Mendampingi Anak Saat Belajar Dirumah Supaya Tidak Jenuh

belajar
Kerinduan akan sekolah dan bertemu dengan teman-teman mulai dirasakan oleh anak-anak didik saat ini. Belajar di rumah sudah mulaih terasa membosankan. Belajar secara online saat home learning karena Covid 19 ternyata tak seasyik saat belajar di sekolah. 

Namun apa daya, kebijakan physical distancing masih berlaku dan belajar di rumah harus terus dijalani. Selaku orangtua, tentu perlu kreatif dalam mendampingi anak-anak yang sudah jenuh dengan setumpuk tugas belajar. 

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar anak-anak tidak jenuh atau bosan selama belajar di rumah.

Belajar interaktif melalui gawai Ada banyak aplikasi di gawai untuk belajar seperti matematika, bahasa Inggris dan mata pelajaran lainnya yang bisa dimanfaatkan agar menarik minat anak-anak baik yang disediakan pemerintah, swasta ataupun perusahaan aplikasi. Aplikasiaplikasi yang disediakan banyak yang gratis.

Selama tidak bisa didampingi secara intensif oleh para guru, orangtua wajib intensif mendampingi. Libatkan anak dalam pekerjaan rumah Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah dengan tetap menjaga physical distancing tentu akan terasa seru dan menjadi selingan selama belajar di rumah.

Pekerjaaan rumah (domestik) yang dimaksud seperti memasak, menyapu rumah, mencuci piring, dan sebagainya. 

Makna yang bisa ditanamkan pada anak dengan dilibatkan dalam pekerjaan rumah adalah tanggung jawab kebersihan diri dan lingkungan. 

Membuat karya kreatif Guna meningkatkan daya kreatif anak, orang tua bisa mengajak membuat karya seperti menggambar, membuat kue atau mencoba resep-resep sederhana hingga membuat mainan seperti hand crafting. Rangsanglah imajinasi dan kreativitas mereka dengan membuat karya-karya berbeda.

Olahraga rutin bersama Jangan sepelekan pentingnya olahraga saat belajar di rumah. Selama belajar di rumah jangan biarkan anak-anak bermalasmalasan. 

Dampingi mereka untuk rutin berolahraga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Oleh sebab itu, jangan hanya berdiam di rumah agar tidak terpapar Covid-19.

Olahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar virus dan penyakit. Selain olahraga seperti senam, menari, atau pun bersepeda di lingkungan sekitar rumah. Baik juga kalau anak-anak diajak sesekali joging di luar rumah agar tidak bosan. 

Dia akan memperoleh vitamin D dari sinar matahari. Membaca Karena minat membaca di Indonesia masih sangat rendah, saat home learning bisa menjadi waktu tepat untuk mengajarkan anak agar gemar membaca. Maka, sediakan buku-buku yang sesuai dengan umurnya.

Karena ini bagian dari upaya melatih, orangtua juga wajib memberi contoh membaca. Sempatkan waktu membaca bersama anakanak.

Mendiskusikan isi buku bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Membuat pertunjukan Selain membacakan bukubuku, orangtua juga bisa mengajak anak berekpresi dengan mementaskan atau menceritakan kembali isi cerita. 

Anak diberi kebebasan untuk mengekpresikan dengan boneka tangan, drama atau media lainnya agar lebih menarik dalam mengusir kebosanan.

Membuat percobaan sains Segala yang bersifat sains biasanya menarik minat anakanak. Selain sebagai sarana bermain, praktik sains akan membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
Meski kesannya sains itu kimia, tentu praktik sains tak melulu dengan bahan kimia. Contoh, membuat roket dari dari botol bekas, minuman bersoda, dan masih banyak lagi. Orangtua bisa googling untuk mendapat ide

Demikian tips Agar anak-anak tetap happy dan tidak stres saat belajar dirumah semoga bermanfaat .

0 Response to "Mendampingi Anak Saat Belajar Dirumah Supaya Tidak Jenuh"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak