Hubungan Yang Dijalin Bukan Karena Allah

Di dunia mereka dahulu adalah teman dekat dan akrab, kemana-kemana selalu bareng, Jalan bareng, ke Mall bareng, Nonton bareng, Karaoke bareng, Selfie bareng, Nongkrong bareng, sering traktir, susah senang bersama.

Namun siapa sangka diakhirat mereka justru menjadi musuh, Lantas apa penyebabnya ?

Ternyata penyebabnya adalah hubungan dekat dan akrab yang mereka jalin di dunia bukan karena Allah, melainkan hanya untuk kesenangan dunia, mereka tidak saling mengingat perkara akhirat, justru mereka semakin lalai dan saling mengajak dalam kemaksiatan.

Allah ๏ทป berfirman,

ุงู„ْุฃَุฎِู„َّุงุกُ ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ุจَุนْุถُู‡ُู…ْ ู„ِุจَุนْุถٍ ุนَุฏُูˆٌّ ุฅِู„َّุง ุงู„ْู…ُุชَّู‚ِูŠู†َ

“Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67)

Ahli Tafsir At-Thabari menjelaskan,

ุงู„ู…ุชุฎุงู„ูˆู† ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ ุนู„ู‰ ู…ุนุงุตูŠ ุงู„ู„ู‡ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง, ุจุนุถู‡ู… ู„ุจุนุถ ุนุฏูˆّ, ูŠุชุจุฑุฃ ุจุนุถู‡ู… ู…ู† ุจุนุถ, ุฅู„ุง ุงู„ุฐูŠู† ูƒุงู†ูˆุง ุชุฎุงู„ّูˆุง ููŠู‡ุง ุนู„ู‰ ุชู‚ูˆู‰ ุงู„ู„ู‡.

“Orang-orang yang saling bersahabat di atas maksiat kepada Allah di dunia, di hari kiamat akan saling bermusuhan satu sama lain dan saling berlepas diri, kecuali mereka yang saling bersahabat di atas takwa kepada Allah.” (Lihat Tafsir At-Thabari)

Demikianlah keadaan “teman akrab” di dunia yang tidak dibangun berdasarkan “pertemanan karena Allah“, mereka kelak justru akan menjadi musuh.

Sebab itu hendaknya ketika berteman harus niat karena Allah, saling mengajak dalam kebaikan, saling mengingatkan dalam ketaatan. Bukan hanya sekedar untuk kesenangan dunia saja.

Semoga Allah ๏ทป memberikan kita taufiq dan di anugerahi teman-teman yang shalih, sehingga kelak kita dapat bersama-bersama lagi berkumpul di dalam surga. Aamiin.

0 Response to "Hubungan Yang Dijalin Bukan Karena Allah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak