Program Studi di Cabang Ilmu Sosial

Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam biasanya pilihan program studi berikutnya adalah kedokteran, atau teknik, lalu apa sih program studi yang cocok untuk kalian yang lulus dari konsentrasi Ilmu sosial?

Jangan bingung karena faktanya, program studi di cabang ilmu sosial sangat banyak! Tapi, sebelum membahas pogram studinya, perlu lah kalian memahami apa itu ilmu sosial! 

Ilmu sosial didefinisikan British Academy sebagai studi yang berkaitan dengan populasi secara umum. 

Ilmuwan sosial cenderung menggunakan metode ilmiah untuk mendekati bidang studi seperti hukum, ekonomi, politik, sosiologi, geografi, psikologi dan sejarah. 

Maka kemampuan analitis kalian tehadap fenomena di masyarakat akan di asah dalam pendekatan penelitian yang menarik!

Apa saja kira-kira program studi yang cocok deengan deskripsi di atas? Berikut beberapa program studi di cabang ilmu sosial yang menarik buatmu dengan prospek profesi yang juga luas.

1. Antropologi

Dikenal sebagai 'ilmu kemanusiaan', antropologi mencakup beragam topik - mulai dari perilaku manusia, hingga hubungan budaya, dan bagaimana evolusi umat manusia telah memengaruhi struktur masyarakat. 

Ini sering digambarkan sebagai sesuatu yang ilmiah dan humanistik, yang berarti sangat cocok untuk siapa pun yang mencari kesenangan untuk kedua jenis subjek ini.

Dan, sementara berfokus pada sejarah sampai batas tertentu, ada banyak kesempatan untuk menerapkannya dalam konteks kehidupan modern

2. Arkeologi

Sementara banyak orang berpikir arkeolog seperti Indiana Jones, kebenarannya sangat berbeda - meskipun tidak kalah menarik. 

Mirip dengan antropologi, arkeologi adalah studi tentang kemanusiaan yang jauh lebih bergantung pada bukti material yang ditinggalkan oleh budaya. Penggalian, analisis, dan survei yang harus dilakukan.

3. Ekonomi

Ekonomi melihat produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Kamu dapat memilih untuk mengambil pandangan yang dekat atau yang luas, tetapi secara umum, turun untuk melihat bagaimana sistem ekonomi dunia bekerja. 

Pengetahuan ini dapat diterapkan baik secara teoritis maupun praktis, artinya subjek ini sangat cocok untuk siapa saja yang tertarik pada dunia ekonomi saat ini.

4. Geografi

Meskipun banyak dari kita mungkin ingat geografi sebagai subjek di sekolah yang terlalu sering melibatkan peta, namun Geografi melampaui itu.

Menganalisis populasi, tanah, hubungan antara keduanya dan sering menghubungkan ke ilmu bumi (seperti geologi). 

Di tingkat pascasarjana, kamu akan dapat mengambil spesialisasi dalam cabang tertentu - seperti kelautan, manajemen lingkungan atau geografi pariwisata.

5. Sejarah

Sejarah adalah subjek yang luas, mencakup area yang luas dan periode waktu dunia. Sementara studi tingkat pascasarjana memberimu kesempatan untuk berspesialisasi, kamu masih akan menggunakan keterampilan yang sama. 

Menafsirkan sumber, melihat teori saat ini di masa lalu, dan menilai ide terhadap bukti yang tersedia. Dengan sejarah panjang yang terdokumentasi dengan baik, ada peluang untuk melihat tempat-tempat yang kamu pelajari secara langsung.

6. Hukum

Mempelajari Hukum akan memberimu kesempatan untuk melihat berbagai sistem hukum, dan untuk fokus pada bidang tertentu.

Hukum kontrak, hukum internasional atau hukum pidana. Melakukan studi lebih lanjut dalam bidang hukum sangat berguna, meskipun dimungkinkan untuk mempelajarinya semata-mata karena alasan akademis.

7. Ilmu bahasa

Linguistik adalah studi tentang bahasa melihat bentuk, konteks, atau maknanya. 

Daripada belajar berbicara bahasa tertentu, linguistik lebih tentang bagaimana bahasa itu sendiri bekerja. 

Dalam linguistik, ada berbagai studi, dari melihat tata bahasa untuk akuisisi bahasa atau evolusi bahasa.

8. Ilmu Politik

Politik memengaruhi setiap bagian kehidupan, jadi tidak heran hal itu menjadikan bidang studi yang sedemikian menarik. 

Sering dipecah menjadi Filsafat Politik, Politik Komparatif dan Hubungan Internasional, subjek ini memungkinkan untuk mempelajari peristiwa sejarah dan saat ini. 

Sekali lagi, ini adalah gelar yang sempurna bagi mereka yang ingin berkarir di bidang ini, atau memahaminya secara akademis.

9. Psikologi

Baik teori dan eksperimental, psikologi mempelajari perilaku sosial dan proses neurobiologis. Dengan bidang studi yang begitu luas tentang pikiran manusia 

Kamu akan berspesialisasi dalam bidang-bidang tertentu, mungkin perkembangan anak, hubungan interpersonal atau psikologi sosial.

10. Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, baik pada level individu maupun struktural. 

Meliputi topik-topik seperti kelas, agama dan mobilitas sosial, ada banyak pilihan untuk mengambil spesialisasi. 

Beberapa sosiolog bekerja semata-mata untuk tujuan teoretis, sementara yang lain berniat menggunakan temuan mereka dalam kebijakan atau kesejahteraan. 

Di benua multikultural dengan banyak ragam masyarakatnya, kamu akan menemukan banyak hal untuk dipelajari, dan dengan jumlah perubahan yang terjadi pada abad yang lalu, pasti akan ada area yang menarik bagimu untuk ditelusuri.

0 Response to "Program Studi di Cabang Ilmu Sosial"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak