Penting Memposting Ulang Artikel Lama

Membuat suatu artikel yang baru secara berkala adalah aktivitas yang bisa memakan waktu. Dan tidak jarang, konten baru yang dibuat selama berjam-jam malah tidak memberikan dampak baik pada sebuah blog atau website.

Banyak mempublish artikel baru bukan berarti akan menghasilkan banyak lalu lintas berkelanjutan dari Google. Kita harus mengidentifikasi artikel mana saja yang punya banyak trafik dari Google.

Fokuslah mengupdate dan memperbaiki artikel lama Anda. Perhatikan apakah artikel tersebut masih relevan atau perlu perbarui.

Jika artikel lama yang berkinerja bagus sudah tidak up to date, ini berarti kita tidak memberikan informasi terbaru terkait informasi di dalamnya. 

Oleh karena itu, sangat masuk akal untuk memperbaruinya sehingga Anda mengarahkan orang ke konten yang relevan.

Banyak hal yang berubah dengan cepat, apa pun jenis blog Anda, dan perubahan itu juga perlu tercermin dalam konten. 

Perbarui artikel Anda secara teratur dengan informasi baru yang relevan dan publikasikan ulang. Dengan melakukan ini maka Anda akan melakukan kebaikan untuk diri sendiri dan pembaca blog Anda.

Alasan Mengupdate Artikel Lama

Dalam hal ini yang dimaksud dengan memposting ulang artikel adalah melakukan pembaruan dari artikel lama yang sudah pernah kita tulis sebelumnya.

Kemudian kita memperbarui tanggal posting tersebut. Jadi secara tidak langsung, artikel tersebut akan berubah menjadi baru baru tanpa harus membuat artikel yang sepenuhnya baru.

Wajib untuk diperhatikan, jangan sampai mengubah alamat URL dari artikel tersebut. Mengapa demikian? 

Karena jika kita mengubah URL postingan artikel maka konten tersebut akan dianggap sepenuhnya baru tanpa mempertimbangkan posisi sebelumnya dari artikelnya yang sudah terekam di mesin pencari.

Terutama jika artikel lama ini sudah mempunyai backlink, tentu sangat disayangkan, jika kita kehilangan tautan tersebut.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan posting ulang artikel lama.

1. Artikel Lama Mungkin Saja Sudah Usang /Tidak relevan lagi

Kita memiliki artikel yang sudah masuk ke mesin pencari, kemudian ada pengunjung yang melihat artikelnya, namun merasa kecewa karena artikelnya ternyata sudah usang atau tidak sesuai lagi. Hal seperti ini bisa terjadi pada siapa saja.

Usang disini bisa diartikan bahwa informasi yang terdapat dalam artikelnya tersebut sudah tidak lagi relevan atau perlu dilakukan pembaruan terhadap beberapa isinya. 

Dengan memperbarui dan memposting ulang, kita bisa membuat konten lama kita lebih relevan sehingga tidak akan mengecewakan pengunjung.

Perlu untuk diperhatikan, jika konten tersebut hanya perlu sedikit pembaruan atau modifikasi maka kita tidak terlalu perlu mempublish ulang. 

Namun, jika konten tersebut mengalami perubahan besar atau substansial maka mempublish ulang bisa menjadi langkah terbaik. Selain itu, kita juga bisa memberikan dorongan tambahan dengan mempromosikannya.

2. Memperbarui Artikel yang Tidak Masuk Halaman Pertama Google

Dari penelitian disebutkan bahwa 91% dari orang yang mencari melalui mesin pencari Google, hanya melihat hasil pencarian di halaman pertama. Sisanya 9% baru meneruskan pencarian pada halaman kedua dan seterusnya.

Jika Artikel lama yang kita miliki berada di posisi pertama namun di halaman kedua mesin pencari. Jika kita melakukan update terhadap artikelnya, akan menambahkan informasi yang menarik.

Kemudian mempublish ulang, tentu ada kemungkinan kita bisa mendapat tambahan share media sosial serta komentar yang berarti bisa lebih mendorong artikelnya masuk pada halaman pertama.

Di sisi lain, jika kita hanya membiarkan konten lama kita tidak ter-update, maka konten tersebut akan tenggelam seiring berjalanya waktu.

3. Memperbarui Artikel yang Wajib Diperbarui Secara Berkala

Pada beberapa topik pembahasan blog, ada informasi yang memerlukan update secara berkala. Seperti misalnya blog yang membahas tentang software serta aplikasi. 

Tentunya dari waktu ke waktu, aplikasi serta software tersebut mengalami pembaruan baik dari sisi fitur, informasi atau hal lainnya.

Nah, jika kita mempunyai Artikel semacam ini, maka sangat disarankan untuk rutin melakukan publish ulang. 

Seperti yang telah disampaikan di atas, ketika nantinya ada pembaca yang melihat konten lama ini, maka mereka tidak akan kecewa dan meninggalkan blog kita dengan review negatif.

4. Memanfaatkan Algoritma Google

Salah satu pembaruan algoritma mesin pencari Google yang paling penting dalam beberapa tahun belakangan ini adalah, bagaimana Google tidak hanya memperhatikan exact keyword namun juga memperhatikan semantic keyword.

Sedikit penjelasan, exact keyword adalah kata kunci yang benar-benar sama, semisal artikel yang membahas tentang suatu hal, maka exact keyword yang dimasukkan adalah hanya “hal tersebut” saja. 

Sedangkan, saat ini Google juga memperhatikan kata kunci yang bersifat semantik, dalam kasus “suatu hal”, yang isinya berbentuk lain.

Google juga akan mempertimbangkan artikel yang berisi kata kunci lain seperti “suatu keterangan hal lainya dengan optimal”

Nah, dengan melakukan update terhadap artikel lama maka kita bisa mengoptimalkannya dengan menambahkan semantik keyword ke dalam konten tersebut. 

Dengan begitu, akan muncul banyak kesempatan untuk menaikkan peringkat artikel kita menjadi lebih baik dan relevan bagi pengunjung.

5. Artikel Penting yang tak termakan Zaman

Misalnya Anda memiliki artikel yang sudah lama merupakan, artikel penting yang memiliki tujuan meyakinkan pembaca tentang nilai yang bisa Anda berikan kepada mereka.

Meskipun artikel lama tersebut tidak ketinggalan zaman, mungkin Anda perlu menerbitkan ulang untuk mendapatkan pandangan baru mengenai artikel ini.

Saat menerbitkan ulang, pastikan untuk membuat artikel ini menjadi lebih baik. Misalnya, anda menambahkan diagram, memperbarui gambar, dan lain sebagainya.

Memperbarui artikel lama Anda tidak hanya akan membuat artikel tersebut menjadi lebih baik dan relevan. 

Anda juga akan membantu orang lain untuk menemukan informasi terbaru terkait topik yang Anda bahas.

Jadi, jika Anda memiliki artikel yang memang berkualitas dan menghasilkan banyak trafik ke blog Anda, pastikan konten tersebut selalu up to date. 

Anda juga bisa untuk Jadwalkan saat anda memperbarui artikel tersebut secara teratur, mungkin bisa tiap beberapa bulan sekali.

Perhatikan artikelnya, apakah ada yang bisa Anda tambahkan untuk membuatnya lebih bermanfaat bagi pengunjung blog anda. 

Dengan melakukan hal ini, maka anda bisa mendapatkan suatu keuntungan hanya dengan memperbarui artikel lama.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Pentingnya Posting ulang Artikel Lama. Semoga bermanfaat terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Penting Memposting Ulang Artikel Lama"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak