Manfaat Petai

Petai pada kenyataanya banyak dijauhi dan dihindari oleh banyak orang karena menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, tetapi kandungan gizi petai cukup tinggi. 

Karenanya, petai memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar/sesuai.

Di bawah ini merupakan kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram petai.

  1. Air: 77,2 gram
  2. Energi: 92 kalori
  3. Protein: 5,4 gram
  4. Lemak: 1,1 gram
  5. Karbohidrat: 15,2 gram
  6. Serat: 2,0 gram
  7. Kalsium: 14 miligram
  8. Fosfor: 170 miligram
  9. Natrium: 55 miligram
  10. Kalium: 221,0 miligram

Petai mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti di antaranya ialah kalsium, potassium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, vitamin C , tiamin, tokoferol dan masih banyak lagi lainnya. 

Berikut manfaat makan petai bagi kesehatan.

1. Mengontrol gula darah

Petai Salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah adalah petai. Karenanya, rajin makan petai bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

2. Cegah obesitas

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, manfaat pete juga dapat mencegah obesitas. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor penyebab obesitas adalah faktor stres, depresi dan tekanan. 

Dengan mengonsumsi pete, dapat mengurangi faktor risiko tersebut, sehingga akan terhindar dari obesitas.

3. Melawan radikal bebas

Petai merupakan salah satu makanan dengan kadar antioksidan tinggi yang bisa menangkal dampak radikal bebas pada sel-sel tubuh. 

Kerusakan sel akibat radikal bebas ini bisa menimbulkan beragam penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, dan diabetes.

4. Menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pete dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

Konsumsi petai dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi yang diderita, serta dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh hipertensi.

5. Bagus untuk jantung

Ini berkat kandungan serat, antioksidan, serta kalium di dalam petai. Kalium merupakan elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 

Sedangkan serat dan antioksidan pada petai dapat membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung.

Walaupun petai baik untuk kesehatan. Namun meski ingat, kalaupun memang rasanya lezat dan memiliki banyak manfaat, petai sebaiknya tidak dimakan berlebihan dalam satu waktu. 

Pasalnya, petai mengandung asam amino yang cukup tinggi. Jika mengkonsumnya berlebihan bisa berakibat meningkatkan risiko terhadap gangguan pada ginjal.

Anda yang memiliki asam urat juga tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak petai. Serupa dengan jenis kacang-kacangan lainnya, petai mengandung purin tingkat sedang. Purin ini yang bisa menyebabkan kadar asam urat dalam darah semakin tinggi.

Oleh karena itu, makanlah petai dalam jumlah yang wajar / secukupnya saja. Sajikan juga dengan makanan sehat lainnya agar gizi yang Anda dapatkan lebih seimbang. 

Demikian manfaat dari petai, semoga dapat menambah wawasan kita, terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Manfaat Petai"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak