Gizi Petai Cina

Kalau yang tinggal di kota mungkin  terasa asing dengan petai cina. Nah Apakah anda pernah mendengar petai cina atau lamtoro? Selama ini, petai cina memang tak lazim digunakan sebagai makanan seperti sayuran lain.

Petai cina memiliki nama Leucaena leucocephala merupakan sejenis tanaman perdu yang tumbuh di kawasan tropis. 

Tumbuhan ini memiliki banyak penyebutan di tiap daerahnya seperti mlanding, lamtoro, petai selong, dan masih banyak lagi.

Tapi nyatanya ada yang menjadikan petai cina makanan utama mereka. Di daerah Jawa misalnya, petai cina atau biasa disebut lamtoro yang memanfaatkannya untuk dikomsumsi dengan cara dijadikan botok.

Botok adalah sejenis makanan  seperti pepes yang ditambahkan parutan kelapa, teri, dan bumbu halus. tentunya rasanya enak bukan main.

Ternyata selain enak, petai cina ini juga punya banyak khasiat luar biasa kalau dikonsumsi secara rutin. Mari kita baca ulasan berikut dibawah ini.

Gizi Petai Cina

Di Indonesia, pohon petai cinta biasanya digunakan dalam penghijauan untuk pencegahan erosi. Mulanya tumbuhan petai cina berasal dari daerah tropis Amerika. Namun karena keperluan penghijuan tanaman ini disebar di sejumlah negara lainnya.

Pasalnya tanamanan petai cina ini mudah tumbuh didaerah tropis. Rupanya jenis tanaman ini dikategorikan perpaduan sayuran, seperti mentimun, kemangi dan lain sebagainya.

Petai cina mengadung berbagai vitamin.

Di antaranya vitamin C, vitamin A, dan BI. Selain itu terkandung karbohidrat, zat besi, fosfor, kalisum hingga protein.

Terdapat senyawa penting dalam petai cina. Seperti antioksidan tingga, senyawa tanin, flavonoid dan saponin.

Karena kaya akan kandungan sejumlah nutrisi itu, ada banyak manfaat petai cina bagi kesehatan. Diantaranya :

1. Mencegah Osteoporosis

Karena kandungannya zat besi, fosfor hingga kalsium, petai cina ini berperan menjaga kepadatan tulang.

Seperti diketahui osteoporosis disebabkan karena kekurangan kebutuhan mineral zat besi, fosfor dan kalsium.

Selain susu, petai cina bisa menjadi alternatif menjaga kekuatan tulang. Bahkan selain tulang, tentu saja karena kaya akan zat besi, petai cina juga dapat berperan menguatkan gigi.

2. Mengurangi Insomnia

Penyakit insomnia kini untuk ukuran jaman modern sedang marak terjadi. Salah satu cara untuk mengurangi insomnia rupanya dengan cara mengonsumsi petai cina ini.

Karena terkandung vitamin B-12, ang berperan dalam metabolisme. Pemenuhan B12 dapat menyeimbangkan fisik dan mengatasi insomnia.

3. Mencegah Hipertensi

Sejalan dengan kandungan vitamin B-12 dalam petai cina dapat membantu mengkontrol tekanan darah.

Selain itu kandungan mineral kalsium dapat bekerja menurunkan risiko hipertensi.Flavonoid juga membantu sel datrah merah mengalir dengan lancar.

4. Menyembuhkan Diabetes

Penyakit diabetes menjadi alarm kadar gula dalam darah bermasalah. Penyakit diabetes sulit dalam proses penyembuhannya. Namun, petai cina dapat menjadi solusi penyembuhan diabetes. 

Kalsium dipenuhi dari petai cina dapat menghambat masuknya kadar gula darah yang berlebihan.

Adapun kandungan saponin dalam petai cina mampu menormalkan fungsi pankreas yang menghasilkan hormon insulin.

5. Anti kanker

Kandungan anti-oksidan yang tinggi dalam petai cina dapat menangkal radikal bebas. Seperti diketahui radikal bebas menjadi salah satu penyebab seseorang terkena kanker.

Adapula senyawa tanin dalam petai cina berperan sebagai penawar racun. Tanin juga berperan sebagai anti-bakteri, anti-virus termasuk anti-kanker.

Cara Mengoonsumsi Petai

Ada berbagai cara untuk mengolah petai cina dimanfaatkan sebagai obat. Di antaranya bisa dikonsumsi secara mentah-mentah.

Kalau tak suka baunya saat mentah, kita pun bisa merebus dan mengonsumsinya sebagai lalapan. Boleh jika air rebusannya dibuat ekstrak untuk diminum.

Manfaat Luar Biasa Petai untuk Kesehatan

Petai selama ini selalu dihindari unutk dimakan lantaran baunya. Padahal, petai ternyata memiliki kandungan luar biasanya yang bisa membuat kesehatan meningkat.

Berikut ini ada beberapa manfaat petai yang memang selama ini jarang diketahui.

1. Mengimbangi Rasa Stres

Tentu tahu, kalium merupakan mineral penting yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak, dan menga

Nah, petai mengandung kalium yang lumayan tinggi, sehingga dapat mengimbangi rasa stres.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Petai ini dianggap baik untuk jantung, karena kandungan serat, antioksidan, dan kaliumnya.

Kalium merupakan salah satu elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar selalu stabil, sedangkan serat dan antioksidan pada petai membantu mencegah pembentukan plak.

3. Mengatasi Anemia dan Tekanan Darah

Petai sarat zat besi, yang dapat dengan mudah mendorong pembentukan hemoglobin di dalam darah yang membantu kasus anemia.

Petai pun banyak kandungan kalium tapi lebih rendah garam yang membuatnya ideal mengatasi tekanan darah.

4. Mengatasi Masalah Sembelit dan Mulas

Petai kaya akan serat, sehingga dapat membantu memulihkan aktivitas usus secara normal dan mengatasi masalah sembelit tanpa menggunakan obat pencahar.

Petai juga mempunyai efek antasida alami dalam tubuh, sehingga jika merasa mulas, petai dapat membantu meredakan nyeri.

5. Mencegah Depresi

Pada sebuah penelitian pada seseorang yang berjuang dari gangguan depresi, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai.

Hal ini dikarenakan petai mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dapat membuat rileks, meningkatkan mood, dan meningkatkan rasa nyaman.

Vitamin B6 yang terkandung pada petai mengatur kadar gula darah yang dapat mempengaruhi suasana hati, bahkan pada orang yang mengalami premenstrual syndrome (PMS).

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa buah yang mengandung kalium bisa membantu bagi seseorang untuk meningkatkan rasa kewaspadaannya dan dapat meningkatkan daya ingatnya.

0 Response to "Gizi Petai Cina"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak