Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji

Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber vitamin dan energi yang sangat menyehatkan untuk dikonsumsi.

Berbagai macam kandungan dan gizi yang di butuhkan oleh tubuh terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran, khsusunya pada buah jambu biji.

Jambu biji, atau dengan nama latin Psidium guajava, adalah buah trpois asal Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. 

Buah ini memiliki warna kulit kuning kehijauan dengan daging buah berwarna merah muda atau putih. 

Pada bagian tengah, terdapat banyak biji yang berukuran kecil. Hal ini membuat buah ini terkenal dengan sebutan jambu biji di Indonesia.

Buah jambu biji dengan berat 100 gram mengandung sebanyak 87 mg vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bagi ibu hamil, jumlah kandungan vitamin C tersebut telah mencukupi kebutuhan harian.

Tidak hanya kaya akan vitamin C, buah jambu biji juga mengandung banyak vitamin dan gizi lainnya seperti karbohidrat, mineral, kalsium, natrium, fosfor, kalium, tembaga, seng, beta karoten, vitamin B1, B2, B3 dan B9.

Dengan berbagai macam kandungan vitamin dan gizi pada buah jambu biji, berikut manfaat mengkonsumsi buah jambu biji khususnya bagi ibu hamil:

1. Membentuk Organ Tubuh Janin

Buah jambu biji mengandung tembaga yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah untuk mencukupi kebutuhan oksigen maupun nutrisi pada ibu hamil dan janin.

Mineral yang terkandung dalam buah jambu biji mendukung pembentukan jantung, pembuluh darah maupun sistem kerangka hingga syaraf bayi pada kandungan.

Jambu biji tidak hanya mengatasi masalah Kesehatan yang umum pada ibu hamil namun juga memiliki peranan sangat penting dalam perkembangan janin dalam kandungan.

2. Menggatur Tekanan Darah

Kandungan vitamin dan gizi pada buah jambu, mampu membantu ibu hamil dalam mengatasi masalah preeklamsia atau kompliikasi pada kehamilan.

Preeklamsia ini ditandai dengan adanya tekanan darah tinggi.

Rutin mengkonsumsi buah jambu sesuai saran dokter maupun ahli gizi dapat membbantu mengatur tekanan darah agar tetap stabil, khususnya bagi penderita darah tinggi.

3. Mencegah Cacat Lahir Pada Bayi

Buah jambu biji juga mengandung vitamin B9 dan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Asam folat memiliki peranan penting dalam pembentukan maupun memperbaiki fungsi DNA. Hal ini dapat memenggaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Mencukupi nutrisi vitamin B9 maupun asam folat pada ibu hamil dapat mengurangi resiko terjadinya kecacatan pada otak dan syaraf bayi seperti spina bifida dan anensefali.

4. Melancarkan Pencernaan

Pada masa kehamilan, ibu hamil umumnya memiliki keluhan sembelit dan diare atau masalah pencernaan lainnya.

Meskipun hal ini tidak berdampak pada janin, dan bukan masalah yang sangat serius namun hal ini cukup mengganggu kenyamanan ibu hamil.

Kandungan serat pada buah jambu, mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan diantaranya sembelit, diare, maupun refluks.

Serat juga tetap dibutuhkan pada masa kehamilan, untuk tetap melanncarkan pencernaan pada ibu hamil.

5. Membantu Penyerapan Zat Besi

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jambu, membantu ibu hamil dalam menyerap zat besi lebih maksimal.

Zat besi merupakan zat yang berfungsi untuk mempermudah dan melancarkan oksigen mengalir ke seluruh tubuh khsususnya ke janin.

Pada masa kehamilan, ibu hamil sangat membutuhkan zat besi bahkan jumlahnya berkali-kali lipat dibandingkan sebelum hamil.

Dampak dari kekurangan zat besi pada ibu hamil adalah anemia, dimana tubuh ibu hamil akan mengalami kelelahan, pusing dan merasa lemah dalam menjalankan aktifitas.

Buah jambu biji, bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi pada masa kehamilan yang sangat baik bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Buah jambu biji bisa dikonsumsi dnegan cara memakannya langsung maupun dijus untuk diminum. 

Demikian Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji. Semoga dapat menambah pengetahuan kita. Terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Manfaat Mengkonsumsi Buah Jambu Biji"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak