Manfaat Gadget Untuk Perkembangan Anak

Di Zaman yang serba digital seperti saat ini. Kita sering mendapati buah hati kita, dari usia dini sudah menggunakan smartphone, laptop dan Handphone.

Hal ini terkadang membuat kita menjadi khawatir atas bertumbuh kembangnya anak kita.

Gadget adalah sebuah perangkat elektronik dalam bentuk teknologi informasi dengan fungsi yang sangat spesifik sesuai dengan konteks di era globalisasi saat ini. 

Kita juga telah banyak mendapati buah hati kita, seusia dini sudah mahir menggunakan smartphone, laptop dan Handphone, hal ini memang kadang membuat kita khawatir atas bertumbuh kembangnya anak kita.

Namun, ada kabar baiknya juga terkait keberadaan gadget bagi perkembangan anak. Para pakar kesehatan kini justru membolehkan anak main gadget. 

Bahkan, katanya hal ini bisa membantu mendukung tumbuh kembang anak. Bagaimana bisa? Berikut ulasan lengkapnya.

American Academy of Pediatric (AAP) mengungkapkan bahwa kehadiran gadget ternyata juga bisa mendukung tumbuh kembang anak. 

Berikut ini manfaat yang ketika anak main gadget:

1. Merangsang keterampilan motorik

Keterampilan motorik adalah kemampuan yang berkaitan dengan gerakan otot-otot tubuh seperti bibir, lidah, tangan, dan kaki. 

Keterampilan motorik anak ini ternyata bisa dilatih lewat permainan edukasi yang tersedia dalam gadget.

Saat memegang smartphone atau tablet, si kecil akan melibatkan koordinasi mata dan gerakan jari-jari tangannya untuk membuka aplikasi sampai berhasil main game. 

Hal ini membuktikan bahwa secara tidak langsung, kehadiran gadget dapat melatih kemampuan motorik anak di masa pertumbuhannya.

2. Melatih cara berpikir

Para ahli sepakat bahwa perkembangan teknologi yang ada saat ini ternyata dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan lebih cepat dan lebih baik. 

Keterampilan kognitif adalah kemampuan yang berkaitan dengan cara berpikir, mengingat, membuat rencana, hingga pemecahan masalah.

Sekarang ini sudah banyak media interaktif, kita ambil contoh pada permainan puzzle, anak dirangsang untuk fokus dan mencari cara menyusun potongan-potongan gambar yang acak menjadi satu gambar yang utuh. 

Permainan yang seperti inilah yang dapat merangsang cara berpikir anak untuk memecahkan masalah supaya bisa terus maju ke level selanjutnya.

3. Merangsang anak berpikir kreatif

Jangan salah, membiarkan anak main gadget ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk merangsang kreativitas anak. 

Pasalnya, saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat melatih keseimbangan otak kiri dan kanan anak, salah satunya lewat kegiatan menggambar dan mewarnai.

Semakin berkembangnya teknologi sekarang ini sudah tersedia gadget baru dalam kegiatan mewarnai, anak akan tertarik untuk berpikir kreatif 

Dengan memadukan berbagai warna ke dalam satu gambar favorit si kecil hanya dengan menekan tombol gadget.

Cara ini dapat membantu anak menuangkan ide dan kreativitasnya dengan cara baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

Demikian  Manfaat Gadget Untuk Perkembangan Anak. Semoga dapat menambah wawasan kita. Terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to " Manfaat Gadget Untuk Perkembangan Anak"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak