Tidak Meminta-Minta Sesuatu kepada Orang Lain

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan para sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah.

Pada saat seseorang masih memiliki tenaga untuk berusaha, maka Islam sangat menganjurkannya untuk dapat bekerja memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Sementara itu meminta-minta, ada banyak hadits yang melarang perbuatan ini.  Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah banyak menyebutkan larangan untuk meminta-minta.

Sebaliknya, beliau memerintahkan umatnya untuk bekerja. Dalam sebuah hadits disebutkan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ุฃู† ูŠุญุชุทุจ ุฃุญุฏูƒู… ุญุฒู…ุฉ ุนู„ู‰ ุธู‡ุฑู‡، ุฎูŠุฑ ู„ู‡ ู…ู† ุฃู† ูŠุณุฃู„ ุฃุญุฏุง ููŠุนุทูŠู‡ ุฃูˆ ูŠู…ู†ุนู‡ 

"Sungguh, seorang yang bekerja memikul seikat kayu bakar di punggungnya, itu lebih baik daripada ia meminta-minta kepada orang lain, apakah orang itu memberinya atau tidak memberinya." (HR Bukhari dan Muslim).

Sementara, Auf bin Malik Al Asyjai, dia berkata, “Kami pernah berada dekat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selama sembilan atau delapan atau tujuh hari. 

Saat kami hendak berpisah, beliau bersabda, "Apakah kalian tidak berbaiat kepada Rasulullah?" Ketika itu kami baru saja berbaiat kepada beliau, maka kami pun menjawab, "Sesungguhnya kami telah berbaiat kepadamu wahai Rasulullah." 

Kemudian beliau bertanya lagi: "Apakah kalian tidak berbaiat kepada Rasulullah?" kami menjawab, "Sungguh, kami telah berbaiat kepada Anda wahai Rasulullah."

Beliau mengulangi pertanyaannya, "Apakah kalian tidak berbai'at kepada Rasulullah?" Maka kami pun mengulurkan tangan sambil berujar, "Sesungguhnya kami telah berbaiat kepada Tuan, lalu atas apa lagi kami berbaiat kepada Tuan wahai Rasulullah?" 

Beliau menjawab, "Bahwa kalian akan menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun juga, akan menegakkan shalat lima waktu, akan berlaku patuh kemudian beliau melirihkan perkataannya, “Dan tidak akan meminta sesuatupun kepada orang banyak." 

Auf berkata, “Aku pernah melihat sebagian dari mereka itu suatu saat cambuknya jatuh, tetapi dia tidak meminta tolong sedikit pun kepada orang lain untuk mengambilkannya." (HR Muslim).

Bahkan orang yang tidak gampang meminta-minta diberikan jaminan surga kepadanya.

ุนَู†ْ ุซَูˆْุจَุงู†َ ู‚َุงู„َ ูˆَูƒَุงู†َ ุซَูˆْุจَุงู†ُ ู…َูˆْู„َู‰ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุงู„َ ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู…َู†ْ ูŠَูƒْูُู„ُ ู„ِูŠ ุฃَู†ْ ู„َุง ูŠَุณْุฃَู„َ ุงู„ู†َّุงุณَ ุดَูŠْุฆًุง ูˆَุฃَุชَูƒَูَّู„ُ ู„َู‡ُ ุจِุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ูَู‚َุงู„َ ุซَูˆْุจَุงู†ُ ุฃَู†َุง ูَูƒَุงู†َ ู„َุง ูŠَุณْุฃَู„ُ ุฃَุญَุฏًุง ุดَูŠْุฆًุง

Dari Tsauban mantan budak Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam, dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Siapakah yang menjamin untukku untuk tidak meminta-minta sesuatupun kepada orang lain, dan aku menjaminnya masuk Surga? Tsauban berkata; saya! Dan Tsauban tidak pernah meminta sesuatupun kepada orang lain (HR Abu Daud).

Kemudian juga Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan Abu Dzar untuk melakukan tujuh hal yaitu sebagai berikut:

ุฃَู…َุฑَู†ِูŠ ุจِุญُุจِّ ุงู„ْู…َุณَุงูƒِูŠู†ِ، ูˆَุงู„ุฏُّู†ُูˆِّ ู…ِู†ْู‡ُู…ْ، ูˆَุฃَู…َุฑَู†ِูŠ ุฃَู†ْ ุฃَู†ْุธُุฑَ ุฅِู„َู‰ ู…َู†ْ ู‡ُูˆَ ุฏُูˆู†ِูŠ، ูˆَู„َุง ุฃَู†ْุธُุฑَ ุฅِู„َู‰ ู…َู†ْ ู‡ُูˆَ ูَูˆْู‚ِูŠ، ูˆَุฃَู…َุฑَู†ِูŠ ุฃَู†ْ ุฃَุตِู„َ ุงู„ุฑَّุญِู…َ ูˆَุฅِู†ْ ุฃَุฏْุจَุฑَุชْ، ูˆَุฃَู…َุฑَู†ِูŠ ุฃَู†ْ ู„َุง ุฃَุณْุฃَู„َ ุฃَุญَุฏًุง ุดَูŠْุฆًุง، ูˆَุฃَู…َุฑَู†ِูŠ ุฃَู†ْ ุฃَู‚ُูˆู„َ ุจِุงู„ْุญَู‚ِّ ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ู…ُุฑًّุง، ูˆَุฃَู…َุฑَู†ِูŠ ุฃَู†ْ ู„َุง ุฃَุฎَุงูَ ูِูŠ ุงู„ู„ู‡ِ ู„َูˆْู…َุฉَ ู„َุงุฆِู…ٍ، ูˆَุฃَู…َุฑَู†ِูŠ ุฃَู†ْ ุฃُูƒْุซِุฑَ ู…ِู†ْ ู‚َูˆْู„ِ: ู„َุง ุญَูˆْู„َ ูˆَู„َุง ู‚ُูˆَّุฉَ ุฅِู„َّุง ุจِุงู„ู„ู‡ِ، ูَุฅِู†َّู‡ُู†َّ ู…ِู†ْ ูƒَู†ْุฒٍ ุชَุญْุชَ ุงู„ْุนَุฑْุดِ

“Tujuh itu ialah, mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, memperhatikan orang-orang yang di bawahku dan tidak melihat siapa yang ada di atasku, menyambung tali silaturahim (yang masih ada hubungan saudara) meski saudara tersebut bersikap kasar, tidak meminta-minta pada seorang pun, mengatakan yang benar meski pahit, tidak takut terhadap celaan saat berdakwah di jalan Allah, memperbanyak ucapan 'laa hawla wa laa quwwata illa billah' karena kalimat ini termasuk simpanan di bawah 'Arsy.” (HR Ahmad).

Orang yang mau bekerja, berarti dia menghormati dirinya dan agamanya dengan tidak menafikan potensi yang diberikan Allah kepadanya atau dapat dikatakan tidak kufur atas nikmat yang Allah berikan.

Kita memohon kepada Allah Ta'ala agar menjadikan kita semua sebagai hamba-Nya yang bersyukur dan qanaah atas segala nikmatnya, merasa cukup dengan apa yang ada,serta menahan diri dari minta-minta. Sesungguhnya Allah Maha Dermawan lagi Maha Mulia.

Mencintai Orang-Orang Miskin dan Dekat dengan Mereka.

Wasiat yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tujukan untuk Abu Dzar ini, pada hakikatnya adalah wasiat untuk ummat Islam secara umum. 

Dalam hadits ini, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat kepada Abu Dzar agar mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka. 

Kita sebagai ummat Islam hendaknya menyadari bahwa nasihat Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini tertuju juga kepada kita semua.

Orang-orang miskin yang dimaksud, adalah mereka yang hidupnya tidak berkecukupan, tidak punya kepandaian untuk mencukupi kebutuhannya, dan mereka tidak mau meminta-minta kepada manusia. Pengertian ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

ู„َูŠْุณَ ุงู„ْู…ِุณْูƒِูŠْู†ُ ุจِู‡َุฐَุง ุงู„ุทَّูˆَّุงูِ ุงู„َّุฐِูŠ ูŠَุทُูˆْูُ ุนَู„َู‰ ุงู„ู†َّุงุณِ، ูَุชَุฑُุฏُّู‡ُ ุงู„ู„ُّู‚ْู…َุฉُ ูˆَุงู„ู„ُّู‚ْู…َุชَุงู†ِ ูˆَุงู„ุชَّู…ْุฑَุฉُ ูˆَุงู„ุชَّู…ْุฑَุชَุงู†ِ. ู‚َุงู„ُูˆْุง : ูَู…َุง ุงู„ْู…ِุณْูƒِูŠْู†ُ ูŠَุง ุฑَุณُูˆْู„َ ุงู„ู„ู‡ِ؟ ู‚َุงู„َ: ุงู„َّุฐِูŠْ ู„ุงَ ูŠَุฌِุฏُ ุบِู†ًู‰ ูŠُุบْู†ِูŠْู‡ِ ูˆَู„ุงَ ูŠُูْุทَู†ُ ู„َู‡ُ ูَูŠُุชَุตَุฏَّู‚َ ุนَู„َูŠْู‡ِ، ูˆَู„ุงَ ูŠَุณْุฃَู„ُ ุงู„ู†َّุงุณَ ุดَูŠْุฆًุง.

“Orang miskin itu bukanlah mereka yang berkeliling meminta-minta kepada orang lain agar diberikan sesuap dan dua suap makanan dan satu-dua butir kurma.” Para sahabat bertanya: “Ya Rasulullah, (kalau begitu) siapa yang dimaksud orang miskin itu?” Beliau menjawab,”Mereka ialah orang yang hidupnya tidak berkecukupan, dan dia tidak mempunyai kepandaian untuk itu, lalu dia diberi shadaqah (zakat), dan mereka tidak mau meminta-minta sesuatu pun kepada orang lain.” 

Islam menganjurkan umatnya berlaku tawadhu` terhadap orang-orang miskin, duduk bersama mereka, menolong mereka, serta bersabar bersama mereka.

Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkumpul bersama orang-orang miskin, datanglah beberapa pemuka Quraisy hendak berbicara dengan Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi mereka enggan duduk bersama dengan orang-orang miskin itu, lalu mereka menyuruh beliau agar mengusir orang-orang fakir dan miskin yang berada bersama beliau. Maka masuklah dalam hati beliau keinginan untuk mengusir mereka, dan ini terjadi dengan kehendak Allah Ta’ala. Lalu turunlah ayat:

ูˆَู„َุง ุชَุทْุฑُุฏِ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠَุฏْุนُูˆู†َ ุฑَุจَّู‡ُู…ْ ุจِุงู„ْุบَุฏَุงุฉِ ูˆَุงู„ْุนَุดِูŠِّ ูŠُุฑِูŠุฏُูˆู†َ ูˆَุฌْู‡َู‡ُ

Janganlah engkau mengusir orang yang menyeru Rabb-nya di pagi dan petang hari, mereka mengharapkan wajah-Nya. (al-An’รขm/6:52)

Mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, yaitu dengan membantu dan menolong mereka, bukan sekedar dekat dengan mereka. 

Apa yang ada pada kita, kita berikan kepada mereka karena kita akan diberikan kemudahan oleh Allah Ta’ala dalam setiap urusan, dihilangkan kesusahan pada hari Kiamat, dan memperoleh ganjaran yang besar.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ู…َู†ْ ู†َูَّุณَ ุนَู†ْ ู…ُุคْู…ِู†ٍ ูƒُุฑْุจَุฉً ู…ِู†ْ ูƒُุฑَุจِ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ู†َูَّุณَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ูƒُุฑْุจَุฉً ู…ِู†ْ ูƒُุฑَุจِ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ، ูˆَู…َู†ْ ูŠَุณَّุฑَ ุนَู„َู‰ ู…ُุนْุณِุฑٍ ูŠَุณَّุฑَ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูِูŠ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَุงْู„ุขุฎِุฑَุฉِ…

Barangsiapa menghilangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Dan barangsiapa yang memudahkan kesulitan orang yang dililit hutang, Allah akan memudahkan atasnya di dunia dan akhirat… 

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

ุงู„ุณَّุงุนِู‰ ุนَู„َู‰ ุงْู„ุฃَุฑْู…َู„َุฉِ ูˆَุงู„ْู…ِุณْูƒِูŠْู†ِ ูƒَุงู„ْู…ُุฌَุงู‡ِุฏِ ูِูŠْ ุณَุจِูŠْู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ –ูˆَุฃَุญْุณِุจُู‡ُ ู‚َุงู„َ-: ูˆَูƒَุงู„ْู‚َุงุฆِู…ِ ู„ุงَ ูŠَูْุชُุฑُ ูˆَูƒَุงู„ุตَّุงุฆِู…ِ ู„ุงَ ูŠُูْุทِุฑُ.

“Orang yang membiayai kehidupan para janda dan orang-orang miskin bagaikan orang yang berjihad fii sabiilillaah.”Saya (perawi) kira beliau bersabda, “Dan bagaikan orang yang shalat tanpa merasa bosan serta bagaikan orang yang berpuasa terus-menerus”.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu berkumpul bersama orang-orang miskin, sampai-sampai beliau berdo’a kepada Allah agar dihidupkan dengan tawadhu’, akan tetapi beliau mengucapkannya dengan kata “miskin”.

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฃَุญْูŠِู†ِูŠْ ู…ِุณْูƒِูŠْู†ًุง ูˆَุฃَู…ِุชْู†ِูŠْ ู…ِุณْูƒِูŠْู†ًุง ูˆَุงุญْุดُุฑْู†ِูŠْ ูِูŠْ ุฒُู…ْุฑَุฉِ ุงู„ْู…َุณَุงูƒِูŠْู†ِ.

Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan miskin, matikanlah aku dalam keadaan miskin, dan kumpulkanlah aku bersama rombongan orang-orang miskin.

Ini adalah doa dari beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam agar Allah Ta’ala memberikan sifat tawadhu` dan rendah hati, serta agar tidak termasuk orang-orang yang sombong lagi zhalim maupun orang-orang kaya yang melampaui batas. 

Makna hadits ini bukanlah meminta agar beliau menjadi orang miskin, sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Atsir rahimahullah , bahwa kata “miskin” dalam hadits di atas adalah tawadhu`. Sebab, di dalam hadits yang lain Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berlindung dari kefakiran.

Beliau berdoa seperti ini, karena beliau mengetahui bahwa orang-orang miskin akan memasuki surga lebih dahulu daripada orang-orang kaya. Tenggang waktu antara masuknya orang-orang miskin ke dalam surga sebelum orang kaya dari kalangan kaum Muslimin adalah setengah hari, yaitu lima ratus tahun.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ูŠَุฏْุฎُู„ُ ูُู‚َุฑَุงุกُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠْู†َ ุงู„ْุฌَู†َّุฉَ ู‚َุจْู„َ ุฃَุบْู†ِูŠَุงุฆِู‡ِู…ْ ุจِู†ِุตْูِ ูŠَูˆْู…ٍ ูˆَู‡ُูˆَ ุฎَู…ْุณُ ู…ِุงุฆَุฉِ ุนَุงู…ٍ.

Orang-orang faqir kaum Muslimin akan memasuki surga sebelum orang-orang kaya (dari kalangan kaum Muslimin) selama setengah hari, yaitu lima ratus tahun.

Orang-orang miskin yang masuk surga ini, adalah mereka yang taat kepada Allah, mentauhidkan-Nya dan menjauhi perbuatan syirik, menjalankan Sunnah dan menjauhi perbuatan bid’ah, menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Sebab terlambatnya orang-orang kaya memasuki surga selama lima ratus tahun, adalah karena semua harta mereka akan dihitung dan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Ta’ala.

Dalam hadits yang lain Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a agar mencintai orang-orang miskin. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠْ ุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ูِุนْู„َ ุงู„ْุฎَูŠْุฑَุงุชِ، ูˆَุชَุฑْูƒَ ุงู„ْู…ُู†ْูƒَุฑَุงุชِ، ูˆَุญُุจَّ ุงู„ْู…َุณَุงูƒِูŠْู†ِ، ูˆَุฃَู†ْ ุชَุบْูِุฑَ ู„ِูŠْ ูˆَุชَุฑْุญَู…َู†ِูŠْ، ูˆَุฅِุฐََุง ุฃَุฑَุฏْุชَ ูِุชْู†َุฉَ ู‚َูˆْู…ٍ ูَุชَูˆَูَّู†ِูŠْ ุบََูŠْุฑَ ู…َูْุชُูˆْู†ٍ، ูˆَุฃَุณْุฃَู„ُูƒَ ุญُุจَّูƒَ، ูˆَุญُุจَّ ู…َู†ْ ูŠُุญِุจُّูƒَ، ูˆَุญُุจَّ ุนَู…َู„ٍ ูŠُู‚َุฑِّุจُู†ِูŠْ ุฅِู„َู‰ ุญُุจِّูƒَ.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar aku dapat melakukan perbuatan-perbuatan baik, meninggalkan perbuatan munkar, mencintai orang miskin, dan agar Engkau mengampuni dan menyayangiku. Jika Engkau hendak menimpakan suatu fitnah (malapetaka) pada suatu kaum, maka wafatkanlah aku dalam keadaan tidak terkena fitnah itu. Dan aku memohon kepada-Mu rasa cinta kepada-Mu, rasa cinta kepada orang-orang yang mencintaimu, dan rasa cinta kepada segala perbuatan yang mendekatkanku untuk mencintai-Mu.

Selain itu, dengan menolong orang-orang miskin dan lemah, kita akan memperoleh rezeki dan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ู‡َู„ْ ุชُู†ْุตَุฑُูˆْู†َ ูˆَุชُุฑْุฒَู‚ُูˆْู†َ ุฅِู„ุงَّ ุจِุถُุนَูَุงุฆِูƒُู…ْ.

Kalian hanyalah mendapat pertolongan dan rezeki dengan sebab adanya orang-orang lemah dari kalangan kalian.

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

ุฅِู†َّู…َุง ูŠَู†ْุตُุฑُ ุงู„ู„ู‡ُ ู‡َุฐَู‡ِ ุงْู„ุฃُู…َّุฉَ ุจِุถَุนِูŠْูِู‡َุง: ุจِุฏَุนْูˆَุชِู‡ِู…ْ، ูˆَุตَู„ุงَุชِู‡ِู…ْ، ูˆَุฅِุฎْู„ุงَุตِู‡ِู…ْ.

Sesungguhnya Allah menolong ummat ini dengan sebab orang-orang lemah mereka di antara mereka, yaitu dengan doa, shalat, dan keikhlasan mereka.

Melihat kepada Orang yang Lebih Rendah Kedudukannya dalam Hal Materi dan Penghidupan

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kita agar melihat orang yang berada di bawah kita dalam masalah kehidupan dunia dan mata pencaharian. 

Tujuan dari hal itu, agar kita tetap mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ุงُู†ْุธُุฑُูˆْุง ุฅِู„َู‰ ู…َู†ْ ู‡ُูˆَ ุฃَุณْูَู„َ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ูˆَู„ุงَ ุชَู†ْุธُุฑُูˆْุง ุฅِู„َู‰ ู…َู†ْ ู‡ُูˆَ ูَูˆْู‚َูƒُู…ْ ูَุฅِู†َّู‡ُ ุฃَุฌْุฏَุฑُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุชَุฒْุฏَุฑُูˆْุง ู†ِุนْู…َุฉَ ุงู„ู„ู‡ِ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ.

Lihatlah kepada orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu, karena yang demikian lebih patut, agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang seorang Muslim melihat kepada orang yang di atas. Maksudnya, jangan melihat kepada orang kaya, banyak harta, kedudukan, jabatan, gaji yang tinggi, kendaraan yang mewah, rumah mewah, dan lainnya. 

Dalam kehidupan dunia terkadang kita melihat kepada orang-orang yang berada di atas kita. Hal ini merupakan kesalahan yang fatal. 

Dalam masalah tempat tinggal, misalnya, terkadang seseorang hidup bersama keluarganya dengan “mengontrak rumah”, maka dengan keadaannya ini hendaklah ia bersyukur karena masih ada orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal dan tidur beratapkan langit. 

Begitu pun dalam masalah penghasilan, terkadang seseorang hanya mendapat nafkah yang hanya cukup untuk makan hari yang sedang dijalaninya saja, maka dalam keadaan ini pun ia harus tetap bersyukur karena masih ada orang-orang yang tidak memiliki penghasilan dan ada orang yang hanya hidup dari menggantungkan harapannya kepada orang lain.

Sedangkan dalam masalah agama, ketaatan, pendekatan diri kepada Allah, meraih pahala dan surga, maka sudah seharusnya kita melihat kepada orang yang berada di atas kita, yaitu para nabi, orang-orang yang jujur, para syuhada, dan orang-orang yang shalih. 

Apabila para salafush-shalih sangat bersemangat dalam melakukan shalat, puasa, shadaqah, membaca Al-Qur`รขn, dan perbuatan baik lainnya, maka kita pun harus berusaha melakukannya seperti mereka. Dan inilah yang dinamakan berlomba-lomba dalam kebaikan.

Dalam masalah berlomba-lomba meraih kebaikan ini, Allah Tabarรขka wa Ta’ala berfirman:

ูˆَูِูŠ ุฐَٰู„ِูƒَ ูَู„ْูŠَุชَู†َุงูَุณِ ุงู„ْู…ُุชَู†َุงูِุณُูˆู†َ

Dan untuk yang demikian itu, hendaknya orang berlomba-lomba. (al-Muthaffifรฎn/83:26).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kita melihat kepada orang yang berada di bawah kita dalam masalah dunia, agar kita menjadi orang-orang yang bersyukur dan qana’ah. 

Yaitu merasa cukup dengan apa yang Allah telah karuniakan kepada kita, tidak hasad dan tidak iri kepada manusia.

Apabila seorang muslim hanya mendapatkan makanan untuk hari yang sedang ia jalani sebagai kenikmatan yang paling besar baginya. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyinggung hal ini dalam sabdanya:

ู…َู†ْ ุฃَุตْุจَุญَ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ุขู…ِู†ًุง ูِูŠْ ุณِุฑْุจِู‡ِ، ู…ُุนَุงูًู‰ ูِูŠْ ุฌَุณَุฏِู‡ِ، ูˆَุนِู†ْุฏَู‡ُ ู‚ُูˆْุชُ ูŠَูˆْู…ِู‡ِ، ูَูƒَุฃَู†َّู…َุง ุญِูŠْุฒَุชْ ู„َู‡ُ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ุจِุญَุฐَุงูِูŠْุฑِู‡َุง.

Siapa saja di antara kalian yang merasa aman di tempat tinggalnya, diberikan kesehatan pada badannya, dan ia memiliki makanan untuk harinya itu, maka seolah-olah ia telah memiliki dunia seluruhnya.

Abu Dzar Radhiyallahu anhu adalah teladan kita dalam hal ini. Beliau mencari makan untuk hari yang sedang dijalaninya, sedangkan untuk esok harinya beliau mencarinya lagi. 

Beliau melakukan yang demikian itu terus-menerus dalam kehidupannya. Mudah-mudahan Allah meridhai beliau.

Menyambung Silaturahmi Meskipun Karib Kerabat Berlaku Kasar.

Imam Ibnu Manzhur rahimahullah berkata tentang silaturahmi: “Al-Imam Ibnul-Atsir rahimahullah berkata, ‘Silaturahmi adalah ungkapan mengenai perbuatan baik kepada karib kerabat karena hubungan senasab atau karena perkawinan, berlemah lembut kepada mereka, menyayangi mereka, memperhatikan keadaan mereka, meskipun mereka jauh dan berbuat jahat. Sedangkan memutus silaturahmi, adalah lawan dari hal itu semua’.”

Dari pengertian di atas, maka silaturahmi hanya ditujukan pada orang-orang yang memiliki hubungan kerabat dengan kita, seperti kedua orang tua, kakak, adik, paman, bibi, keponakan, sepupu, dan lainnya yang memiliki hubungan kerabat dengan kita.

Sebagian besar kaum Muslimin salah dalam menggunakan kata silaturahmi. Mereka menggunakannya untuk hubungan mereka dengan rekan-rekan dan kawan-kawan mereka. 

Padahal silaturahmi hanyalah terbatas pada orang-orang yang memiliki hubungan kekerabatan dengan kita. Adapun kepada orang yang bukan kerabat, maka yang ada hanyalah ukhuwwah Islamiyyah (persaudaraan Islam).

Silaturahmi yang hakiki bukanlah menyambung hubungan baik dengan orang yang telah berbuat baik kepada kita, namun silaturahmi yang hakiki adalah menyambung hubungan kekerabatan yang telah retak dan putus, dan berbuat baik kepada kerabat yang berbuat jahat kepada kita. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ู„َูŠْุณَ ุงู„ْูˆَุงุตِู„ُ ุจِุงู„ْู…ُูƒَุงูِุฆِ ูˆَู„َูƒِู†ِ ุงู„ْูˆَุงุตِู„ُ ุงู„َّุฐِูŠْ ุฅِุฐَุง ู‚ُุทِุนَุชْ ุฑَุญِู…ُู‡ُ ูˆَุตَู„َู‡َุง.

Orang yang menyambung kekerabatan bukanlah orang yang membalas kebaikan, tetapi orang yang menyambungnya adalah orang yang menyambung kekerabatannya apabila diputus.

Imam al-‘Allamah ar-Raghib al-Asfahani rahimahullah menyatakan bahwa rahim berasal dari kata rahmah yang berarti lembut, yang memberi konsekuensi berbuat baik kepada orang yang disayangi.

Ar-Rahim, adalah salah satu nama Allah. Rahim (kekerabatan), Allah letakkan di ‘Arsy. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ุงู„ุฑَّุญِู…ُ ู…َุนَู„َّู‚َุฉٌ ุจِุงู„ْุนَุฑْุดِ، ุชَู‚ُูˆْู„ُ: ู…َู†ْ ูˆَุตَู„َู†ِูŠْ ูˆَุตَู„َู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ، ูˆَู…َู†ْ ู‚َุทَุนَู†ِูŠْ ู‚َุทَุนَู‡ُ ุงู„ู„ู‡ُ.

Rahim (kekerabatan) itu tergantung di ‘Arsy. Dia berkata,”Siapa yang menyambungku, Allah akan menyambungnya. Dan siapa yang memutuskanku, Allah akan memutuskannya.

Menyambung silaturahmi dan berbuat baik kepada orang tua adalah wajib berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur`รขn dan as-Sunnah. Sebaliknya, memutus silaturahmi dan durhaka kepada orang tua adalah haram dan termasuk dosa besar.

Allah Ta’ala berfirman:

ูˆَูŠَู‚ْุทَุนُูˆู†َ ู…َุง ุฃَู…َุฑَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِู‡ِ ุฃَู†ْ ูŠُูˆุตَู„َ

…Dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah untuk disambungkan… (al-Baqarah/2:27).

Dalam menafsirkan ayat di atas, al-Imam Ibnu Jarir ath-Thabari rahimahullah berkata: “Pada ayat di atas, Allah menganjurkan hamba-Nya agar menyambung hubungan kerabat dan orang yang memiliki hubungan rahim, serta tidak memutuskannya”.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengaitkan antara menyambung silaturahmi dengan keimanan terhadap Allah dan hari Akhir. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ู…َู†ْ ูƒَุงู†َ ูŠُุคْู…ِู†ُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุงู„ْูŠَูˆْู…ِ ุงْู„ุขุฎِุฑِ ูَู„ْูŠَุตِู„ْ ุฑَุญِู…َู‡ُ.

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia menyambung silaturahmi.

Dengan bersilaturahmi, Allah akan melapangkan rezeki dan memanjangkan umur kita. Sebaliknya, orang yang memutuskan silaturahmi, Allah akan sempitkan rezekinya atau tidak diberikan keberkahan pada hartanya.

Adapun haramnya memutuskan silaturahmi telah dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya:

ู„ุงَ ูŠَุฏْุฎُู„ُ ุงู„ْุฌَู†َّุฉَ ู‚َุงุทِุนٌ.

Tidak masuk surga orang yang memutuskan silaturahmi.

Bersilaturahmi dapat dilakukan dengan cara mengunjungi karib kerabat, menanyakan kabarnya, memberikan hadiah, bersedekah kepada mereka yang miskin, menghormati mereka yang berusia lebih tua dan menyayangi yang lebih muda dan lemah, serta menanyakan terus keadaan mereka, baik dengan cara datang langsung, melalui surat, maupun dengan menghubunginya lewat telepon ataupun short massage service (sms). 

Bisa juga dilakukan dengan meminta mereka untuk bertamu, menyambut kedatangannya dengan suka cita, memuliakannya, ikut senang bila mereka senang dan ikut sedih bila mereka sedih, mendoakan mereka dengan kebaikan, tidak hasad (dengki) terhadapnya, mendamaikannya bila berselisih, dan bersemangat untuk mengokohkan hubungan di antara mereka. 

Bisa juga dengan menjenguknya bila sakit, memenuhi undangannya, dan yang paling mulia ialah bersemangat untuk berdakwah dan mengajaknya kepada hidayah, tauhid, dan Sunnah, serta menyuruh mereka melakukan kebaikan dan melarang mereka melakukan dosa dan maksiat.

Hubungan baik ini harus terus berlangsung dan dijaga kepada karib kerabat yang baik dan istiqamah di atas Sunnah. 

Adapun terhadap karib kerabat yang kafir atau fasik atau pelaku bid’ah, maka menyambung kekerabatan dengan mereka dapat melalui nasihat dan memberikan peringatan, serta berusaha dengan sungguh-sungguh dalam melakukannya.

Silaturahmi yang paling utama adalah silaturahmi kepada kedua orang tua. Orang tua adalah kerabat yang paling dekat, yang memiliki jasa yang sangat besar, mereka memberikan kasih dan sayangnya sepanjang hidup mereka. 

Maka tidak aneh jika hak-hak mereka memiliki tingkat yang besar setelah beribadah kepada Allah. Di dalam Al-Qur`รขn terdapat banyak ayat yang memerintahkan kita agar berbakti kepada kedua orang tua.

Birrul-walidain adalah berbuat baik kepada kedua orang tua, baik berupa bantuan materi, doa, kunjungan, perhatian, kasih sayang, dan menjaga nama baik pada saat keduanya masih hidup maupun setelah keduanya meninggal dunia. Birrul-walidain adalah perbuatan baik yang paling baik.

Diriwayatkan dari Sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu, ia berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

ุฃَูŠُّ ุงู„ْุนَู…َู„ِ ุฃَูْุถَู„ُ؟ ู‚َุงู„َ : ุงَู„ุตَّู„ุงَุฉُ ุนَู„َู‰ ูˆَู‚ْุชِู‡َุง ู‚َุงู„َ: ู‚ُู„ْุชُ ุซُู…َّ ุฃَูŠٌّ؟ ู‚َุงู„َ: ุจِุฑُّ ุงู„ْูˆَุงู„ِุฏَูŠْู†ِ ู‚َุงู„َ: ู‚ُู„ْุชُ: ุซُู…َّ ุฃَูŠٌّ ؟ ู‚َุงู„َ : ุงู„ْุฌِู‡َุงุฏُ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„ู‡ِ.

“Amal apakah yang paling utama?” Beliau menjawab,”Shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya).” Aku bertanya,”Kemudian apa?” Beliau menjawab,“Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya,”Kemudian apa?” Beliau menjawab,”Jihad di jalan Allah.” 

Selain itu, Allah Ta’ala dan Rasul-Nya melarang kita berbuat durhaka kepada kedua orang tua. Sebab, durhaka kepada kedua orang tua adalah dosa besar yang paling besar.

Silaturahmi memiliki sekian banyak manfaat yang sangat besar, diantaranya sebagai berikut.

Dengan bersilaturahmi, berarti kita telah menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Dengan bersilaturahmi akan menumbuhkan sikap saling tolong-menolong dan mengetahui keadaan karib kerabat.

Dengan bersilaturahmi, Allah akan meluaskan rezeki dan memanjangkan umur kita. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bersabda:

ู…َู†ْ ุฃَ ุญَุจَّ ุฃَู†ْ ูŠُุจْุณَุทَ ู„َู‡ُ ูِู‰ ุฑِุฒْู‚ِู‡ِ، ูˆَูŠُู†ْุณَุฃَ ู„َู‡ُ ูِู‰ ุฃَุซَุฑِู‡ِ ูَู„ْูŠَุตِู„ْ ุฑَุญِู…َู‡ُ .

Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.

Dengan bersilaturahmi, kita dapat menyampaikan dakwah, menyampaikan ilmu, menyuruh berbuat baik, dan mencegah berbagai kemungkaran yang mungkin akan terus berlangsunng apabila kita tidak mencegahnya.

Silaturahmi sebagai sebab seseorang masuk surga.

Diriwayatkan dari Abu Ayyub al-Anshari Radhiyallahu anhu, bahwasanya ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepadaku suatu amal yang dapat memasukkanku ke dalam surga dan menjauhkanku dari neraka,” maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ุชَุนْุจُุฏُ ุงู„ู„ู‡َ ูˆَู„ุงَ ุชُุดْุฑِูƒُ ุจِู‡ِ ุดَูŠْุฆًุง، ูˆَุชُู‚ِูŠْู…ُ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉَ، ูˆَุชُุคْุชِูŠَ ุงู„ุฒَّูƒَุงุฉَ، ูˆَุชَุตِู„ُ ุงู„ุฑَّุญِู…َ.

Engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi.


Memperbanyak Ucapan ‘Lรข Haula wa lรข Quwwata illรข Billรขh’ (Tidak Ada Daya dan Upaya Kecuali dengan Pertolongan Allah)

Mengapa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan kalimat lรข haulรข wa lรข quwwata illรข billรขh?

Jawabannya, agar kita melepaskan diri kita dari segala apa yang kita merasa mampu untuk melakukannya, dan kita serahkan semua urusan kepada Allah. 

Sesungguhnya yang dapat menolong dalam semua aktivitas kita hanyalah Allah Ta’ala, dan ini adalah makna ucapan kita setiap kali melakukan shalat,

ุฅِูŠَّุงูƒَ ู†َุนْุจُุฏُ ูˆَุฅِูŠَّุงูƒَ ู†َุณْุชَุนِูŠู†ُ

Hanya kepada-Mu kami beribadah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan. [al-Fรขtihah/1:5].

Dan kalimat ini, adalah makna dari doa yang sering kita ucapkan dalam akhir shalat kita:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฃَุนِู†ِّูŠ ุนَู„َู‰ ุฐِูƒْุฑِูƒَ ูˆَุดُูƒْุฑِูƒَ ูˆَุญُุณْู†ِ ุนِุจَุงุฏَุชِูƒَ.

Ya Allah, tolonglah aku agar dapat berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu.

Pada hakikatnya seorang hamba tidak memiliki daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah. Seorang penuntut ilmu tidak akan mungkin duduk di majlis ilmu, melainkan dengan pertolongan Allah. Seorang guru tidak akan mungkin dapat mengajarkan ilmu yang bermanfaat, melainkan dengan pertolongan Allah. Begitupun seorang pegawai, tidak mungkin dapat bekerja melainkan dengan pertolongan Allah.

Seorang hamba tidak boleh sombong dan merasa bahwa dirinya mampu untuk melakukan segala sesuatu. Seorang hamba seharusnya menyadari bahwa segala apa yang dilakukannya semata-mata karena pertolongan Allah. 

Sebab, jika Allah tidak menolong maka tidak mungkin dia melakukan segala sesuatu. Artinya, dengan mengucapkan kalimat ini, seorang hamba berarti telah menunjukkan kelemahan, ketidakmampuan dirinya, dan menunjukkan bahwa ia adalah orang yang sangat membutuhkan pertolongan Allah.

Berani Mengatakan Kebenaran Meskipun Pahit.

Pahitnya kebenaran, tidak boleh mencegah kita untuk mengucapkannya, baik kepada orang lain maupun kepada diri sendiri. 

Apabila sesuatu itu jelas sebagai sesuatu yang haram, syirik, bid’ah dan munkar, jangan sampai kita mengatakan sesuatu yang haram adalah halal, yang syirik dikatakan tauhid, perbuatan bid’ah adalah Sunnah, dan yang munkar dikatakan ma’ruf.

Menyembah kubur, misalnya, yang sudah jelas perbuatan syirik namun banyak para dai yang beralasan bahwa hal tersebut, adalah permasalahan yang masih diperselisihkan. 

Seorang dai harus tegas mengatakan kebenaran, perbuatan yang bid’ah harus dikatakan bid’ah, dan perbuatan yang haram harus dikatakan haram, dengan membawakan dalil dan penjelasan para ulama tentang keharamannya.

Sesungguhnya jihad yang paling utama ialah mengatakan kalimat yang haq (kebenaran) kepada penguasa.

ุฃَูْุถَู„ُ ุงู„ْุฌِู‡َุงุฏِ ูƒَู„ِู…َุฉُ ุญَู‚ٍّ ุนِู†ْุฏَ ุณُู„ْุทَุงู†ٍ ุฌَุงุฆِุฑٍ.

Jihad yang paling utama ialah mengatakan kalimat yang haq (kebenaran) kepada penguasa yang zhalim.

Yaitu dengan mendatangi mereka dan menasihati mereka dengan cara yang baik. Jika tidak bisa, dapat dilakukan dengan menulis surat atau melalui orang yang menjadi wakil mereka, tidak dengan mengadakan orasi, provokasi, demonstrasi. Dan tidak boleh menyebarkan aib mereka melalui mimbar, mimbar Jum’at, dan yang lainnya.

Islam telah memberikan ketentuan dalam menasihati para pemimpin (ulil amri). Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ู…َู†ْ ุฃَุฑَุงุฏَ ุฃَู†ْ ูŠَู†ْุตَุญَ ู„ِุฐِูŠ ุณُู„ْุทَุงู†ٍ ูَู„ุงَ ูŠُุจْุฏِู‡ِ ุนَู„ุงَู†ِูŠَุฉً ูˆَู„َูƒِู†ْ ูŠَุฃْุฎُุฐْ ุจِูŠَุฏِู‡ِ ูَูŠَุฎْู„ُูˆْ ุจِู‡ِ ูَุฅِู†ْ ู‚َุจِู„َ ู…ِู†ْู‡ُ ูَุฐَุงูƒَ ูˆَ ุฅِู„ุงَّ ูƒَุงู†َ ู‚َุฏْ ุฃَุฏَّู‰ ุงู„َّุฐِูŠ ุนَู„َูŠْู‡ِ.

Barangsiapa yang ingin menasihati penguasa, janganlah ia menampakkan dengan terang-terangan. Hendaklah ia pegang tangannya lalu menyendiri dengannya. Kalau penguasa itu mau mendengar nasihat itu, maka itu yang terbaik. Dan bila si penguasa itu enggan (tidak mau menerima), maka sungguh ia telah melaksanakan kewajiban amanah yang dibebankan kepadanya.

Tidak Takut Celaan Para Pencela dalam Berdakwah di Jalan Allah.

Dalam berdakwah di jalan Allah Ta’ala, banyak orang yang menolak, mencela, dan lainnya. Hati yang sakit pada umumnya menolak kebenaran yang disampaikan. 

Ketika kebenaran itu kita sampaikan dan mereka mencela, maka kita diperintahkan untuk terus menyampaikan dakwah yang haq dengan ilmu, lemah lembut, dan sabar.


Di antara akhlak yang mulia, adalah berani dalam menyampaikan kebenaran, dan ini merupakan akhlak Salafush-Shalih. Islam mencela sifat penakut. 

Hal ini dapat tercermin dari perintah untuk maju ke medan perang dan tidak boleh mundur pada saat telah berhadapan dengan musuh. 

Disamping itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berlindung kepada Allah dari sifat pengecut. Beliau berdoa dalam haditsnya:

ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุฅِู†ِّูŠْ ุฃَุนُูˆْุฐُ ุจِูƒَ ู…ِู†َ ุงู„ْุฌُุจْู†ِ، ูˆَุฃَุนُูˆْุฐُ ุจِูƒَ ู…ِู†ْ ุฃَู†ْ ุฃُุฑَุฏَّ ุฅِู„َู‰ ุฃَุฑْุฐَู„ِ ุงู„ْุนُู…ُุฑِ، ูˆَุฃَุนُูˆْุฐُ ุจِูƒَ ู…ِู†ْ ูِุชْู†َุฉِ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง، ูˆَุฃَุนُูˆْุฐُ ุจِูƒَ ู…ِู†ْ ุนَุฐَุงุจِ ุงู„ْู‚َุจْุฑِ.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut, aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir, aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan kepada umur yang paling hina (pikun), aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur.

Dakwah yang diberkahi Allah ini (dakwah kepada tauhid dan Sunnah) harus diperjuangkan oleh para dai, supaya tegak dan berkembang. Para dai yang menyeru kepadanya tidak boleh merasa takut. 

Kepada para dai yang menyeru kepada dakwah yang haq ini, jangan merasa takut apabila mendapat celaan, cobaan, penolakan, dan pertentangan. 

Jangan sekali-kali mundur dalam menegakkan kebenaran dan tidak mau lagi berdakwah. Dakwah mengajak manusia kepada tauhid dan Sunnah harus terus berjalan meskipun orang mencela, mencomooh, dan menolaknya.

Seorang dai tidak boleh mundur dalam berdakwah di jalan Allah dan tidak boleh takut, karena Allah yang akan menolong orang-orang yang berada di atas manhaj yang haq.

Dalam Al-Qur`รขn, Allah Ta’ala menyebutkan tentang orang-orang yang menyampaikan risalah Allah, sedangkan mereka tidak takut. Allah Ta’ala berfirman:

ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠُุจَู„ِّุบُูˆู†َ ุฑِุณَุงู„َุงุชِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَูŠَุฎْุดَูˆْู†َู‡ُ ูˆَู„َุง ูŠَุฎْุดَูˆْู†َ ุฃَุญَุฏًุง ุฅِู„َّุง ุงู„ู„َّู‡َ ۗ ูˆَูƒَูَู‰ٰ ุจِุงู„ู„َّู‡ِ ุญَุณِูŠุจًุง

(Yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan tidak merasa takut kepada siapa pun selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan. [al-Ahzaab/33:39].

Dan di antara ciri hamba yang dicintai Allah, adalah mereka tidak takut celaan para pencela. Allah Ta’ala berfirman:

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู…َู†ْ ูŠَุฑْุชَุฏَّ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ุนَู†ْ ุฏِูŠู†ِู‡ِ ูَุณَูˆْูَ ูŠَุฃْุชِูŠ ุงู„ู„َّู‡ُ ุจِู‚َูˆْู…ٍ ูŠُุญِุจُّู‡ُู…ْ ูˆَูŠُุญِุจُّูˆู†َู‡ُ ุฃَุฐِู„َّุฉٍ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠู†َ ุฃَุนِุฒَّุฉٍ ุนَู„َู‰ ุงู„ْูƒَุงูِุฑِูŠู†َ ูŠُุฌَุงู‡ِุฏُูˆู†َ ูِูŠ ุณَุจِูŠู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ูˆَู„َุง ูŠَุฎَุงูُูˆู†َ ู„َูˆْู…َุฉَ ู„َุงุฆِู…ٍ ۚ ุฐَٰู„ِูƒَ ูَุถْู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ูŠُุคْุชِูŠู‡ِ ู…َู†ْ ูŠَุดَุงุกُ ۚ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุงุณِุนٌ ุนَู„ِูŠู…ٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Barangsiapa di antara kamu yang murtad (keluar) dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum, Dia mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, dan bersikap lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman, tetapi bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah yang diberikan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Mahamengetahui.” (al-Mรขidah/5:54).

Tidak Meminta-Minta Sesuatu kepada Orang Lain.

Orang yang dicintai Allah, Rasul-Nya, dan manusia, adalah orang yang tidak meminta-minta kepada orang lain dan zuhud terhadap apa yang dimiliki orang lain. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh umatnya agar tidak meminta-minta kepada manusia, karena meminta-minta hukum asalnya adalah haram. 

Seorang Muslim harus berusaha makan dengan hasil keringatnya sendiri, dengan usaha kita sendiri, dan bukan dari usaha dan belas kasihan orang lain. 

Seorang Muslim harus berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, karena Allah yang akan menolongnya.

Masyarakat yang masih awam (minim dalam ilmu agama), mereka berusaha untuk menghidupi keluarga mereka dengan berjualan, baik di pinggir-pinggir jalan maupun di kendaraan umum, seperti bus dan kereta api. Yang demikian itu lebih mulia daripada dia meminta-minta kepada manusia. 

Seharusnya hal ini menjadi cambuk bagi para penuntut ilmu, agar mereka pun berusaha memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan keringat mereka sendiri, dan tidak bergantung kepada orang lain.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

َู„ุฃَู†ْ ูŠَุฃْุฎُุฐَ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ุญَุจْู„َู‡ُ ูَูŠَุฃْุชِูŠَ ุจِุฎُุฒْู…َุฉِ ุญَุทَุจٍ ุนَู„َู‰ ุธَู‡ْุฑِู‡ِ ูَูŠَุจِูŠْุนَู‡َุง ูَูŠَูƒُูَّ ุงู„ู„ู‡ُ ุจِู‡َุง ูˆَุฌْู‡َู‡ُ ุฎَูŠْุฑٌ ู„َู‡ُ ู…ِู†ْ ุฃَู†ْ ูŠَุณْุฃَู„َ ุงู„ู†َّุงุณَ، ุฃَุนْุทَูˆْู‡ُ ุฃَูˆْ ู…َู†َุนُูˆْู‡ُ.

Sungguh, seseorang dari kalian mengambil talinya lalu membawa seikat kayu bakar di atas punggungnya, kemudian ia menjualnya, sehingga dengannya Allah menjaga kehormatannya. Itu lebih baik baginya daripada ia meminta-minta kepada manusia. Mereka memberinya atau tidak memberinya.

Meminta-minta merupakan perbuatan yang sangat tercela, dan hukum asalnya adalah haram, kecuali untuk maslahat kaum Muslimin karena termasuk tolong-menolong dalam kebaikan, seperti untuk pembangunan masjid, pondok pesantren, biaya hidup anak yatim, dan yang sepertinya. 

Ini pun harus dengan cara yang baik, yaitu dengan mendatangi orang-orang yang kaya dan mampu atau diumumkan di masjid, bukan dengan cara meminta-minta di pinggir jalan. Sebab, perbuatan tersebut tidak ada contohnya dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya, serta merusak nama baik Islam dan kaum Muslimin. 

Adapun meminta-minta untuk kepentingan pribadi, maka hukumnya haram dalam Islam.

Diriwayatkan dari Sahabat Qabishah bin Mukhariq al-Hilali Radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah bersabda:

ูŠَุง ู‚َุจِูŠْุตَุฉُ، ุฅِู†َّ ุงู„ْู…َุณْุฃَู„َุฉَ ู„ุงَ ุชَุญِู„ُّ ุฅِู„ุงَّ ِู„ุฃَุญَุฏِ ุซَู„ุงَุซَุฉٍ: ุฑَุฌُู„ٌ ุชَุญَู…َّู„َ ุญَู…َู„َุฉً ูَุญَู„َّุชْ ู„َู‡ُ ุงู„ْู…َุณْุฃَู„َุฉُ ุญَุชَّู‰ ูŠُุตِูŠْุจَู‡َุง ุซُู…َّ ูŠُู…ْุณِูƒُ. ูˆَุฑَุฌُู„ٌ ุฃَุตَุงุจَุชْู‡ُ ุฌَุงุฆِุญَุฉٌ ุงุฌْุชَุงุญَุชْ ู…َุงู„َู‡ُ ูَุญَู„َّุชْ ู„َู‡ُ ุงู„ْู…َุณْุฃَู„َุฉُ ุญَุชَّู‰ ูŠُุตِูŠْุจَ ู‚ِูˆَุงู…ًุง ู…ِู†ْ ุนَูŠْุดٍ (ุฃَูˆْ ู‚َุงู„َ:ุณِุฏَุงุฏًุง ู…ِู†ْ ุนَูŠْุดٍ). ูˆَุฑَุฌُู„ٌ ุฃَุตَุงุจَุชْู‡ُ ูَุงู‚َุฉٌ ุญَุชَّู‰ ูŠَู‚ُูˆْู…َ ุซَู„ุงَุซَุฉٌ ู…ِู†ْ ุฐَูˆِู‰ ุงู„ْุญِุฌَุง ู…ِู†ْ ู‚َูˆْู…ِู‡ِ: ู„َู‚َุฏْ ุฃَุตَุงุจَุชْ ูُู„ุงَู†ًุง ูَุงู‚َุฉٌ. ูَุญَู„َّุชْ ู„َู‡ُ ุงู„ْู…َุณْุฃَู„َุฉُ ุญَุชَّู‰ ูŠُุตِูŠْุจَ ู‚ِูˆَุงู…ًุง ู…ِู†ْ ุนَูŠْุดٍ (ุฃَูˆْ ู‚َุงู„َ:ุณِุฏَุงุฏًุง ู…ِู†ْ ุนَูŠْุดٍ) ูَู…َุง ุณِูˆَุงู‡ُู†َّ ู…َู†َ ุงู„ْู…َุณْุฃَู„َุฉِ، ูŠَุง ู‚َุจِูŠْุตَุฉُ، ุณُุญْุชًุง ูŠَุฃْูƒُู„ُู‡َุง ุตَุงุญِุจُู‡َุง ุณُุญْุชًุง.

Wahai, Qabishah! Sesungguhnya meminta-minta tidak dihalalkan kecuali bagi salah seorang dari tiga macam: (1) seseorang yang menanggung hutang orang lain, ia boleh meminta-minta sampai ia melunasinya, kemudian ia berhenti (tidak meminta-minta lagi), (2) seseorang yang ditimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup, dan (3) orang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga ada tiga orang yang berakal dari kaumnya mengatakan “Si Fulan telah ditimpa kesengsaraan,” ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup. Meminta-minta selain tiga hal itu, wahai Qabishah, adalah haram, dan orang yang memakannya adalah memakan yang haram.

Bahkan orang yang selalu meminta-minta, kelak pada hari Kiamat tidak ada daging sedikit pun pada wajahnya, sebagaimana ia tidak malu untuk meminta-minta kepada manusia di dunia. 

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ู…َุง ูŠَุฒَุงู„ُ ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ูŠَุณْุฃَู„ُ ุงู„ู†َّุงุณَ، ุญَุชَّู‰ ูŠَุฃْุชِูŠَ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ูˆَู„َูŠْุณَ ูِูŠْ ูˆَุฌْู‡ِู‡ِ ู…ُุฒْุนَุฉُ ู„َุญْู…ٍ.

Seseorang senantiasa minta-minta kepada orang lain hingga ia akan datang pada hari Kiamat dengan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya.

Maksudnya bahwa pada hari Kiamat ia akan dikumpulkan di hadapan Allah dalam keadaan wajahnya hanya tulang (tengkorak) saja, tidak ada daging padanya. 

Hal itu sebagai hukuman baginya, dan sebagai tanda dosa baginya ketika di dunia ia selalu minta-minta dengan wajahnya tanpa malu.

0 Response to "Tidak Meminta-Minta Sesuatu kepada Orang Lain"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak