Khasiat Konsumsi Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu bumbu masak utama dunia. Wujudnya berupa umbi yang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur.

Sedangkan Bawang goreng merupakan bawang merah yang diiris tipis dan digoreng hingga berwarna keemasan yang rasaya gurih dan renyah. 

Bawang goreng ini adalah bumbu tabur yang sering digunakan sebagai garnis pelengkap atau penyedap yang ditaburkan di atas aneka masakan Indonesia.

Selain membuat masakan menjadi terasa gurih dan harum, ada banyak manfaat bawang merah yang berguna bagi kesehatan. 

Bawang merah yang dijadikan bawang goreng ini, ternyata rendah kalori, bebas lemak, mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. 

Bawang merah diperkirakan berasal dari Asia Tengah, atau Asia Tenggara. Bahan ini sudah ada sekitar tahun 2000 SM. 

Bawang merah bahkan telah lama menjadi bahan pokok masakan Mediterania, Perancis, Amerika, dan Belanda.

Tanaman umbi-umbian ini sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam saus salad (dressing), tumis-tumisan, bumbu gorengan, dan saus guna menambah cita rasa.

Berikut ini adalah beragam manfaat bawang merah berdasarkan kandungannya

Vitamin C 

Bawang merah mengandung vitamin C, manfaat vitamin C, di antaranya;

Membantu melindungi, dan menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen, dan mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, bahan kimia beracun, dan polusi. 

Vitamin C juga berperan untuk memelihara tulang, otot, dan pembuluh darah. Juga, meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh. 

Vitamin B6 

Vitamin yang satu ini banyak ditemukan di sumber makanan hewani maupun nabati, termasuk bawang merah. 

Vitamin B6 berperan dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B6 juga diduga dapat mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil. 

Folat (Vitamin B9) 

Zat gizi yang satu ini tentunya tidak terdengar asing bagi ibu hamil. Dalam 100 gram bawang merah, terkandung 30 mikrogram folat. 

Folat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain: 

1. Mencegah cacat janin di dalam kandungan, serta berperan dalam memelihara kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. 

Karena itu tidak ada salahnya ibu hamil menambah bawang merah dalam menu makanan sehari-hari untuk menambah asupan folat. 

2. Beberapa penelitian menyebutkan, rendahnya kadar folat di dalam tubuh dapat menyebabkan meningkatnya risiko kanker. 

Meski masih perlu diteliti lebih lanjut, namun ada baiknya menambah asupan asam folat melalui bawang merah dalam makanan. 

3. Bersama dengan vitamin B6 dan B12, folat diduga berperan dalam mencegah penyakit jantung dan stroke. 

Antioksidan 

Bawang merah mengandung antioksidan flavonoid, yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas serta dapat mengurangi risiko terkena kanker, penyakit jantung, dan diabetes. 

Pada penelitian di laboratorium menunjukkan, ekstrak bawang merah yang mengandung antioksidan ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sayangnya data ini belum teruji secara klinis. 

Kalium Dalam 100 gram bawang merah, terkandung sekitar 330 mg kalium (potasium). 

Ini adalah mineral yang merupakan salah satu jenis elektrolit, dan berperan dalam mengatur fungsi saraf, mengatur irama detak jantung, dan mencegah tekanan darah tinggi. 

Selain itu, bawang merah juga mengandung serat, karbohidrat, dan air. Serat merupakan asupan nutrisi penting yang dapat membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan. 

Suatu penelitian menunjukkan, wanita dengan diabetes yang biasa mengonsumsi yoghurt dan bawang merah, memiliki kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi bawang merah. 

Beberapa manfaat bawang merah di atas sejauh ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Selain itu, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan manfaat bawang merah secara maksimal, harus diiringi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Bawang merah tidak hanya mampu membuat makanan semakin lezat dan harum, namun manfaat bawang merah untuk tubuh secara keseluruhan juga banyak, diantaranya yaitu:

1. Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut suatu studi akademis dari Phytotherapy Research, dua antioksidan terpenting dalam bawang merah, yaitu allicin dan quercetin dianggap memiliki sifat anti-hipertensi.

Manfaat bawang merah karena memiliki allicin mampu melindungi jantung dengan meningkatkan status antioksidan.

Manfaat bawang merah juga mampu mencegah penumpukan plak di arteri. Selain itu, kandungan ini juga dapat menurunkan tingkat spesies oksigen reaktif.

Lebih penting lagi, allicin merangsang produksi glutathione, antioksidan utama yang memiliki beberapa efek positif untuk kesehatan. Bawang merah juga dapat menghambat produksi enzim tertentu yang dapat membuat kolesterol tinggi.

Khasiat bawang merah ini melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kesehatan jantung.

Tak hanya sampai di situ, bawang merah juga merupakan sumber kalium yang baik sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Kalium memperkuat kapiler darah dan mengatur tekanan darah. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan bawang merah sebagai bumbu masakan untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah.

2. Mampu Mengontrol Diabetes

Bagi Anda maupun anggota keluarga Anda yang saat ini mengidap diabetes, harus benar-benar menjaga pola makan agar tetap sehat.

Bahwa manfaat bawang merah dapat membantu mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid dalam bawang ini.

Ditemukan bahwa ada efek menguntungkan dari bawang merah dan bawang bombay pada insulin dan cara mereka membantu mengontrol penambahan berat badan terkait diabetes.

Sifat tertentu bawang merah membantu merangsang sekresi insulin, yang akhirnya mampu menurunkan respons peradangan yang terkait dengan diabetes.

Mengkonsumsi bawang merah dalam jumlah besar dapat menurunkan kadar gula pada penderita diabetes karena dapat memblokir pemecahan insulin di hati. Hal ini meningkatkan jumlah insulin dalam darah dan menurunkan kadar glukosa darah

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan otak. Nutrisi yang masuk melalui makanan ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan otak. Bawang merah dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan otak adalah karena adanya folat.

Folat menjadi salah satu dari delapan vitamin B, yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh.

Selain folat, bawang merah juga mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan otak. Senyawa lainnya dalam bawang merah yang disebut pyrithione mampu melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis. Hal ini dapat dihubungkan dengan pencegahan penyakit Alzheimer.

4. Bisa Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat bawang merah lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Sebuah studi dari jurnal Menopause berhasil menarik pernyataan yang menarik.

Studi tersebut menunjukkan ada hubungannya antara wanita pra dan pasca menopause yang rutin mengonsumsi bawang merah.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi bawang merah atau bawang bombay satu kali sehari atau lebih memiliki kepadatan tulang 5 persen lebih besar dibandingkan yang tidak. Meski begitu, memang dibutuhkan lebih banyak penelitian terkait hal ini.

Namun, dapat dikatakan bahwa bawang merah mampu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang pinggul sebanyak 20 persen. Bawang merah juga membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan gigi.

5. Bisa Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kanker masih menjadi penyakit yang mengkhawatirkan karena bisa berakibat fatal. Mungkin Anda banyak mendengar bahwa pola hidup yang sehat mampu mengurangi risiko terkena kanker. Salah satunya bisa dengan mengonsumsi bawang merah.

Bawang merah ini termasuk ke dalam sayuran allium yang dikenal dengan kemampuannya untuk menyebabkan kematian sel kanker dan mengurangi risiko kanker.

Ekstrak etil asetat yang terdapat pada bawang merah dan bawang bombay lainnya bisa membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Asupan sayuran allium juga mampu mengurangi risiko kanker perut.

Bawang merah juga dikaitkan dengan efek antikanker dan antiinflamasi, yang bisa dimanfaatkan dengan baik dalam bidang pengobatan kanker.

Meskipun Anda sudah mengetahui manfaat bawang merah untuk menurunkan risiko kanker, sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan rutin kesehatan untuk mendeteksi dini terjadinya kanker. Tujuannya agar penanganan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

6. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu kandungan vitamin yang terdapat dalam bawang merah adalah vitamin A. Vitamin ini menjadikan manfaat bawang merah berkontribusi pada kesehatan penglihatan.

Tingkat vitamin yang memadai juga mencegah rabun senja dan mengurangi risiko katarak atau degenerasi makula.

7. Mencegah Infeksi Penyakit

Kandungan protein yang terdapat dalam bawang merah ternyata mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan lebih baik.

Banyaknya efek antioksidan dari bawang merah juga membantu melawan penyakit dan infeksi umum. Beberapa penyakit ini di antaranya seperti pilek, flu, demam, dan bronkitis.

Bawang merah juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus, yang dapat mengobati sejumlah alergi dan infeksi, seperti batuk berdahak dan sakit tenggorokan.

Bawang merah juga dikenal untuk mengobati beberapa alergi makanan dan dapat meredakan sakit kepala. Tentunya manfaat bawang merah tidak menjadi pengobatan utama.

Tetap disarankan untuk berobat ke dokter apabila penanganan rumah tidak meredakan gejala yang muncul. 

8. Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut

Manfaat bawang merah tidak hanya untuk tubuh melainkan juga mampu menjaga kesehatan rambut. Kandungan sulfur dalam bawang merah dianggap mampu meningkatkan kesehatan rambut.

Bawang merah membantu produksi jaringan kolagen yang mendukung pertumbuhan rambut. Caranya mudah saja, cukup oleskan jus bawang merah ke kulit kepala dan biarkan selama 15 menit. Setelahnya, dapat membilas dengan sampho.

Bawang merah juga membantu mengatasi kerontokan rambut. Bahan yang perlu disediakan yaitu merica bubuk, sedikit bawang merah, dan sedikit garam. 

Giling semua bahan untuk mendapatkan pasta yang halus. Kemudian, oleskan ke area yang terkena empat hingga lima kali seminggu. 

Setelah didiamkan selama 15 menit, Anda dapat mencuci rambut sampai benar-benar bersih. Cara-cara tersebut merupakan cara sederhana yang bisa  Kalian coba di rumah. Apabila kulit kepala Anda bereaksi setelah menggunakan cara tersebut, sebaiknya segera hentikan.

Manfaat Makan Bawang Merah Mentah untuk Kesehatan

Bawang merah biasanya dijadikan bumbu masakan atau bisa juga dikonsumsi secara mentah. Apabila Anda menyukai acar, pasti sudah akrab dengan bawang merah mentah ini. 

Berikut manfaat mengkonsumsi bawang merah mentah

1. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Bagi seseorang yang punya tekanan darah tinggi atau hipertensi, penting sekali untuk mengatur pola makan yang sehat.

Kementerian Kesehatan Indonesia sudah mengungkapkan, bawang merah menjadi salah satu makanan yang aman dan dianjurkan untuk diet pada hipertensi.

Adapun beberapa makanan lainnya yang dianjurkan seperti ubi, kacang-kacangan, tempe, dan tahu. Bumbu-bumbu seperti jahe, kemiri, kunyit, kencur, salam, sereh, dan laos juga sebaiknya dimasukkan ke dalam diet untuk pengidap hipertensi.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Bawang merah mampu meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis. Hal ini dapat menyebabkan turunnya kadar gula darah pada pengidap diabetes. Mengkonsumsi bawang merah mentah  dapat meningkatkan dan menormalkan gula darah dalam tubuh.

3. Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat bawang merah juga bisa dirasakan bagi ibu menyusui. Manfaat bawang merah untuk ibu menyusui dapat meningkatkan produksi ASI.

Hal ini karena kandungan folat yang terdapat dalam bawang merah mampu menjaga agar produksi ASI semakin lancar.

Demikian beberapa informasi tentang manfaat bawang merah untuk kesehatan. Mulai dari sekarang, jangan lewatkan mengonsumsi bawang merah ini karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

0 Response to "Khasiat Konsumsi Bawang Merah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak