Kini Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Di ATM BCA

Fasilitas e-Samsat
Sebagai warga negara yang baik tentunya akan taat dalam membayar pajak. Apakah saat ini anda sudah membayar pajak kendaraan?

Selama ini biasanya anda membayar pajak kendaraan motor atau mobil dengan datang langsung ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) di Kepolisian setempat. 

Hambatan yang terbesar adalah waktu. Betapa susahnya kan menyempatkan waktu ke Kantor Samsat? Sebagian orang sampai harus keluar uang lebih untuk menggunakan biro jasa.

Seiring dendan adanya kemajuan teknologi, kini BCA bekerjasama dengan kantor Samsat memberikan layanan e-Samsat kepada para wajib pajak. 

Fasilitas e-Samsat memungkinkan anda dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan cara online melalui Jaringan ATM BCA. 

Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui jaringan ATM BCA hanya akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000,- saja.

Saat ini BCA telah melakukan kerja sama dengan :

  1. Samsat Jawa Barat (Jabar) dengan kode provinsi 032
  2. Samsat Kalimantan Timur (Kaltim) dengan kode provinsi 064
  3. Samsat Jawa Tengah (Jateng) dengan kode provinsi 033
  4. Samsat Nasional dengan kode provinsi 100 (bertahap dilakukan, saat ini untuk wilayah provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY Yogyakarta dan Bali)
  5. Samsat DKI Jakarta dengan kode provinsi 200
Nah, Lantas bagaimana Caranya Membayar Pajak Kendaraan melalui e-Samsat?

SAMSAT JABAR dan KALTIM:
  • Kirim SMS dengan format sebagai berikut:
  1. Untuk kendaraan yang terdaftar di wilayah Jawa Barat (Jabar): esamsat (spasi) no. rangka (spasi) NIK KTP, lalu kirim ke 08112119211
  2. Untuk kendaraan yang terdaftar di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim): esamsat (spasi) no. polisi (contoh : esamsat KT-1234-ABC), lalu kirim ke 08115857070
Setelah itu kamu akan menerima jawaban: spesifikasi kendaraan, jumlah tagihan serta kode bayar dari Samsat. Dengan kode bayar tersebut kamu dapat melakukan pembayaran melalui ATM BCA.

SAMSAT JATENG:
  1. Wajib pajak mengunduh dan memasang Aplikasi Sakpole (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) Jateng
  2. Wajib Pajak melakukan pendaftaran pada aplikasi Sakpole dengan cara memasukan No Polisi, NIK dan 5 (lima) digit Nomor Rangka terahir
  3. Sistem Sakpole  akan melakukan verifikasi, jika data sesuai maka akan ditampilkan besaran jumlah pajak dan kode bayar di layar aplikasi Sakpole
  4. Wajib Pajak melakukan pembayaran melalui ATM BCA dengan menginput kode bayar yang telah didapatkan
    Aplikasi Sakpole
SAMSAT NASIONAL dan SAMSAT DKI:
  1. Wajib pajak mengunduh dan memasang Aplikasi Samsat Online Nasional
  2. Wajib Pajak melakukan pendaftaran pada aplikasi Samsat Online Nasional dengan cara memasukan No Polisi, NIK dan 5 (lima) digit Nomor Rangka terahir
  3. Sistem Samsat Online Nasional akan melakukan verifikasi, jika data sesuai maka akan ditampilkan besaran jumlah pajak dan kode bayar di layar aplikasi Samsat Online Nasional;
  4. Wajib Pajak melakukan pembayaran melalui ATM BCA dengan menginput kode bayar yang telah didapatkan
Aplikasi Samsat Online Nasional

e-Samsat merupakan salah satu komitmen BCA dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para nasabah BCA, khususnya bagi para pemilik kendaraan bermotor.

Nah, sekarang, dengan hadirnya kemudahan pembayaran online lewat ATM BCA, tidak  ada lagi alasan buat anda untuk  menunda pembayaran tahunan  pajak kendaraan bermotormu. Cukup sisihkan 5 menit buat membayar pajak.

Bagaimana, sudah bereskan urusan pajak kendaraanmu tahun ini. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

0 Response to "Kini Bisa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Di ATM BCA"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak