Manfaat Terapi Suara Hujan



Apakah hari-hari Anda terasa kurang baik dan mental Anda menjadi tertekan? Cobalah sejenak untuk mendengarkan suara hujan untuk menetralkan perasaan tersebut.

Musim hujan akhir-akhir ini mulai menghampiri. Bagi sebagian orang, suara hujan mampu meredakan kecemasan dan membuat menjadi lebih mudah tertidur. 

Selain suara, ada pula faktor-faktor lain saat hujan yang dapat membuat Anda lebih rileks dan mudah mengantuk. Selain itu, suara rintik hujan juga sering digunakan dalam meredakan perasaan cemas.

Tidak selamanya hari-hari berjalan mulus dan menyenangkan. Ada kalanya Anda mengalami hari yang buruk sehingga mood menjadi turun. 

Jika masalah tak kunjung selesai dan perasaan Anda tak kunjung membaik, gangguan kesehatan mental seperti stres pun menjadi sulit dihindari. 

Meski begitu, sebenarnya ada terapi sederhana yang bisa meringankan perasaan Anda, yaitu mendengarkan suara hujan.

Benarkah suara hujan dapat membuat orang cepat tidur? Suara hujan masuk dalam kategori white noise. 

White noise sendiri adalah hasil kombinasi frekuensi suara yang membantu untuk menutupi kebisingan lain dari luar. Bisa membuat orang cepat tidur, jenis suara ini kerap digunakan dalam menangani pasien insomnia.

Hujan, baik itu suara, suasana, dan aromanya dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang dan tidak sampai depresi. 

Hujan memiliki pola yang teratur dan dapat diprediksi. Kemudian, otak Anda memproses pola tersebut sebagai suara yang menenangkan dan tidak mengancam. 

Suara hujan merupakan pink noise

Suara pola hujan sebenarnya memiliki sebutan, yaitu pink noise, yang merupakan campuran dari frekuensi tinggi dan rendahnya suara. Pink noise juga semakin populer akhir-akhir ini sebagai inovasi terbaru dalam terapi tidur.

Nah, untuk orang yang sedang tertekan, tidur kerap kali dianggap sebagai obat yang paling mujarab. Oleh sebab itu, jika ada orang depresi yang kesulitan tidur, mendengarkan pink noise dapat memberikan efek tenang yang mengantukkan.

Di sisi lain, pink noise disebut-sebut lebih menenangkan ketimbang suara white noise. White noise merupakan suara desisan seperti efek suara yang ditimbulkan oleh mesin AC di ruangan Anda. 

Sebuah penelitian bahwa pink noise secara substansial dapat meningkatkan tidur para partisipan dengan cara mengurangi kompleksitas gelombang otak.

Hasilnya? Kemungkinan besar Anda akan tertidur lelap dan bangun dalam keadaan yang lebih baik.

Hujan mampu menenangkan pikiran

Lalu, bagaimana dengan aroma hujan? Ya, aroma hujan memang bisa memunculkan emosi positif yang kuat dan membangkitkan ingatan emosional. 

Sebab, ada koneksi langsung antara indra penciuman dengan dua area otak yang paling terhubung dengan emosi dan memori, yaitu amigdala dan hippocampus. 

Bisa jadi, mereka yang mencintai hujan menghubungkannya dengan perasaan positif di masa lalu.

Selain itu, hujan juga menghasilkan ion negatif karena adanya sejumlah besar molekul air yang saling bertabrakan. 

Seperti pada air terjun, ombak laut, dan hujan badai, semuanya menghasilkan ion negatif yang tidak dapat dilihat dan disentuh partikelnya, tetapi dapat dicium aromanya. 

Jika ion negatif masuk ke aliran darah, ia akan menghasilkan reaksi kimia yang dapat mengurangi rasa cemas dan stres.

Nah, saat stres melanda, tak ada salahnya Anda bermeditasi sambil mendengarkan suara hujan (pink noise) supaya lebih rileks. Selain itu, aroma hujan juga bermanfaat sebagai penghilang stres. 

Jadi, bagi Anda yang tidak memiliki aromaterapi buatan, hujan dapat dijadikan aromaterapi natural yang gratis untuk menenangkan mental Anda.

Kesimpulanya mengapa suara hujan membuat Anda cepat tidur :

1. Meningkatnya kandungan ion negatif di udara

Kemunculan kilat dan gesekan antara air hujan dengan udara diketahui menghasilkan banyak ion negatif. 

Meningkatnya jumlah ion negatif di udara ini memengaruhi sistem pernapasan, peredaran darah, saraf, dan kardiovaskular Anda. 

Dengan ini, Anda akan merasa lebih nyaman. Ion negatif juga memiliki efek menenangkan dan hipnosis, yang dapat membuat Anda lebih mudah untuk terlelap.

2. Terdengar seperti lagu pengantar tidur

Ritme suara hujan yang terdengar seperti lagu pengantar tidur dapat membantu Anda untuk lelap lebih cepat. 

Menurut sejumlah penelitian, masuknya bunyi hujan ke dalam otak dapat membuat pikiran jadi rileks. Proses ini juga menghasilkan gelombang alfa, yang sangat dekat dengan keadaan otak manusia saat tidur. 

Meski demikian, munculnya suara petir di tengah hujan diketahui dapat membuat orang menjadi stres. Pasalnya, kadar hormon kortisol dalam tubuh manusia turut meningkat saat ia mendengarkan bunyi petir.

3. Turunnya kadar oksigen di udara

Saat hujan, jumlah oksigen di udara cenderung menurun dan tekanan udara menjadi lebih rendah karena peningkatan kelembapan udara. Kondisi ini kemudian membuat otak menjadi rileks, lalu menimbulkan rasa kantuk.

4. Meningkatnya produksi melatonin

Hujan membuat keadaan di sekitar Anda menjadi lebih gelap. Dalam kondisi gelap, akan terjadi peningkatan produksi hormon yang berkaitan dengan tidur, yaitu melatonin.

Meningkatnya produksi hormon melatonin dalam tubuh niscaya dapat membuat Anda mengantuk dan bisa tidur dengan cepat.

5. Terbatasnya aktivitas saat hujan

Saat musim hujan, aktivitas di luar ruangan otomatis akan terbatas. Berkat tidak adanya kegiatan dan dukungan suasana nyaman karena suara hujan, rasa kantuk akan lebih mudah muncul dan membuat Anda tertidur. 

Namun harap diingat bahwa tertidur saat hujan sejatinya tidak memberikan kualitas tidur yang baik. Pasalnya, hujan akan menurunkan kadar oksigen di udara. Akibatnya, Anda akan tetap lemas dan mengantuk ketika bangun tidur.

Bagi sebagian orang, suara hujan dapat membuat mereka lebih mudah tertidur. Tetapi unsur lain seperti angin, petir, dan kilat pun bisa mengakibatkan kecemasan untuk orang-orang tertentu. 

Apabila suara hujan dirasa mengganggu kondisi psikologis Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter jiwa atau psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ternyata suara hujan bisa membuat mudah tidur merupakan fakta.

0 Response to "Manfaat Terapi Suara Hujan"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak