PINTU-PINTU MASUKNYA SYAITAN KE DALAM RELUNG HATI MANUSIA

PINTU-PINTU MASUKNYA SYAITAN KE DALAM RELUNG HATI MANUSIA

Penguasaan hati adalah target terbesar bagi syaitan untuk menjadikan manusia selalu melakukan dosa dan kesalahan. 

Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

"Syaitan telah menguasai (Hati) mereka, lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah..." (QS. Al-Mujadilah [58]: 19)

Jika pintu itu Terbuka & tidak Terbentengi, Manusia akan Melakukan "Maksiat", dan dosa-dosa yang "lebih Banyak". Dan di antara pintu-pintu agar syaitan bisa masuk ke dalam hati manusia adalah :

1. KEBODOHAN (AL-JAHL)

Pintu masuk syaitan yang "terbesar" adalah al-Jahl (Kebodohan), dan dari pintu inilah syaitan menguasai "Sebagian Besar" dari manusia, hingga mereka mengharamkan apa yang "dihalalkan" oleh Allah Ta'ala, atau menghalalkan apa yang diharamkan-Nya, dan juga beribadah kepada Allah dengan kebid'ahan yang menyelisihi sunnah.

2. MARAH (AL-GHADHAB)

Manusia itu memiliki "Hawa nafsu" yang Gampang dipergunakan oleh syaitan untuk Menjeratnya Dalam Dosa. Salah satunya lewat amarah, syaitan pun menunggangi pikirannya, "menusuk-nusuk" hatinya dan akan keluar kata-kata syaitan yang kasar dan kotor dari mulutnya.

3. CINTA DUNIA (HUBBUD DUNYA)

Banyak manusia yang terlena menganggap Dunia itu "tujuan", lalu melakukan segala "Macam Cara" Untuk Meraihnya. Syaitan menggunakan hidupnya "sekedar" untuk berfoya-foya, & bersibuk-sibuk mengejar dan menikmati keindahan dunia semata.

4. DENGKI (AL-HASAD)

Yaitu tidak menyukai Kenikmatan yg ada pada "orang lain", dan dia mengharapkan "Hilangnya Kenikmatan" itu darinya, baik Berpindah kepada dirinya, ataupun tidak. Dan ini merupakan perbuatan dosa yang pertama kali terjadi di "Langit" yang telah dilakukan oleh Iblis.

5. KEKENYANGAN

Imam asy-Syaafi'i rahimahullah berkata :

"Kekenyangan membuat Badan menjadi berat, hati menjadi Keras, bisa hilangkan kecerdasan, membuat sering tidur, serta lemah untuk beribadah" (Siyar VIII/248)

6. KIKIR / TAKUT MISKIN

Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

"Syaitan Menjanjikan ("Menakut-nakuti") kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu Berbuat Keji (KIKIR), sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan dari-Nya dan juga "Karunia", dan Allah Maha Luas (Karunia-Nya) Lagi Maha Mengetahui" (QS. Al-Baqarah [2]: 268)

7. TERGESA-GESA, TDK BER-HATI-HATI ATAU MERASA PANIK

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

ุงَู„ْุนَุฌَู„َุฉُ ู…ِู†َ ุงู„ุดَّูŠْุทَุงู†ِ ูˆَุงู„ุชَّุฃَู†ِّูŠْ ู…ِู†َ ุงู„ู„ู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰

"Tergesa-gesa itu Berasal dari Syaitan, & berhati-hati berasal dari Allah Ta'ala" (HR. Abu Ya’laa & al-Baihaqi, hadits dari Anas bin Maalik, lihat ash-Shahiihah no. 1795)

8. SUKA PAMER (RIYAA')

Seorang yang riyaa' (suka pamer) adalah orang yang "sangat rendah" kepercayaan dirinya Sehingga "Butuh Pamer" untuk bisa mendapatkan pengakuan dari orang lain. Syaitan akan masuk di hati mereka yang suka "Memamerkan Diri" dengan Tujuan untuk mendapatkan pujian dari manusia.

9. SOMBONG (AL-KIBR)

Sombong adalah menolak kebenaran & "Merendahkan Manusia". Jika manusia memiliki "sifat" seperti ini maka syaitan pun akan begitu mudahnya menjadikan manusia bertambah-tambah dosanya.

10. MEREMEHKAN DOSA

Banyak manusia yang "Telah" melakukan dosa Besar; mereka menganggap enteng dosa-dosa kecil, padahal dosa-dosa kecil jika dikerjakan terus menerus maka lama kelamaan Akan Menumpuk, dan menjadi dosa besar, apalagi jika tidak bertaubat.

11. MERASA AMAN DARI ANCAMAN DAN ADZAB ALLAH

Banyak yang Lupa Diri dan terus berbuat dosa, seolah-olah diri Merasa Aman dari ancaman "Nerakanya" Allah. Syaitan pun membuatnya Berpikir bahwa "Ancaman" Allah masih lama, padahal waktu "terus" saja berjalan. Siapa yang bisa menjamin umur seseorang ? Apa masih bisa hidup sampai esok hari ?

12. PESIMIS DARI RAHMAT ALLAH

Syaitan Menjadikannya Merasa "Sudah" Terlambat untuk bertaubat karena Dosa terlalu banyak. Pesimis merasukinya, yg akhirnya dia pun jadi pendosa abadi dan tidak ingat Bertaubat, meski Umur terus berkurang dan waktu menuju liang lahat pun semakin dekat.

✍ Ustadz Najmi Umar Bakkar


0 Response to "PINTU-PINTU MASUKNYA SYAITAN KE DALAM RELUNG HATI MANUSIA"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak