Perbedaan Antara Domain dan Hosting

Perbedaan Antara Domain dan Hosting
Apa Perbedaan Domain dan Hosting?

Mungkin sudah banyak yang tahu mengenai perbedaan Domain dengan hosting seperti judul diatas.

Perbedaanan antara domain dan hosting saya rasa cukup jelas sekali, yaitu terletak pada fungsinya. 

Hosting ini mempunyai fungsi sebagai tempat / media, yaitu untuk meletakkan suatu file-file pada website yakni seperti: gambar, video, script website serta database.

Sedangkan untuk, domain ini fungsinya yaitu sebagai nama alamat dari website tersebut. 

Itu yang membedakannya cukup jelas. Jadi tanpa adanya keduanya yaitu domain dan hosting, maka website tidak akan dapat online dan pastinya juga tidak bisa diakses banyak orang melalui jaringan internet.

Memang tidak banyak orang yang mengetahui tentang domain dan hosting, mungkin karena tidak setiap orang mampu dalam menggunakan website, jadi tidak usah heran, jika kata domain dan hosting ini masih mungkin masih terdengar asing. 

Apalagi untuk seorang pemula yang baru ingin membuat website. Pasti mereka akan mencari tahu karena, masih merasa asing dan awam tentang hosting dan domain tersebut.

Domain dan hosting ini merupakan bagian yang menjadi komponen utama dalam pembuatan atau membangun website. 

Karena tanpa adanya domain dan hosting ini, maka website anda tidak dapat online dan tidak akan dapat diakses melalui internet.

Hosting 

Hosting adalah tempat untuk meletakkan file-file dalam website. Kita ambil pengertian atau perumpamaan yang paling mudah saja. 

Apabila website yang anda punya di ibaratkan sebagai sebuah bangunan atau rumah. 

Maka Hosting ini adalah sebagai  kavling tanah yang dipetak-petak tempat dibangunnya sebuah bangunan atau rumahnya sedangkan domain adalah di ibaratkan sebagai nama alamat dari bangunan/rumah anda tersebut.

Hosting memiliki fungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan segala file yang ada pada website.

Hal tersebut bertujuan agar website anda nantinya dapat di akses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. File-file yang ada di dalam website harus disimpan dalam sebuah server Hosting.

Server Hosting ini tentu saja harus aktif full selama 24 jam. Jika server down, maka website tidak akan bisa diakses di internet. Untuk itu, pastikan website anda diletakkan di hosting terbaik. 

Ketika anda sudah memiliki Hosting, maka nantinya juga akan mendapatkan akses cPanel Hosting. 

cPanel Hosting adalah kontrol panel untuk pengelolaan hosting dan domain seperti membuat subdomain, melakukan hosting web, melakukan domain forwarding, mengelola SSL, membuat email domain, mengatur kapasitas hosting dan sebagainya.

Domain

Domain adalah nama atau alamat dari suatu website. Keberadaan domain ini juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan Hosting. 

Hosting tanpa adanya domain, website tidak akan memiliki nama atau alamat.

Lantas bagaimana bisa orang lain bisa mengetahui dan berkunjung ke website anda tersebut, jika website tersebut tida memiliki nama atau alamatnya? 

Apa yang harus mereka klik di search engine? Atau haruskan orang lain dalam membuka website tersebut melalui IP Address? 

Tidak mungkin kan! Maka dari itu hadirlah yang namanya Domain ini yaitu untuk melengkapi Hosting. 

Domain digunakan untuk memberikan nama atau alamat dalam website anda. 

Ada 2 jenis domain yaitu Domain gTLD (domain global) dan Domain ccTLD (domain id).

Domain gTLD adalah domain global dan tidak memiliki syarat apapun. Contoh dari domain gTLD seperti : .com , .net , .org , dan sebagainya. 

Sedangkan Domain ccTLD adalah domain indonesia (id). Domain id diatur oleh PANDI. Contoh dari domain id seperti : .co.id , .my.id , .id , dan sebagainya. 

Berbeda dengan domain gTLD, khusus domain ccTLD (domain id) memiliki syarat tertentu yang sudah dikeluarkan oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Kedua jenis domain tersebut bisa anda pesan dalam jangka waktu untuk berlangganan minimal 1 tahun.

Setiap orang bebas memilih nama domain untuk website yang dimiliki. Satu nama domain hanya berlaku untuk 1 pengguna. 

Sifat domain tidak bisa di “keep” atau di “booking”. Jadi, jika anda ingin order sebuah nama domain dan sudah fix memiliki nama domain yang diinginkan, silahkan langsung ketik nama domain yang anda inginkan di halaman pesan domain. 

Jika sudah selesai melakukan pemesanan, jangan lupa segera lunasi pembayarannya agar nama domain yang anda inginkan tersebut tidak digunakan oleh orang lain dan bisa segera aktif agar bisa anda gunakan. 

Ingat! Pastikan anda sudah tahu nama domain yang ingin digunakan sebelum melakukan order! Jika ada salah dalam penulisan nama domain, anda tidak dapat melakukan refund!

Apakah Bisa Hanya Beli Domain atau Hosting Saja?

Bisa! Tetapi, perlu diingat bahwa website dapat online jika anda memiliki domain dan hosting! Jika memiliki sebuah blog dari wordpress, blogspot, tumblr ataupun weebly, anda bisa lakukan custom domain. 

Custom domain adalah melakukan pergantian alamat domain dari suatu media blog gratis namun tetap masih menggunakan hosting dari blog tersebut. 

Misalnya, anda memiliki blog dengan alamat bloganda.blogspot.com. Kemudian anda memiliki domain dengan nama bloganda.com. 

Lalu, anda ingin mengarahkan blog tersebut ke domain yang ada agar terlihat profesional namun tanpa beli hosting.

Bisa anda hanya cukup mengarahkan alamat domainnya saja ke hosting gratis milik blogspot. Namun, memang fitur yang didapat cukup terbatas. 

Anda tidak bisa mendapatkan akses cPanel Hosting, mengatur kapasitas hosting dan sebagainya.

Biasanya untuk pemula, tidak mau ribet dalam urusan pembuatan website. Apalagi untuk urusan order domain dan order hosting. 

Untuk itu, silahkan pilih penyedia layanan domain dan hosting yang memberikan paket hemat domain hosting. Hal tersebut selain tidak merepotkan, anda juga bisa mendapatkan harga hosting lebih murah.

Pastinya sekarang anda sudah paham perbedaan domain dan hosting kan? Agar website anda bisa online dan diakses oleh orang lain maka file website harus di upload ke Hosting. 

Cara hosting web nya pun mudah. Ada beberapa cara seperti upload via file manager ataupun via FileZilla. 

Tanpa domain, website juga tidak mungkin bisa online. Bisa sih, tetapi apakah ada orang yang mau berkunjung ke website anda?

Apakah ada orang yang ingin menghapal alamat IP dari server hosting untuk hanya sekedar membuka halaman website anda?  mungkin tidak akan ada. 

Untuk itu, pastikan anda dalam memilih hosting terbaik dan domain yang murah tapi yang berkualitas! Tenang saja, ada banyak penyedia domain hosting dengan kualitas terbaik dan harganya terjangkau. 

Demikian sedikit informasi yang bisa  dibagikan tentang perbedaan domain dan hosting. Semoga  dapat mendambah wawasan kita dan bermanfaat. 

0 Response to "Perbedaan Antara Domain dan Hosting"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak