Manfaat Daun Sage

Bisa kita temukan dengan mudah, ternyata manfaat daun sage untuk kesehatan itu banyak sekali.

Manfaat daun sage bagi kesehatan sudah dikenal sejak ratusan tahun silam. Berkat kandungan nutrisinya, daun ini bahkan sudah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional di Eropa, Afrika, dan Amerika. 

Untuk mengetahui lebih jauh manfaat daun sage, mari simak artikel berikut ini. Daun sage umumnya dimanfaatkan sebagai bahan masakan karena aromanya yang kuat dan khas. 

Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, daun herbal yang masih satu keluarga dengan daun mint ini juga mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan.

Ekstrak daun sage pun bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi serta bahan campuran dalam produk sabun dan kosmetik.

Kandungan Vitamin dan Mineral Daun Sage

Dalam satu sendok makan atau sekitar 2 gram daun sage, terdapat 6 kalori dan berbagai nutrisi berikut:

  1. Serat
  2. Karbohidrat
  3. Protein
  4. Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan folat
  5. Mineral, seperti zinc, fosfor, kalium, selenium, magnesium, kalsium, zat besi, dan mangan

Daun sage pun mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Berbagai jenis antioksidan yang terkandung di dalam daun sage adalah lutein, zeaxanthin, polifenol, dan flavonoid. 

Selain berbagai nutrisi di atas, daun sage juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri, antiradang, dan antinyeri.

Dalam banyak studi disimpulkan bahwa nutrisi dalam daun sage bisa menyembuhkan berbagai penyakit, baik penyakit fisik maupun mental.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun sage yang baik untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan mulut

Sage memiliki kandungan antimikroba yang ampuh membunuh bakteri yang bisa menyebabkan plak gigi.

Sebuah studi menemukan bahwa berkumur menggunakan produk obat kumur yang mengandung sage bisa efektif membunuh streptococcus. Streptococcus merupakan bakteri yang merusak kesehatan rongga mulut.

2. Meringankan efek samping menopause

Menopause menimbulkan berbagai sensasi tak nyaman tubuh akibat ulah hormon estrogen yang meningkat drastis kemudian menurun pelan-pelan.

Sensasi ini bisa berupa hot flashes, vagina yang kering dan kurang carian, pengeluaran keringat berlebih dan kulit yang lebih sensitif.

Dalam sebuah studi, properti di dalam daun sage bisa digunakan untuk mengatasi hot flashes dan keluarnya keringat berlebih.

3. Menurunkan gula darah

Sudah sejak lama sage digunakan dalam pengobatan herbal untuk penyakit diabetes.

Penelitian yang dilakukan terhadap binatang dan manusia menunjukkan keefektifan sage dalam menurunkan kadar gula di dalam darah.

Selembar daun sage bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan cepat dan memperbaiki kesensitifan dari insulin.

4. Meningkatkan kinerja otak

Mengonsumsi sage secara rutin juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.

Antioksidan dalam sage lah yang bisa mendorong kinerja otak hingga maksimal.

Untuk dewasa, dosis rendah sage bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Sedangkan dalam dosis tinggi, sage bisa digunakan untuk meningkatkan mood juga meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

5. Menyuport diet

Sage juga memiliki properti khusus yang bisa menyuport program diet Anda.

Untuk digunakan dalam menu diet, Anda bisa memasukkan bubuk sage ke dalam sajian berkuah seperti sup, menaburkannya ke roti bakar, atau menaburkannya ke olahan omelet.

6. Mengurangi nyeri

Ekstrak daun sage diketahui memiliki efek antinyeri. Berkat manfaatnya ini, daun sage sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi sakit tenggorokan, luka ringan di kulit, sakit gigi, hingga sakit kepala.

Selain berbagai manfaat di atas, daun sage juga diketahui memiliki berbagai manfaat lain, seperti menyuburkan dan menyehatkan rambut, memperkuat daya tahan tubuh, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

7. Memberikan efek relaksasi

Daun sage yang digunakan sebagai aromaterapi atau teh herbal diketahui dapat menimbulkan efek relaksasi dan mengurangi stres. 

Berkat manfaat daun sage ini, Anda akan merasa lebih tenang dan relaks. Aromaterapi dari daun ini juga disebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Meski demikian, klaim berbagai manfaat daun sage di atas, hingga kini baru terbatas pada studi berskala kecil. 

Oleh karena itu, tingkat keamanan dan efektivitas manfaat daun sage sebagai obat atau suplemen herbal masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cara Aman Mengonsumsi Daun Sage

Daun sage paling umum dikonsumsi sebagai bahan campuran dalam aneka makanan. Namun, Anda juga bisa menggunakan daun ini sebagai teh herbal. Selain itu, daun sage kini juga sudah banyak tersedia dalam bentuk suplemen herbal.

Pada kasus tertentu, daun sage juga terkadang bisa menimbulkan efek samping berupa sakit perut, diare, mual, dan kontraksi rahim.

Meski menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan, daun sage tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh semua orang. 

Hingga saat ini, daun sage belum terbukti efektif dan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, atau orang yang memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi atau rendah, dan epilepsi.

Agar lebih aman dikonsumsi, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum hendak menggunakan suplemen daun sage. 

Jika timbul alergi atau kondisi lainnya setelah mengonsumsi daun sage, segera konsultasikan kepada dokter.

Demikian Manfaat daun Sage. semoga dapat menambah pengetahuan kita terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Manfaat Daun Sage"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak