Dampak Perkembangan Teknologi dan Informasi (TIK)

Dewasa ini penyebaran informasi melalui teknologi digital sangat cepat dan tanpa arah dan batas siapa saja bisa mengaksesnya melalui internet dimanapun kapan saja. 

Perkembangan Teknologi dan Informasi (TIK) telah menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan yang ada pada akhirnya memberi imbas pada perubahan perilaku.


Perlukah kultur beretika di dunia digital? 

Namun sebelumnya, kita harus ketahui dulu mengenai etika digital yang merupakan cara yang sopan dan santun dalam menggunakan media sosial kepada orang lain, baik dalam membuat suatu laporan, informasi, berinteraksi serta memanfaatkannya secara sehat, cerdas, dan patuh pada norma hukum.

Etika digital yang baik termasuk menggunakan bahasa dan penulisan kata baik pada saat mempublikasikan di media sosial agar tidak menyinggung pihak lain. 

Dalam memberikan informasi yang sesuai dengan fakta dan tidak membuat konten yang mengandung unsur SARA.

Etika dalam dunia digital dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan dan kenyamanan bagi pengguna lain. 

Keamanan di dunia digital. Bagi setiap penggunanya supaya dapat menjaga dan berhati-hati dalam penyimpanan informasi dari pihak yang kurang bertanggung jawab.

Penggunaan etika digital yang baik itu seperti tidak membagikan informasi hoaks, menggunakan bahasa yang baik, tidak mengusik privasi serta tidak mengganggu orang lain.

Di Dunia Digitalisasi dan perubahan interaksi sosial saat ini pun memiliki dampak positif dan negatif.

Dampak positifnya 

Digitalisasi bisa mempererat persaudaraan, membentuk karakter kreatif, dan membentuk karakter cerdas, jiwa kewirausahaan serta berwawasan. 

Sementara dampak negatifnya 

Digitalisasi cenderung memunculkan perilaku individualisme, penyalahgunaan tindakan kriminal secara online, fitnah, hingga provokasi.

Dengan berbagai dampak yang ditimbulkan sari keberadaan teknologi dan internet, tentunya setiap individu perlu untuk mendapatkan literasi digital serta pemahaman akan perlunaya etika digital untuk menghindari berbagai dampak negatif dari perubahan interaksi sosial di ranah digital.

Terkait dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Sebagai warga negara yang baik harus dapat melihat lebih bijak dan jeli dalam memanfaatkan teknologi komunikasi yang ada sekarang ini. 

Semoga kedepannya akan selalu ada solusi yang dapat memberantas dampak negatif yang kemungkinan akan semakin meningkat.

0 Response to "Dampak Perkembangan Teknologi dan Informasi (TIK)"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak