Kekurangan Nutrisi dan Dampaknya

Terlepas dari jumlah makanan yang dikonsumsi, banyak orang secara tidak sadar menderita kekurangan gizi. Baik itu kalori yang buruk,  yang disebabkan oleh bahan kimia, kurangnya variasi atau sejumlah faktor lain, sebagian dari kita tidak mendapatkan nutrisi yang kita butuhkan.

Berikut beberapa vitamin dan mineral yang biasanya hilang dalam makanan kita. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan serangkaian gejala, mulai dari ingatan yang buruk dan gusi berdarah hingga penurunan produktivitas  kerja dan depresi.

Kekurangan nutrisi dan dampaknya diantaraya

1. Vitamin B12

Vitamin B12 ditemukan secara alami di banyak produk hewani, termasuk ikan, daging, unggas, telur, dan produk susu. Biasanya tidak ditemukan dalam makanan nabati. 

Untungnya untuk vegan, sereal sarapan yang diperkaya dan beberapa produk ragi bergizi juga mengandung vitamin B12. 

Vitamin ini diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, fungsi neurologis dan sintesis DNA. 

Kekurangan vitamin penting ini adalah umum dan mempengaruhi hingga 15 persen dari populasi umum.

Tingkat kecukupan gizi (RDA) untuk pria dan wanita di atas 14 tahun adalah 2,4 mikrogram (mcg) vitamin B12.

Gejala kekurangan vitamin B12 termasuk anemia megaloblastik, kelelahan, kelemahan, sembelit, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan. Masalah neurologis seperti mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki juga bisa terjadi. 

Gejala lain termasuk kesulitan menjaga keseimbangan, depresi, kebingungan, demensia, ingatan yang buruk dan rasa sakit di mulut atau lidah. Vitamin B12 juga dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

 2. Vitamin C

Sebagian besar hewan mampu mensintesis vitamin C secara internal, tetapi tidak pada manusia. Kita harus mengeluarkannya dari makanan kita. Buah jeruk, tomat, jus tomat, dan kentang adalah sumber utama vitamin C dalam makanan. 

Kontributor baik lainnya termasuk paprika merah dan hijau, kiwi, brokoli, stroberi, kubis Brussel dan melon. Vitamin C tidak secara alami ditemukan dalam biji-bijian, tetapi dapat ditambahkan ke beberapa sereal sarapan yang diperkaya.

Tubuh menggunakan vitamin C untuk biosintesis kolagen, L-karnitin dan neurotransmiter tertentu, dan juga berpartisipasi dalam metabolisme protein. Selain fungsi biosintesis dan antioksidannya, vitamin C memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan penyerapan zat besi non-heme. AKG untuk orang dewasa di atas 19 adalah 90 miligram (mg) untuk pria dan 75 mg untuk wanita.

Kekurangan vitamin C menyebabkan penyakit kudis, gejala termasuk kelelahan, malaise, gusi bengkak, melonggarnya atau menghilangkan gigi, nyeri sendi dan penyembuhan luka yang buruk. 

Meskipun penyakit polong tidak lagi menjadi momok seperti dulu, makan berlebihan dan terbatas di kalangan remaja telah menciptakan kebangkitan penyakit kulit kepala. 

Ini juga dapat mempengaruhi pecandu alkohol atau orang lanjut usia yang kemampuannya menyerap vitamin C telah berkurang karena pengobatan yang berlebihan atau kebiasaan makan yang buruk.

  3. Vitamin D

Sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D. Tidak banyak makanan yang secara alami mengandung vitamin D. Ikan berlemak seperti salmon, tuna, mackerel dan minyak hati ikan adalah sumber makanan alami terbaik. Untuk kadar yang lebih rendah, vitamin D juga ditemukan dalam hati sapi, keju, kuning telur dan jamur. Sejak 1930-an, hampir semua persediaan susu AS telah tersedia. 

Telah diperkaya dengan 100 unit internasional (UI) per porsi. Sereal sarapan biasanya diperkaya dengan vitamin D. Dan untungnya, tubuh kita yang cerdas menghasilkan vitamin D ketika kulit terpapar sinar matahari; Kebanyakan orang memenuhi setidaknya sebagian dari kebutuhan vitamin D mereka dengan cara ini.

Cara lain untuk meningkatkan kadar vitamin D adalah memastikan Anda mendapat cukup magnesium. Sebuah studi yang dilakukan oleh Vanderbilt-Ingram Cancer Center menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen magnesium setiap hari juga meningkatkan vitamin D jika mereka menderita kekurangan dan mengurangi kadar vitamin D jika kadarnya terlalu tinggi.

Vitamin D mengatur kalsium dalam tubuh dan membantu menjaga tulang tetap kuat. Vitamin ini mengintervensi gerakan otot yang sehat, sistem saraf bergantung padanya, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membantu mengurangi peradangan. AGK untuk vitamin D adalah 600 IU untuk pria dan wanita antara 19 dan 70 tahun.

Pada anak-anak, kekurangan vitamin D menyebabkan rakhitis, yang sudah sangat umum sejak 1930-an, tetapi masih terjadi. Dengan rakhitis, tulang melunak dan membungkuk. Pada orang dewasa, kekurangan vitamin D menyebabkan osteomalacia dan menyebabkan nyeri tulang dan kelemahan otot. Kekurangan vitamin D juga terkait dengan kantuk di siang hari.

4. Yodium

Yodium adalah mineral yang ditemukan dalam ikan laut, rumput laut, udang dan makanan laut lainnya. Ini juga ditemukan dalam produk susu dan produk biji-bijian. Buah-buahan dan sayuran juga mengandung yodium, meskipun kadarnya tergantung pada tanah tempat mereka tumbuh.

Tubuh menggunakan yodium untuk menghasilkan hormon tiroid yang berfungsi mengendalikan fungsi penting lainnya. Hormon tiroid juga diperlukan untuk perkembangan tulang dan otak yang tepat selama kehamilan dan bayi. AGK untuk mereka yang berumur 14 tahun atau lebih adalah 150 mcg.

Kekurangan yodium selama perkembangan janin dan pada anak usia dini adalah penyebab utama gangguan otak di sebagian besar dunia. Pada orang dewasa, defisiensi yodium ringan hingga sedang dapat menyebabkan gondok, serta gangguan fungsi mental dan produktivitas kerja. Kekurangan yodium kronis dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa bentuk kanker tiroid.

5. Besi
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, kekurangan zat besi adalah gangguan gizi nomor satu di dunia. Zat besi dalam makanan datang dalam dua bentuk, heme dan bukan heme. Zat besi heme ditemukan dalam daging merah, ikan, dan unggas. Zat besi non-heme ditemukan dalam tanaman, seperti lentil dan kacang-kacangan. Zat yang bukan heme adalah bentuk yang ditambahkan ke makanan yang diperkaya dan diperkaya. Zat besi yang berasal dari hewan lebih baik diserap daripada zat besi non-heme, tetapi sebagian besar zat besi dalam makanan adalah zat besi non-heme.

Zat besi sangat penting untuk berfungsinya tubuh. Zat ini membantu mengangkut oksigen ke sel, membantu memproduksi sel darah, mendukung struktur protein dalam tubuh dan fungsi penting lainnya. AGK untuk zat besi adalah 8 mg untuk pria 19 hingga 51 tahun dan 18 mg untuk wanita 19 hingga 51 tahun. Untuk pria dan wanita di atas 51, AGK adalah 8 mg.

6. Magnesium

Kacang mengandung banyak magnesium.Magnesium ditemukan dalam kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran. Tingkat magnesium dalam makanan ini dapat dikurangi setengahnya karena perubahan dalam pertanian dan makanan. Menurut para ahli, kebanyakan orang tidak mendapatkan jumlah magnesium yang disarankan.

Magnesium membantu tubuh mengatur lebih dari 325 enzim. Selain itu, ia memainkan peran penting dalam pengaturan banyak fungsi tubuh, seperti kontrol otot, impuls listrik, produksi energi dan penghapusan racun berbahaya. 

AGK untuk pria berusia 19 hingga 30 tahun adalah 400 mg dan 420 mg untuk pria berusia 31 atau lebih. Wanita berusia 19-30 tahun harus mencari 310 mg; Mereka yang berusia di atas 31 tahun harus menerima 320 mg.

Tanda-tanda pertama defisiensi magnesium termasuk kehilangan nafsu makan, mual, muntah, kelelahan dan kelemahan. 

Ketika kekurangan magnesium memburuk, mati rasa, kesemutan, kontraksi dan kram otot, kejang, perubahan kepribadian, irama jantung abnormal, dan kejang jantung dapat terjadi. Salah satu penelitian penting mengungkapkan bahwa makanan yang kaya magnesium dapat mengurangi risiko stroke.

7. Seng
Seng berlimpah dalam tiram, daging merah, unggas dan sereal sarapan yang diperkaya. Kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu juga menyediakan sejumlah seng. 

Tetapi kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki senyawa yang mencegah seng agar tidak sepenuhnya diserap oleh tubuh. Karena itu, vegetarian mungkin perlu makan seng dua kali lebih banyak dari yang direkomendasikan.

Seng penting untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan bakteri dan virus. Seng juga membantu dalam produksi sel dan selama kehamilan dan masa kanak-kanak. 

Di masa kecil, seng membantu tubuh berkembang dengan baik. Seng membantu luka sembuh dengan baik dan berperan dalam rasa dan bau. AGK untuk seng adalah 11 mg untuk pria dewasa dan 8 mg untuk wanita dewasa.

Gejala defisiensi seng termasuk pertumbuhan lambat pada bayi dan anak-anak, keterlambatan perkembangan seksual pada remaja, dan impotensi pada pria. 

Seng yang terlalu sedikit juga dapat menyebabkan rambut rontok, diare, mata dan kulit sakit, kehilangan nafsu makan, masalah penyembuhan luka, penurunan kemampuan untuk mencicipi makanan dan tingkat kewaspadaan yang lebih rendah.

Perlu diingat bahwa beberapa nutrisi juga memiliki batas atas, dan suplemen yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping. (Selain itu, beberapa suplemen dapat mengganggu obat resep.) 

Jika Anda merasa kekurangan gizi atau gizi, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

Telur puyuh dapat meningkatkan kesehatan ginjal, hati, dan kantong empedu. Itu karena mengandung komponen yang disebut lesitin. Komponen ini membantu memecahkan batu kandung kemih dan menghentikan pertumbuhan batu.

0 Response to "Kekurangan Nutrisi dan Dampaknya"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak