Manfaat Buah nanas

Nanas merupakan salah satu jenis buah dari famili Bromeliaceae yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus Merr. 

Tanaman nanas ini memiliki kulit kasar yang keras dan daunnya runcing di atasnya. Rasa buah nanas memiliki perpaduan manis dan sedikit asam yang menyegarkan.

Buah nanas tidak hanya enak untuk dikonsumsi langsung, namun juga bisa dibuat olahan lain. Mulai dari dibuat jus, dijadikan menu tambahan untuk salad, kue atau hidangan lainnya.

Buah satu ini juga kaya akan nutrisi dan mineral lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, nanas juga bagus untuk dimasukkan ke dalam diet.

Kandungan nutrisi nanas per 165 gram adalah: 

  1. Kalori: 74. 
  2. Lemak: 0 g. 
  3. Kolesterol: 0 mg. 
  4. Natrium: 2 mg. 
  5. Kalium: 206 mg. 
  6. Karbohidrat: 19,5 g. 
  7. Gula: 13,7 g. 
  8. Protein: 1 g. 
  9. Vitamin C: 28 mg. 
  10. Kalsium: 21 mg.

Lalu apa saja manfaat nanas untuk kesehatan? Berikut diantaranya;

1. Membantu menurunkan berat badan

Banyak penelitian telah membuktikan, nanas membantu dalam membakar lemak, atau mengurangi berat badan.

Nanas rendah kalori, setiap 100 gram nanas hanya mengandung 50 kalori. Buah nanas bisa tambahkan ke salad, dimakan langsung, atau dibuat jus.

2. Baik untuk Penderita diabetes

Makan makanan yang mengandung serat dapat membantu mengurangi nafsu makan. Dalam hal ini, nanas kaya dengan serat sehingga bila mengonsumsinya dapat memengaruhi penurunan berat badan.

Serat juga memperlambat pemecahan gula dalam darah, sehingga baik untuk pasien diabetes.

3. Menambah Energi

Selain kaya akan serat, buah ini juga mengandung enzim yang disebut bromelain, yang ditemukan di inti, kulit dan batang buah.

Enzim ini baik untuk meningkatkan pencernaan dan digunakan untuk mengisi tubuh dengan lebih banyak energi. Bila sedang menjalani diet, bisa mengisi kekurangan energi dengan konsumsi nanas.

4. Mengurangi resiko Penyakit Jantung

Nanas juga mengandung vitamin B-6, yang mana vitamin ini sangat penting untuk memiliki fungsi tubuh yang sehat.

Vitamin B-6 meningkatkan kesehatan otak, membantu mengobati mual selama kehamilan dan juga gejala PMS, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, serta manfaat kesehatan lainnya.

5. Menjaga kekebalan tubuh

Buah nanas juga mengandung mangan dan tembaga. Ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mangan, dapat membantu meningkatkan metabolisme yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Tembaga membantu menjaga tubuh tetap sehat dan memperbaiki jaringan ikat.

6. Mengurangi gejala arthritis 

Arthritis melibatkan rasa sakit yang parah pada persendian yang disebabkan peradangan. Enzim bromelain dalam buah nanas memiliki efek anti-inflamasi untuk mengurangi gejala arthritis, bromelain membantu mengurangi nyeri lutut dan meningkatkan kesehatan.

7. Membantu mencegah kanker 

Kandungan enzim bromelain dalam buah nanas dapat membantu mencegah kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat menghambat pertumbuhan sel dan menginduksi apoptosis sel pada kanker sehingga sel menjadi mati. 

Pada kanker lambung, pengobatan bromelain dapat mengurangi pertumbuhan sel dan gangguan DNA yang signifikan.

8. Membuat tulang kuat 

Manfaat buah nanas untuk membuat tulang kuat merupakan efek dari mineral mangan yang terkandung di dalamnya. 

Satu cangkir potongan nanas mengandung 2,6 mg mangan, yaitu mineral yang penting untuk mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat. 

Mangan sangat penting untuk kesehatan tulang, termasuk perkembangan dan pemeliharaan tulang. Ketika dikombinasikan dengan nutrisi kalsium, seng dan tembaga, mangan mendukung kepadatan mineral tulang.

Efek Samping Buah 

Nanas untuk Kesehatan Menurut ahli gizi Laura Flores seperti dilansir dari livescience.com, nanas adalah pelunak daging yang baik. 

Jika makan terlalu banyak buah nanas, maka dapat menyebabkan nyeri pada mulut, termasuk bibir, lidah, dan pipi. 

Nanas juga dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal atau kesulitan bernapas.  Jus dari buah nanas mentah dapat menyebabkan muntah parah. 

Konsumsi bromelain berlebihan dari buah nanas juga dikaitkan dengan diare, aliran menstruasi berlebih, mual, ruam kulit, dan muntah.


0 Response to "Manfaat Buah nanas"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak