Kasiat Buah Naga yang Luar biasa

 

Buah naga ini adalah salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis yang tidak asing lagi di Indonesia. Buah naga ini memiliki tampilan merah merona, buah naga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Perlu kita perhatikan pada, saat membeli buah naga kita perlu memilihnya dengan benar agar mendapatkan buah yang berkualitas baik dengan rasa yang manis.

Cara mengeceknya juga cukup gampang, bahkan cukup dilihat dari bagian kulitnya saja. Simak cara memilih buah naga berikut ini sebelum pergi membelinya.

Tips Memilih Buah Naga Berkualitas Baik

1. Periksalah Bagian Kulit Luarnya

Tips pertama yang mesti dilakukan adalah dengan memeriksa bagian kulit luarnya. Pastikan apakah kulitnya pink merah, serta tekstur kulitnya mulus. Pastikan pula apakah warna buahnya merata di semua sisi buah naga ataupun tidak.

Buah naga yang bagus dan manis biasanya punya warna pink merah yang merata di setiap bagian kulitnya.

2. Tekanlah Bagian Batang Buahnya

Selain kulit buah, bagian batangnya pun juga mesti diperhatikan. Caranya, dengan menekan bagian batang tersebut.

Pastikan apakah batang buahnya empuk atau tidak. Buah naga yang bagus dan matang biasanya punya batang yang empuk.

3. Periksa Pula Bagian Kelopak Pada Buah Naga

Salah satu ciri khas buah naga adalah adanya bagian kelopak pada kulit buahnya. Buah naga yang bagus biasanya punya kelopak berwarna merah, serta memiliki sedikit warna kecoklatan.

Bila Sahabat menemukan warna kelopak semacam itu, maka Sahabat layak membeli buah naga tersebut.

4. Ciumlah Aroma Buah Pada Buah Naga

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencium aroma pada buah naga. Bila tercium aroma yang ringan dan segar, maka bisa dipastikan kalau buah naga tersebut dalam kondisi matang dan bagus.

Kalau aromanya agak berat atau bahkan tidak ada aroma, maka bisa dipastikan kalau buah naga itu terlalu matang atau bahkan masih mentah.

5. Tekanlah Bagian Kulit Buah Naga

Cara yang satu ini lazimnya dilakukan saat hendak membeli buah mangga atau alpukat. Namun, cara ini rupanya juga bisa dipakai untuk memilih buah naga.

Cara ini bisa membantu menemukan mana buah naga yang sudah matang atau belum. Jika buahnya terasa agak lembek, maka bisa dipastikan kalau itu adalah buah naga yang sudah matang.

Kalau buahnya terlalu lembek dan bahkan keras, bisa dipastikan kalau buah naga tersebut terlalu matang atau masih mentah.

6. Periksalah Bagian Daun Pada Buah Naga

Tak hanya kelopak, buah naga juga biasanya punya sisa daun yang menempel pada kulit buahnya. Jika Anda menemukannya, bisa langsung mengecek daun tersebut.

Bila daunnya berwarna kecoklatan, jangan membeli buah naga tersebut. Pasalnya, hal itu menandakan buahnya tidak punya kualitas baik. Buah semacam itu biasanya tidak bertumbuh secara baik.

Sementara itu, bila daunnya berwarna kecerahan, maka buah naga tersebut adalah buah dengan kualitas terbaik. Jangan ragu untuk memilih buah naga semacam itu, bila nanti Sahabat menemukannya.

7. Lihatlah Tingkat Kebersihan Buahnya

Tips terakhir yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan memperhatikan tingkat kebersihan buahnya.

Kalau buahnya bersih dari noda dan debu, maka bisa dipastikan kalau itu adalah buah naga yang bagus.

Perhatikan pula apakah bagian permukaannya terdapat lubang atau bekas sayatan. Bila ada, maka sebaiknya Sahabat jangan membeli buah naga tersebut.

Buah naga dengan lubang atau bekas sayatan sangat rentan terkena bakteri. Hal itu tentu saja mengurangi rasa dan kualitas dari buah naga itu sendiri.

Kandungan dan Manfaat Buah Naga Merah

Buah naga termasuk jenis buah yang rendah kalori. Dalam seporsi buah naga (sekitar 100 gram) hanya terdapat sekitar 60 kalori. 

Buah ini juga sama sekali tidak mengandung lemak. Meski demikian, kandungan gizi pada buah naga cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam buah naga dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada buah naga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. 

Kandungan vitamin C pada buah naga juga baik untuk merangsang pembentukan kolagen, menjaga daya tahan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan darah.

2. Vitamin B2 dan vitamin B3

Selain vitamin C, buah naga juga mengandung vitamin B2 dan vitamin B3. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelancaran metabolisme tubuh dan memelihara kesehatan jaringan tubuh. 

Asupan vitamin B yang tercukupi juga diyakini dapat menurunkan risiko beberapa penyakit, seperti migrain, katarak, preeklampsia, dan penyakit jantung. Vitamin B juga disebut berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf tubuh.

3. Magnesium

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung magnesium. Berkat kandungannya tersebut, buah ini dapat mencegah dan meringankan kram otot, meningkatkan stamina dan performa saat berolahraga, memelihara kesehatan dan fungsi jantung, serta menurunkan tekanan darah. Magnesium juga dapat menurunkan risiko depresi, diabetes tipe 2, dan hipertensi, serta meringankan gejala migrain dan sindrom pramenstruasi.

4. Zat besi

Zat besi merupakan jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia karena berperan sebagai bahan baku pembuatan sel darah merah. 

Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah dalam tubuh pun akan berkurang. Akibatnya, Anda berisiko terserang anemia atau kurang darah.

Buah naga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat memenuhi asupan zat besi yang diperlukan tubuh dan mencegah Anda dari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. 

Kandungan zat besi dalam buah naga ini menjadikannya salah satu pilihan buah penambah darah yang bisa Anda pertimbangkan.

5. Kalsium

Kalsium diperlukan oleh tubuh untuk memelihara kekuatan tulang. Selain itu, organ jantung, otot, dan saraf juga memerlukan kalsium agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab buah naga juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Selain mengonsumsi susu, Anda dapat mengonsumsi buah naga untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

6. Antioksidan

Buah naga merupakan jenis buah yang kaya akan antioksidan dan zat pewarna alami yang disebut antosianin. Zat inilah yang memberikan warna merah terang pada buah naga. 

Kandungan buah naga tersebut diketahui dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan menurunkan risiko kanker.

Setelah mengonsumsi buah naga merah, warna urine dan feses Anda mungkin akan menjadi tampak kemerahan. 

Namun, Anda tidak perlu cemas karena hal tersebut wajar terjadi dan tidaklah berbahaya. Urine dan fese berwarna kemerahan disebabkan oleh zat antosianin yang terkandung dalam buah naga merah.

Selain kandungan di atas, buah naga juga mengandung banyak serat sehingga bisa melacarkan pencernaan. 

Dengan rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan berserat tinggi, termasuk buah naga, Anda bisa tercegah dari sembelit.

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Kulit buah naga mengandung antosianin dalam jumlah tinggi, pigmen warna alami yang memberi warna merah-oranye hingga biru-ungu pada buah atau tanaman.

Apa yang membuat anthocyanin begitu berharga bagi kesehatan kita adalah fakta bahwa mereka adalah antioksidan kuat.

Beberapa penelitian dan uji klinis pada manusia telah dilakukan untuk menyelidiki efek kesehatan antosianin bagi tubuh kita, yang sebagian besar dapat dikatakan karena efek sifat antioksidannya.

Antosianin telah terbukti membantu dalam pengurangan risiko diabetes.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan pengerat menunjukkan bahwa antosianin mencegah resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi stres oksidatif.

Sebuah uji klinis yang melibatkan 58 pasien diabetes juga menunjukkan bahwa suplementasi antosianin yang dimurnikan memberikan efek metabolik yang menguntungkan pada subjek diabetes tipe 2.

Selanjutnya, pengobatan tradisional Tiongkok telah menggunakan buah Cornus yang kaya akan antosianin untuk mengobati diabetes.

0 Response to "Kasiat Buah Naga yang Luar biasa"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak