Bagaimana Cara Amandel Bekerja



Didasar tenggorokan kita, ada organ yang disebut amandel yang terletak di kedua sisi dinding laring.Sepasang organ ini, juga disebut amandel, berukuran kecil dan dapat dilihat ketika teman-teman membuka mulut lebar-lebar.

Apakah kamu kenal teman? Sekalipun amandel kecil, ternyata organ-organ ini memiliki fungsi penting untuk kesehatan tubuh kita.Karena itu, jika amandel kita mengalami masalah, itu juga akan mempengaruhi kesehatan kita.

Bertugas Mencegah Infeksi dalam Tubuh

Sepasang amandel di pangkal tenggorokan kita punya tugas penting, temanku.Tugasnya adalah menjadi garda depan pertahanan tubuh terhadap infeksi yang bisa menyerang tubuh.

Tanpa sadar, ketika kita bernapas, kita menghirup bakteri atau virus berbeda yang menyebabkan infeksi.Amandel adalah tugas memblokir bakteri dan virus yang ingin menembus dan menginfeksi tubuh kita.

Amandel Dapat Menghasilkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mencegah virus dan bakteri memasuki tubuh melalui napas, amandel juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh kita, teman-teman kita.

Amandel yang termasuk dalam sistem limfatik bermanfaat untuk produksi sel darah putih dan antibodi atau sistem kekebalan tubuh.

Kedua zat yang diproduksi oleh amandel ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Fungsi lain dari amandel adalah untuk mencegah benda asing memasuki paru-paru melalui tenggorokan.

Ini berarti bahwa sepasang amandel di kanan dan kiri pangkal tenggorokan kita bertindak sebagai tujuan untuk mencegah bola masuk.

Bagaimana Cara Amandel Bekerja

Ukuran amandel yang dimiliki setiap orang berbeda, tetapi amandel milik anak-anak lebih besar daripada orang dewasa.

Semakin matang amandel, semakin sedikit kecenderungan untuk berkurang, tetapi fungsinya tetap sama.

Lalu, bagaimana cara amandel bekerja sehingga menjadi salah satu organ penting tubuh manusia.

Amandel di tubuh manusia memiliki lubang yang digunakan untuk menyimpan sel untuk melawan infeksi.

Selain itu, amandel juga mengandung sel B, sejenis sel darah putih yang bisa melawan infeksi di dalam tubuh.

Tidak hanya melawan infeksi, sel B juga menghasilkan antibodi atau sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa penyakit, seperti polio, pneumonia, influenza. Dalam amandel, ada juga beberapa jenis sel T yang merupakan sel darah putih.

Fungsinya untuk menghancurkan sel-sel yang terinfeksi oleh virus dan untuk memperkuat kekebalan organisme yang menyebabkan infeksi. 

Tubuh manusia meliputi tiga set amandel, yaitu amandel faring atau adenoid, yaitu amandel palatine dan amandel lingual.

Semua amandel tubuh manusia adalah bagian dari jaringan atau sistem limfatik, sistem peredaran darah yang mengalirkan getah bening atau getah bening dari tubuh, getah bening berasal dari plasma darah yang meninggalkan sistem peredaran darah ke jaringan di sekitarnya.

Jaringan limfatik ini memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah menyaring dan menghancurkan mikroorganisme agar tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

Demikian fungsi penting amandel untuk kesehatan.Terima kasih Salam Hangat Sabilislow.

0 Response to "Bagaimana Cara Amandel Bekerja"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak