Pengertian Kalimat Thayyibah

Pengertian Kalimat Thayyibah

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas junjungan kita Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam, keluarga, dan sahabatnya, serta pengikutnya yang selalu setia dan Istiqomah.

Kalimat thayyibah artinya kalimat yang baik. Maksudnya kalimat yang baik untuk diucapkan dalam rangka dzikir dan ingat kepada Allah

Tujuan dari mengucapkan kalimat thayyibah adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah

Kalimat-kalimat thayyibah berkaitan dengan dzikir kepada Allah. Orang yang selalu berdzikir kepada Allah berarti selalu ingat kepada Allah. Orang yang selalu ingat Allah berarti imannya semakin kuat Orang yang selalu ingat Allah akan memperoleh keutamaan yang banyak

Membaca kalimat thayyibah harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari

Takbir ŮąŮ„Ů„َّٰهُ ŘŁَكْبَŘąُ (Allahu Akbar)

Lafad Allahu Akbar disebut bacaan takbir. Allahu Akbar artinya Allah Maha Besar. Kalimat takbir itu baik untuk diucapkan dalam berbagai keadaan terutama ketika:

  1. Melihat atau merasakan keagungan Allah Subhanahu wata'ala.
  2. Menghadapi bahaya atau masalah 
  3. Malam takbiran hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha
  4. Wirid setelah selesai shalat fardhu.
Mengucapakan takbir bernilai ibadah. Oleh karena itu, Marilah kita ucapkan takbir sehingga kita senantiasa optimis dan berusaha meraih prestasi yang terbaik. 

Ucapan takbir akan menimbulkan kesadaran bahwa dengan pertolongan Allah yang Maha Besar tidak mustahil kita akan meraih kesuksesan.

Dalam sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan tanah air, kita dapat meneladani ucapan takbir yang dikumandangkan oleh Bung Tomo kepada arek-arek Suroboyo.

Dengan ucapat takbir semangat mereka membara. Mereka menjadi berani menghadapi penjajah Belanda yang bermaksud menjajah bangsa Indonesia.

Arek-arek Suroboyo berhasil membunuh Jendral Mallaby, seorang panglima perang Inggris juga dengan semangat dan kekuatan bacaan allahu akbar, mereka juga berhasil
menurunkan bendera Belanda di Hotel Yamato. 

Dengan keberanian yang luar biasa arek-arek Suroboyo akhirnya mengganti bendera penjajah dengan sang Saka Merah Putih yang dijadikan bendera nasional bangsa Indonesia hingga saat ini.

Hamdalah  Ř§Ů„ْŘ­َمْŘŻُ للَّهِ (Alhamdulillah)

Kalimat  الْŘ­َمْŘŻُ للَّهِ berarti “Kata” Thayyibah berarti baik atau bagus.

Kalimat Thayyibah adalah ucapan yang baik dan mulia. Membaca kalimat Thayyibah selain mendapat pahala hati kita juga menjadi tenang dan tentram. Ada banyak kalimat Thayyibah yang baik untuk
kita ucapkan diantaranya :

 “Alhamdulillah” atau bacaan Hamdalah

الْŘ­َمْŘŻُ للَّهِ

Artinya : “Segala puji bagi Allah.” 

Maksudnya bahwa segala pujian di dunia ini hanya untuk Allah. Allah akan menambah nikmat dan karunia Kepada orang yang selalu bersyukur. 

Sebagai umat Islam setiap selesai mengerjakan Sesuatu pekerjaan haruslah diakhiri dengan mengucap Alhamdulillah Sebagaimana Firman Allah dalam surah Ibrahim ( 14 ayat 7 );

وَاِŘ°ۡ ŘŞَاَŘ°َّنَ Řąَبُّكُمۡ لَŮŽِٕنۡ Ř´َكَŘąۡŘŞُمۡ لَاَزِيۡŘŻَنَّـكُمۡ‌ وَلَŮŽِٕنۡ كَفَŘąۡŘŞُمۡ اِنَّ ŘšَŘ°َابِىۡ لَŘ´َŘŻِيۡŘŻٌ

Artinya : “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti niscanya, aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”(QS.Ibrahim/14:7).

Tasbih (Subhanallah)

ŘłُبْŘ­َانَ اللهُ

Artinya : “ Maha suci bagi Allah”

Lengkapnya

وسبحان الله و الحمد لله ولا اله الا هو الله اكبر

Artinya : “ Maha suci bagi Allah dan segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan selain Dia, Allah Maha Besar “

Tasbih adalah bacaan yang mengandung arti “Mensucikan Allah”. Kapan kita harus mengucapkan bacaan tasbih?. 

Pada suatu hari Aminah pergi ke puncak melihat gunung, gunung menjulang tinggi udaranya terasa sejuk. SubhanAllah alangkah indahnya gunung dan pemandangan alam di sekitarnya! 

Siapa itu semua yang menciptakan? Allahlah yang meninggikan gunung, membuat kupu beraneka warna, membuat air laut asin, dan semua yang ada di jagad alam raya ini.

0 Response to "Pengertian Kalimat Thayyibah"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak