Dzikir Dan Doa Setelah Shalat

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan sallam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wa sallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu dirahmati-Nya.

Dzikir Dan Doa Setelah Sholat

Berdzikir dan berdoa setelah melaksanakan sholat fardhu adalah anjuran Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam kepada umatnya. 

Pengertian Dzikir dan Doa Setelah Shalat

Dzikir berasal dari kata ذاكر (dzakara) yang artinya mengingat. Jadi Dzikir adalah mengingat kepada Allah dengan cara menyebut asma-asma Allah, membaca Istighfar (astaghfirullahal’adzim), membaca tasbih (Subhanallah), membaca tahmid (alhamdu lillah), membaca tahlil (laa Ilaha illallah) dan membaca Al-Qur’an juga termasuk dzikir.

Sedangkan doa berasal dari kata دعاء (du’a'un) yang artinya permohonan atau panggilan. Jadi doa adalah permohonan kita sebagai hamba Allah kepada Allah.

Hukum dzikir dan doa setelah salat fardlu adalah sunnah. Tujuan dzikir adalah mengingat Allah, ingat bahwa Allah selalu melindungi dan mengasihi makhluk-Nya yang selalu ingat kepada-Nya. 

Dengan berdzikir hati kita akan tenang karena hati kita selalu mengingat Allah. Berdzikir itu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja kecuali di toilet atau WC.

Tata Cara Dzikir dan Doa Setelah Shalat

1. Dzikir Setelah Shalat

Tata cara dzikir setelah shalat fardlu adalah sebagai berikut:

1. Istighfar tiga kali

أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ , أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ , أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ

(Astaghfirulloh, Astaghfirulloh, Astaghfirulloh)

Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah, Aku mohon ampun kepada Allah, Aku mohon ampun kepada Allah

2. Doa keselamatan

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

(Allohumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom)

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Maha Pemberi keselamatan dan keselamatan hanyalah dari-Mu, Mahaberkah Engkau, wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan

Keterangan: Istighfar dan doa di atas bersumber dari hadits riwayat Muslim.

3. Membaca dzikir ini

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

(Laa ilaha illalloh wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Allohumma laa maani’a limaa a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jadd)

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Kerajaan dan pujian hanyalah milik-Nya, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menolak apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang dapat memberi apa yang Engkau tolak. Juga tidak bermanfaat orang kaya (tanpa amal), dari-Mu segala kekayaan.

Keterangan: Dzikir ini bersumber dari hadits shahih riwayat Muslim.

4. Ayat kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

(Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum laa ta’khudzuhuu sinatuuw walaa naum lahuu maa fiis samaawaati wamaa fil ardhi man dzaal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi-idznih ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum walaa yuhiithuuna bisyai-in min ‘ilmihii illaa bimaasyaa-a wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa wahuwal ’aliyyul azhiim)

Artinya: Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhlukNya, tidak mengantuk dan tidak tidur KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izinNya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang meraka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Keterangan: Membaca ayat kursi (QS. Al-Baqarah: 255) ini berdasarkan hadits shahih riwayat An Nasa’i

5. Tasbih 33x, tahmid 33x, takbir 33x

سُبْحَانَ اللَّهِ

(Subhaanalloh) (33x)

Artinya: maha suci Allah

الْحَمْدُ لِلَّهِ

(Alhamdulillah) (33x)

Artinya: segala puji bagi Allah

اللَّهُ أَكْبَرُ

(Allohu akbar) (33x)

Artinya: Allah Maha Besar

Keterangan: Membaca tasbih, tahmid dan takbir masing-masing 33 kali ini berdasar hadits shahih riwayat Muslim dan Abu Daud

6. Membaca dzikir

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

(Laa ilaha illalloh wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir)

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Kerajaan dan pujian hanyalah milik-Nya, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

Keterangan: Membaca dzikir ini berdasar hadits shahih riwayat Muslim dan Abu Daud, lanjutan dari hadits tasbih, tahmid dan takbir masing-masing 33 kali di atas

2. Doa setelah shalat

1. Doa untuk kedua orang tua 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرً

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shokhiroon 

Artinya :
“Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil”

2. Doa kebaikan dunia akhirat

اللَّهُمَّ رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa Aatinaa Fid Dun-Ya Hasanah, Wafil-Aakhirati Hasanah, Waqinaa ‘Adzaaban Naar

Artinya :
“Ya Allah berikanlah kebahagiaan di dunia dan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksaan api neraka”

Hikmah Dzikir

Hikmah dzikir adalah sebagai berikut :

1. Mengingat Allah.

2. Menenangkan hati.

3. Mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wata'ala.

4. Dilancarkan Rezekinya.

5. Menghilangkan Perasaan Gundah. 

6. Menjauhkan Diri Dari Godaan Jin. 

7. Hidupnya Diliputi Banyak Kebaikan. 

8. Dapat Mengontrol Emosi Dalam Diri. 

9. Mendapat Kebahagian Setelah Mati. 

10. Dapat Mendekatkan Diri Kepada Allah Subhanahu wata'ala

Dengan memanjatkan do'a dan dzikir setelah melaksanakan sholat setiap hari akan mampu meningkatkan amalan ibadah kita kepada Allah Subhanahu wata'ala dan akan selalu mendatangkan ketenangan hati disaat menghadapi masalah.

Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi kehidupan kita dan menjadi amalan ibadah yang akan berguna di akhirat kelak.

0 Response to "Dzikir Dan Doa Setelah Shalat "

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak