Efek Buruk Pelaku Maksiat

Ini Dia 4 Efek Buruk Pelaku Maksiat, Jangan Dekat-Dekat Bisa Menular!

Apakah Dampak Buruk Dari Kemaksiatan Itu Dapat Mengenai Pelaku Maksiat Dan Juga Mengenai Orang-orang Yang Ada Di Sekitarnya?

Tidak diragukan lagi bahwa efek buruk dari kemaksiatan itu mengenai pelaku maksiat dan juga mengenai orang-orang yang ada di sekitarnya terutama sekali jika tidak ada pengingkaran (serta pencegahan). Allah ta’ala berfirman :

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.” (QS Al-Anfal : 25).

Bahkan salah satu penyebab menyebarkan bala‘ dan musibah di tengah-tengah masyarakat kaum muslimin adalah keberadaan kemaksiatan yang menjamur tanpa ada yang mengingkarinya. Tanpa ada yang mencegah dan menasehati, Allah ta’ala berfirman :

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Berikut juga 4 dampak buruk akibat bermaksiat :

1. Sebab Sulit Masuknya Ilmu

Ilmu adalah awal dari setiap kebaikan, seseorang tidak mungkin beramal dengan benar kecuali setelah dia mengetahui ilmunya, orang yang hanya mengandalkan niat yang baik dalam beramal tanpa ilmu yang benar dia akan lebih sering terjatuh kepada kesalahan.

2. Sebab Terhalangnya Rezeki

Sebagaimana ketaatan bisa menjadi sebab datangnya rezeki, demikian juga kemaksiatan bisa menjadi sebab terhalangnya pelakunya dari mendapatkan rezeki

3. Sebab Terhalangnya Berbuat Ketaatan

Kemaksiatan merupakan lawan dari ketaatan. Tidaklah seseorang melakukan satu kemaksiatan melainkan dia telah meninggalkan satu ketaatan. Semakin sering dia melakukan kemaksiatan semakin sulit dia melakukan ketaatan, karena kemaksiatan itu terjadi karena mengikuti kemaksiatan yang telah dia lakukan sebelumnya.

4. Sebab Timbulnya Permusuhan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ؛ مَا تُوَادُّ اثْنَانِ فَفُرِّقَ بَيْنَهُمَا، إِلَّا بِذَنْبٍ يُحْدِثُهُ أَحَدُهُمَا

“Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah dua orang saling mencintai kemudian keduanya berpisah/bermusuhan/tidak lagi saling mencintai melainkan karena dosa yang dilakukan oleh salah satu diantara keduanya.” 

(Diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dalam Adab Mufrad, dinilai hasan oleh Ahmad Syakir dan dinilai shahih oleh Syu’aib Al-Arna’uth).

0 Response to "Efek Buruk Pelaku Maksiat"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak