10 Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga

Sahabat Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassallam yang dijamin masuk surga, Ini penjelasan lengkapnya.

Sahabat Nabi adalah orang-orang yang berjumpa dengan Nabi dalam keadaan berislam dan meninggal juga dalam keadaan berislam.

Sebab, luasnya perjalanan Nabi dan interaksi beliau dengan orang-orang di berbagai daerah.

Dari sekian banyak sahabat Nabi, ada 10 sahabat yang dijamin masuk surga karena keistimewaannya.

Siapa sajakah mereka?

Dari Abdurrahman bin Auf , Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassallam bersabda:

أبو Ψ¨ΩƒΨ± في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©، ΩˆΨΉΩ…Ψ± في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ© ΩˆΨΉΨ«Ω…Ψ§Ω† في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©، ΩˆΨΉΩ„ΩŠ في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©، ΩˆΨ·Ω„Ψ­Ψ© في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©، ΩˆΨ§Ω„Ψ²Ψ¨ΩŠΨ± في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©، وعبد Ψ§Ω„Ψ±Ψ­Ω…Ω† Ψ¨Ω† عوف في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©، وسعد Ψ¨Ω† أبي ΩˆΩ‚Ψ§Ψ΅ في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©، وسعيد Ψ¨Ω† زيد في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©، وأبو عبيدة Ψ¨Ω† Ψ§Ω„Ψ¬Ψ±Ψ§Ψ­ في Ψ§Ω„Ψ¬Ω†Ψ©

Artinya: “Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’ad bin Abi Waqqas di surga, Sa’id bin Zaid di surga, Abu Ubaidah bin al-Jarrah di surga.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan An-Nasai).

1. Abu Bakar Ash-Shidiq

Abu Bakar merupakan orang pertama yang mengakui peristiwa Isra’ Mi’raj. Dia begitu setia mendampingi Nabi Ketika hijrah ke Madinah.

Dia juga dikenal sebagai sosok yang sangat gigih dalam melindungi orang yang memeluk agama Islam.

Bahkan, setelah Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassallam wafat, Abu Bakarlah yang meneruskan kepemimpinan di Madinah selama periode 632-624 masehi.

2. Umar bin Khattab

Umar bin Khatab merupakan khalifah kedua setelah Abu Bakar.

Saat Umar bin Khattab memimpin, agama Islam sudah mulai meluas hingga ke Mesir, Palestina, Syiria, Afrika Utara, Armenia, dan daratan Eropa.

Dia dikenal memiliki gelar Al-Faruq, yang artinya pembeda antara yang benar dan yang salah.

3. Utsman bin Affan

Utsman bin Affan merupakan pengganti Umar bin Khattab untuk melanjutkan kepemimpinan Islam sebagai khalifah.

Dalam kurung waktu 12 tahun, dia memiliki misi besar untuk memperluas Islam serta membangun banyak infrastruktur.

Dia dikenal sebagai Dzun Nurayn atau pemilik dua cahaya, karena dia telah menikahi kedua putri Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wassallam bernama Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

4. Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib adalah khalifah keempat setelah Utsman bin Affan. Ali adalah sepupu sekaligus menantu dari Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassallam.

Meski usianya terbilag muda bila dibanding sahabat yang lain, Ali adalah sosok pemberani yang mengikuti semua perang. Dia sangat mencintai ilmu, cerdas, dan bersikap sederhana.

5. Talhah bin Ubaidillah

Talhah bin Ubaidillah ini adalah sahabat Nabi yang berasal dari Quraisy. Dia menjadi salah satu dari 10 sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Dia sangat meyakini janji Allah dan Rasulullah.

Bahkan, dia rela mengorbankan dirinya demi melindungi Rasulullah dari serangan panah saat Perang Uhud.

6. Zubair bin Awwam

Zubair bin Awaam merupakan tujuh orang pertama yang sangat meyakini ajaran Islam. Bahkan, sampai ikut hijrah ke Habasyi atau Ethiopia, setelah itu Kembali ke Madinah.

Upaya Zubair tidaklah mudah, dia sempat disiksa oleh pamannya yaitu Naufal bin Khuwailid, yang sangat marah atas keputusannya masuk Islam.

Zubair sendiri merupakan putra dari bibi Nabi Muhammad yang juga suami dari Asma binti Abu Bakar Ash-Shiddiq.

7. Abdurrahman bin Auf

Beliau dikenal sebagai sahabat Nabi yang memiliki banyak harta. Sahabat Nabi yang berasal dari Bani Zuhrah ini merupakan sepupu dari Sa’ad bin Abi Waqqas.

Dia meyakini agama Islam setelah Abu Bakar. Setelah itu bergabung kedalam kelompok Nabi MuhammadShalallahu 'Alaihi Wassallam.

Selain itu, dia merupakan sosok yang begitu tawadhu. Meski mengetahui bahwa dijamin masuk surga, tetapi tidak membuatnya angkuh. Abdurrahman justru seringkali merasa khawatir karena bukan siapa-siapa.

8. Sa’ad bin Abi Waqqas

Sa’ad bin Abi Waqqas salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga.

Dia juga merupakan paman Nabi Muhammad dari sang ibu yang berasal dari Bani Zuhrah suku Quraisy, dan dikenal sebagai pemuda cerdas dan kaya raya.

9. Sa’id bin Zaid

Sa’ad bin Zaid merupakan sahabat Nabi dari kaum Muhajirin. Sosoknya dikenal sangat menjunjung tinggi adab Islam. Dia begitu setia mengikuti Nabi dan terlibat dalam banyak peperangan.

Selain itu, dia juga mendapat utusan untuk mengamati kafilah Quraisy. Dia juga mendapatkan ganjaran pahala dari perang Badar.

10. Abu Ubaidah bin Al-Jarrah

Beliau adalah salah satu sahabat Nabi yang sempat menjadi calon khalifah untuk meggantikan Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassallam selain Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Tetapi, suara terbanyak jatuh kepada Abu Bakar. Ubaidah mendapatkan amanah sebagai panglima perang kaum Muslim untuk melawan kekaisaran Romawi.

Itulah 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Semoga kita dapat meneladani keimanan mereka.

0 Response to "10 Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak