Fungsi Bahasa

Fungsi Bahasa
Fungsi Bahasa 

Dalam arti yang paling sederhana “fungsi” dapat dipandang sebagai padanan kata “penggunaan”. 

Dengan demikian, bila berbicara tentang fungsi bahasa dapat diartikan cara orang menggunakan bahasa mereka atau bahasa- bahasa mereka bila mereka berbahasa lebih dari satu bahasa Halliday (dalam Chaer, 2004: 20). 

Fungsi bahasa akan terlihat apabila orang menggunkan bahasa lebih dari satu bahasa. Penggunaan bahasa merupakan fungsi bahasa, apabila bahasa itu digunakan maka akan mempunyai fungsi bahasa. 

Nababan (1984 : 38-45) juga merumuskan fungsi bahasa menjadi empat, yaitu fungsi kebudayaan, fungsi kemasyarakatan, fungsi perseorangan, dan fungsi pendidikan. 

Dari empat fungsi diatas Nababan dapat menjelaskan dan memberikan contohnya sebagai berikut. 

1. Fungsi Kebudayaan 

Bahasa berfungsi sebagai sarana perkembangan kebudayaan, jalur penerus kebudayaan, dan inventaris ciri-ciri kebudayaan. 

Seseorang belajar dan mengetahui kebudayaan kebanyakan melalui bahasa. Artinya, kita belajar hidup dalam masyarakat melalui dan dengan bantuan bahasa. 

Dengan kata lain, suatu kebudayaan dilahirkan dalam perorangan kebanyakan dengan bantuan bahasa. 

Contohnya, seorang anak yang memberikan sesuatu dengan tangan kiri kepada ibunya mungkin dipukul tangannya untuk menunjukan bahwa itu tidak baik, tetapi lazim juga kalau pukulan tangan itu disertai peringatan bahwa “ tidak baik memberikan dengan tangan kiri”. 

Dan lebih lazim lagi apabila ajaran itu diberikan hanya lisan saja tidak dengan pukulan. 

2. Fungsi Kemasyarakatan 

Bahasa menunjukan peranan khusus suatu bahasa dalam kehidupan masyarakat. Terbagi dua, yaitu berdasarkan ruang lingkup dan berdasarkan fungsi pemakaian. Berdasarkan ruang lingkup, mengandung bahasa nasional dan bahasa kelompok. 

Bahasa nasional dirumuskan oleh Halim (1976) berfungsi sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, lambang identitas bangsa, dan bagi negara- negara yang beraneka suku, bahasa, dan kebudayaan sebagai alat penyatuan berbagai suku bangsa dengan berbagai latar belakang sosial budaya dan bahasa,  sebagai alat penghubung antardaerah dan antarbudaya. 

Seperti pada bahasa nasional Indonesia sebagaimana diikrarkan dalam Sumpah Pemuda. 

3. Fungsi Perorangan 

Halliday (dalam Nababan 1984: 42), dia membuat klasifikasi kegunaan pemakaian bahasa atas dasar observasi anaknya sendiri. 

Klasifikasi itu untuk bahasa anak-anak kecil terdiri dari enam fungsi: instrumental, menyuruhinteraksi, kepribadian, pemecahan masalah, dan khayal. 

1. Fungsi instrumental terdapat dalam ungkapan bahasa, bahasa bayi untuk meminta sesuatu (makan, barang, dan sebagainya) 

2. Fungsi menyuruh ialah ungkapan untuk menyuruh orang lain berbuat sesuatu ”letakkan itu diatas meja” 

3. Fungsi interaksi terdapat dalam ungkapan yang menciptakan sesuatu iklim untuk hubungan antar pribadi; “apa kabar?, terimakasih” 

4. Fungsi kepribadian ialah ungkapan yang menyatakan atau mengahkiri partisipasi; “saya senang dengan permainan ini”

5. Fungsi pemecahan masalah ialah terdapat pada ungkapan yang meminta atau menyatakan jawab kepada suatu masalah atau persoalan; “coba terangkan bagaimana cara kerjanya!”, 

6. Fungsi khayalan ialah ungkapan yang mengajak pendengar untuk berpura-pura seperti pada anak anak kalau bermain rumah-rumahan atau sekolah-sekolahan banyak bentuk kesusastraan yang mempunyai fungsi kebahasaan ini. 

4. Fungsi Pendidikan 

Fungsi pendidikan itu ada empat, yaitu : fungsi integratif, fungsi instrumental, fungsi kultural, dan fungsi penalaran. 

1. Fungsi integratif memberikan penekanan pada penggunaan bahasa sebagai alat yang membuat anak didik ingin dan sanggup menjadi anggota dari suati masyarakat. 

2. Fungsi instrumental aialah penggunaan bahasa untuk tujuan mendapat keuntungan material, memperoleh pekerjaan, dan meraih ilmu. 

3. Fungsi kultural ialah penggunaan bahasa sebagai jalur mengenal dan menghargai sesuatu sistem nilai dan cara hidup atau kebudayaan sesuatu masyarakat. 

4. Fungsi penalaran ialah lebih menekankan pada penggunaan bahasa sebagai alat berpikir dan mengerti serta menciptakan konsep- konsep.

0 Response to "Fungsi Bahasa"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak