

Meminta maaf maaf adalah perwujudan cinta, kebaikan dan rasa sayang yang tidak egois, tanpa pamrih dan tidak menyalahgunakan. 

Sedangkan memaafkan adalah melupakan, tidak membahasnya lagi dan itu berarti sembuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita

0 Response to " Makna di balik Minta Maaf dan Memaafkan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak