Penting Pemanasan Sebelum Olahraga

 

Pemanasan sebelum olahraga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, namun tidak sedikit orang yang sering melewatkannya. 

Anda mungkin berpikir bahwa tubuh bisa langsung berolahraga tanpa harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. 

Meskipun anda sudah terampil berolahraga, tubuh tetap perlu menyesuaikan diri sebelum melakukan aktivitas yang lebih berat daripada biasanya.

Tujuan Pemanasan

Tujuan utama pemanasan adalah agar tubuh tidak kaget saat melakukan aktivitas fisik yang berat. Coba bayangkan, otot yang masih dalam kondisi dingin dan rileks, tiba-tiba digunakan untuk berlari kencang. Hal ini bisa meningkatkan risiko mengalami cedera ringan atau kram saat berolahraga.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Sebaiknya, lakukan pemanasan terlebih dahulu setidaknya selama 10-15 menit sebelum berolahraga untuk memperoleh manfaat berikut ini:

1. Mencegah Cedera

Pemanasan dapat membuat otot jadi lebih lentur dan tidak kaku lagi, sehingga saat melakukan gerakan-gerakan olahraga yang cukup ekstrem, 

Seperti mengangkat beban berat atau melakukan tendangan tinggi, anda bisa terhindar dari potensi otot kram, cedera, atau bahkan sobek. 

Otot robek adalah cedera serius yang cukup menyakitkan dan butuh proses pemulihan yang cukup lama.

Jika anda mengalami cedera usai berolahraga dan tidak membaik meski sudah dirawat, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Dikutip dari laman halodoc, pemanasan yang dilakukan secara bertahap sebelum olahraga bisa meningkatkan sistem kardiovaskular dengan menaikkan suhu tubuh dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot. 

Ketika aliran darah menjadi lebih lancar, maka suplai oksigen tersebar dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan performa dalam berolahraga.

3. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Persendian

Selain dapat mencegah kram otot, pemanasan juga dapat menjaga tulang dan persendian agar terhindar dari risiko cedera saat berolahraga. 

Kegiatan ini membantu meningkatkan cairan yang melumasi persendian, sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel.

4. Mengurangi Asam Laktat Pada Tubuh

Kegiatan olahraga meningkatkan asam laktat dalam tubuh. Jumlah asam laktat yang terlalu banyak akan menumpuk di dalam darah dan otot. 

Meski tidak terlalu berbahaya, penumpukan asam laktat bisa menyebabkan nyeri otot dan rasa tidak nyaman selama berolahraga. 

Nah, pemanasan sebelum memulai olahraga dan pendinginan setelah olahraga diduga bisa mengurangi kadar asam laktat di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Mental dan Fokus

Pemanasan juga bertujuan untuk meningkatkan kondisi mental dan fokus, agar bisa berolahraga dengan maksimal, sehingga meningkatkan teknik dan keterampilan. 

Pemanasan sebelum olahraga bisa membuat fisik dan pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Kondisi yang rileks membuat mental dan fokus lebih terjaga.

Kegiatan olahraga bisa mengakibatkan risiko ringan hingga serius pada tubuh. Jangan pernah melewatkan pemanasan untuk mencegah cedera dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Ddemikian Penting Pemanasan Sebelum Olahraga. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Penting Pemanasan Sebelum Olahraga"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak